Brilio.net - Cuka apel dikenal untuk salah satu bahan makanan yang biasanya digunakan untuk campuran pada salad, dan juga bermanfaat untuk membuat daging menjadi empuk. Nah, selain digunakan untuk makanan atau masakan, cuka apel ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sejak zaman Yunani kuno, cuka apel dari sari pati buah apel ini sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Cuka apel adalah bahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kulit. Kaya akan asam asetat, sitrat, malat dan asam amino dan juga mengandung vitamin, enzim, dan garam mineral, yang bermanfaat bagi tubuh.

Cuka sari apel pada dasarnya adalah ramuan ajaib, bisa membantu menurunkan berat badan hingga mengobati diabetes. Secara umum cuka sari apel memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Saat cuka dipakai dengan baik dan benar, akan bermanfaat dan menunjukkan 'keajaiban' bagi kulitmu.

Namun dilansir dari menshealth, Seorang dokter Osteopathic kecantikan dari Dermatology Coast di Torrance, California bernama Michael Kassardjian mengatakan  pemakaian cuka apel yang tidak sesuai aturan akan mengakibatkan masalah pada kulit wajah. Bisa membuat iritasi serius ketika dioleskan tanpa diencerkan, luka bakar hingga lecet.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, nggak cuma bermanfaat untuk kulit, cuka apel juga bermanfaat untuk rambut! Penasaran apa saja manfaatnya dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut 30 manfaat cuka apel untuk wajah, rambut dan tubuh, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (29/6).

Manfaat cuka apel untuk wajah.

cuka apel untuk wajah, rambut dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Mengatasi jerawat.

Jika kamu ingin melawan jerawat yang membandel, sediakan botol cuka sari apel. Zat antibakteri dan antijamur cuka sari apel membantu menjaga bakteri pori-pori kulit, minyak dan debu. Caranya, campurkan cuka sari apel dengan air, lalu saring dan tuang ke mangkuk. Rendam bola kapas dalam larutan itu, kemudian oleskan pada wajah berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu basuh dengan air hangat. Terapkan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membersihkan pori-pori.

Cuka sari apel memiliki sifat astringen, yang membantu dalam meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengecilkan pori-pori. Bisa jadi obat yang bagus bagi kamu yang punya kulit wajah berminyak. Sebab cuka apel ini diyakini dapat mengatur tingkat pH kulit. Caranya, campurkan cuka sari apel dengan air. Lalu saring ke dalam wadah. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial. Oleskan larutan pada wajah menggunakan bola kapas. Diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali atau dua kali sehari.

3. Memudarkan bekas jerawat.

Cuka apel mengandung asam suksinat, yang akan membantu proses pengelupasan kulit mati. Selain itu juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Sehingga jaringan parut tidak akan terbentuk pada wajah. Asam laktat cuka apel juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat. Caranya, larutkan beberapa tetes cuka apel dengan air, oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih.

4. Mengencangkan kulit.

Dilansir dari healthline, cuka apel dapat dijadikan toner dan cuci muka. Cuka apel dapat mencegah kerusakan dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Kamu bisa mengoleskan secara langsung cuka apel pada wajah, namun jika dirasa kulit terasa terbakar, coba encerkan terlebih dulu cuka apel dengan takaran air yang lebih banyak.

5. Membantu pengelupasan kulit mati.

Cuka sari apel akan menenangkan kulitmu dan akan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat sel-sel kulit baru yang sehat. Cara penggunaannya, tuangkan cuka sari apel ke dalam bak air hangat. Rendam tubuhmu sekaligus wajah selama 15 hingga 20 menit. Biarkan asam pelindung meresap ke dalam kulit. Lakukan cara ini saat mandi secara rutin untuk menjaga tingkat pH kulitmu.

6. Mengurangi bintik-bintik hitam.

Cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksil, yang bisa menghilangkan kulit mati dan memunculkan kulit yang sehat dan bercahaya. Cuka sari apel juga membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan meminimalkan garis-garis halus dan kerutan. Caranya campur cuka apel dengan air, bilaskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga wajah terasa kering, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini rutin dua kali sehari selama 6 minggu untuk melihat perbedaan efektif.

7. Menyeimbangkan ph kulit wajah.

Menyeimbangkan ph kulit wajah.Tahukah kamu, pH yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. pH yang tidak seimbang menyebabkan ketombe di kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya, termasuk bagian wajah. Keseimbangan pH ini juga penting untuk mencegah berbagai masalah yang timbul pada wajah. Caranya campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian gunakan untuk toner wajah agar kulit sehat terawat.

8. Mencegah kerutan.

Cuka apel bisa digunakan sebagai pengganti skin care untuk wajah. Cuka apel dapat membantu mencegah penuaan dini secara efektif, khususnya untuk mencegah kerutan wajah.

Ambil sedikit cuka apel pada ujung cotton ball dan oleskan langsung pada wajah yang berkerut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali dalam sehari selama 6 minggu sampai kamu merasakan perubahannya.

