Brilio.net - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari radikal bebas. Nah, tahukah kamu jika perpaduan cuka apel dan madu kaya manfaat untuk kesehatan? Salah satu yang paling terkenal dari manfaat cuka apel dan madu ini adalah untuk mengatasi masalah kulit. Kedua bahan ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang disebabkan mikroorganisme.

Cuka apel merupakan sari yang diambil dari buah apel berkualitas melalui fermentasi dan berwarna kuning kecokelatan. Biasanya cuka apel dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah.

Namun, pada perkembangannya saat ini manfaat cuka apel bisa kita dapat untuk memperkuat gigi, mencegah rambut rontok, serta manfaat kecantikan seperti untuk menghilangkan jerawat. Apalagi karena cuka apel dari bahan alami tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Sedangkan madu memiliki rasa manis yang khas karena mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang lebih baik dibanding gula. Madu mengandung kalori gula yang dapat menyerap lemak dengan baik, terutama apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu juga memiliki kandungan antioksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Semua kandungan tersebut tentunya bermanfaaat bagi kesehatan tubuh.

Banyak yang menganggap cuka apel dan madu dapat dijadikan campuran yang lezat karena manisnya madu dapat menghilangkan rasa asam pada cuka apel. Dengan menggabungkan cuka apel dan madu, keduanya akan menjadi obat yang ampuh untuk peradangan, antibiotik, dan berbagai penyakit umum lainnya.

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11) manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Cuka apel kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu jika kamu sudah sakit, mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan madu dan air perasan jeruk lemon mampu meringankan penyakit pilek dan demam yang kamu derita.

2. Dapat meringankan alergi dan gejala pilek.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat cuka apel dan madu yang kedua untuk meringankan alergi seperti pilek. Kandungan cuka apel dan madu terdapat antimikroba alami. Madu dapat meredakan alergi dan demam karena kandungan sejumlah serbuk sari. Nah, jika dicampur dengan cuka apel, meringankan gejala flu dan juga batuk. Terlebih karena cuka apel mengandung bakteri probiotik. Bakteri yang membantu pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Membantu menurunkan berat badan.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Setiap orang pasti menginginkan memiliki berat badan yang ideal. Selain enak dipandang, memiliki berat badan yang tidak berlebihan membuat kamu terhindar dari beberapa penyakit. Nah, selain olahraga dan diet ada juga ramuan alami yang bisa melunturkan lemak dengan cepat. Kombinasi bahan cuka apel dan madu diyakini dapat menurunkan berat badan. Kedua bahan ini akan membantu dalam memecah sel lemak, membantu pencernaan protein tertentu dan juga mempercepat metabolisme tubuh. Inilah yang membuat lemak ditubuh cepat terbakar.

Caranya cukup menambahkan satu sendok cuka apel dan satu sendok teh madu dalam segelas air hangat. Aduk dan minum dua kali sehari setiap 30 menit sebelum makan siang dan makan malam.

4. Membebaskan hidung tersumbat.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pasti pernah merasakan pilek atau flu hingga rongga hidung yang tentunya akan menampung lendir yang berisikan virus dan bakteri. Pastinya kondisi tersebut sangat menganggu aktivitas. Mengonsumsi cuka apel dan madu dapat mengelurkan cairan lendir dengan cepat dan mempercepat penyembuhan sehingga hidung yang tersumbat dapat bebas bernafas lega kembali.

5. Menyehatkan usus.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat lainnya pada campuran cuka apel dan madu yaitu dapat menyehatkan usus. Asam asetat pada cuka madu dan antiseptik yang ada pada madu dapat membersihkan dinding usus dari sisa limbah makanan yang sebelumnya telah dikonsumsi dan mengandung bakteri. Jika usus sehat maka penyerapan nutrisi pun akan cepat terakumulasi oleh usus dan terhindar dari konstipasi.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Untuk menurunkan kadar gula dalam darah kamu dapat memanfaatkan campuran dari cuka apel dan madu. Misalnya saja mencampurkannya pada salad ataupun makanan lain, mampu meningkatkan fungsi jantung menjadi lebih baik. Karena cuka apel dapat melindungi jaringan jantung terserang penumpukan lemak yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

7. Dapat memblokir pergerakan sel abnormal.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Cuka apel dapat menghambat aktivitas sel abnormal yang berpotensi berubah menjadi kanker. Sel kanker yang telah tumbuh, namun belum menjalar, dapat dihentikan pertumbuhannya dengan mengonsumsi cuka apel ditambah madu. Mengonsumsinya harus dengan jus buah dan hanya ditambah dengan 1-2 sendok teh cuka apel dan madu.

8. Menyembuhkan radang tenggorokan.

8 Manfaat cuka apel dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Radang kerongkongan yang disebabkan bakteri umumnya bersifat berat disertai dengan demam dan kerap ditemui bercak putih di area tenggorokan. Infeksi ini harus diterapi dengan antibiotik yang tepat. Nah campuran cuka apel dan madu dapat mengendalikan radang tenggorokan. Pastikan kedua bahan tersebut dilarutkan dalam air hangat. Selain diminum, cuka apel dan madu dapat dijadikan sebagai obat kumur.