9. Menghilangkan racun dari kulit wajah.

Cuka apel dapat jadi detoksifikasi kulit supaya jadi lebih sehat, cantik, dan bersih alami. Tumpukan racun yang ada pada wajah akan sirna. Penggunaan secara teratur akan menghasilkan wajah yang lebih bersih. Buatlah larutan cuka apel dengan air dengan perbandingan sama, 50 persen. Oleskan campuran itu pada kulit tangan terlebih dulu untuk menguji efeknya. Jika dirasa kulit tidak terbakar, oleskan pada wajah.

10. Mencerahkan kulit.

Cuka sari apel mengandung komponen antimikroba yang bertindak sebagai pembersih alami untuk kulit. Sedangkan asam alfa hidroksi dan asam asetatnya dengan lembut melarutkan kulit mati dan menstimulasi sirkulasi, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang.

"Setelah membilas wajah saya dengan air, saya merendam bola kapas dengan cuka apel dan dengan lembut menyeka wajah dengan gerakan memutar untuk menghilangkan kotoran," kata Jacqueline Schaffer, ahli kesehatan, pendiri Schique Skincare, dan penulis Irresistible You.

11. Melembutkan kulit.

Tingkatkan manfaat kecantikan dari cuka apel dengan menuangkan sedikit cuka apel ke dalam air untuk mandi. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung vitamin B1, B2, B6, dan C untuk menutrisi dan melembutkan kulit.

Manfaat cuka apel untuk rambut.

cuka apel untuk wajah, rambut dan tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

12. Membuat rambut lebih halus.

Di dalam cuka apel, terkandung asam alpha-hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut. Mencuci rambut dengan cuka apel juga membantu dalam menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus. Kamu bisa menggunakannya secara rutin namun dalam kadar tertentu ya, jangan terlalu berlebihan.

13. Melembapkan rambut kering dan keriting.

Jika kamu memiliki rambut keriting dan sangat sulit diatur, maka dengan menggunakan cuka apel kamu akan mendapatkan rambut halus dan mudah diatur. Cuka apel sangat membantu untuk pemilik rambut seperti ini karena dapat menghidrasi dan menyegel lapisan luar rambut.

14. Membantu pertumbuhan rambut.

Kandungan nutrisi dalam cuka apel, merangsang folikel rambut sehingga rambut menjadi cepat tumbuh. Caranya adalah mencuci rambutmu terlebih dahulu dengan cuka apel sebelum kamu menggunakan shampo. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu.

15. Membuat rambut berkilau.

Jika kamu ingin rambutmu menjadi lebih berkilau dan indah, caranya kamu cukup campurkan setengah sendok makan cuka apel dan 1 gelas air, kemudian bilas rambut dengan campuran cuka tersebut. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencampurkan cuka apel dengan air hangat sebagai kondisioner alami. Hasilnya akan membuat rambut begitu indah.

16. Mencegah kerontokan.

Memiliki rambut rontok memang sangat menyebalkan, untuk itu kamu bisa menggunakan cuka apel dengan campuran gula merah. Lalu gunakan campuran cuka apel dengan air untuk membilasnya, dan setelah itu bersihkan rambut dengan air. Atau kamu juga bisa memasukkan cuka apel yang dicampur air ke dalam alat penyemprot. Semprotkan cuka apel tersebut ke kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok ataupun rambut yang menipis.

17. Mengatasi ketombe.

Tubuh manusia termasuk kulit kepala memiliki pH alami antara 4,5 dan 5,5, yang cukup asam. Kondisi seperti ketombe, bakteri, dan jamur terjadi ketika pH kulit kepala kita menjadi terlalu basa. Kemampuan antijamur dalam cuka apel dapat membantu melawan ketombe, sementara sifat asamnya memulihkan tingkat pH alami.

Untuk mengatasi ketombe dengan cuka apel, kamu dapat mencampurkan air dan cuka apel dengan perbandingan 1:1. Kemudian pijatkan larutan tersebut ke kulit kepala dan bilas hingga bersih. Gunakan larutan ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

18. Menghilangkan residu pada rambut.

Penumpukan produk kecantikan rambut dapat memberatkan rambut, dan membuatnya terlihat kusam. Selain itu penumpukan zat-zat produk rambut pada rambut dan kulit kepala dapat dihilangkan dengan cuka apel. Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel dapat menghilangkan residu dan mengembalikan kilau alami pada rambut.

Untuk mengilangkan residu sekaligus membuat rambut kembali berkilau, kamu dapat mencampurkan 2 sdm cuka apel ke dalam 1 cangkir air. Setelah kramas, tuangkan larutan ke atas helai rambut.

Manfaat cuka apel untuk tubuh.

cuka apel untuk wajah, rambut dan tubuh © 2021 brilio.net

19. Mengatasi sengatan matahari.

Cuka sari apel dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk kulit yang terkena sinar matahari. Tidak hanya anti-inflamasi yang kuat, tetapi juga mengandung kalium, yang membantu mempercepat pemulihan.

Campurkan satu setengah cangkir cuka sari apel dan empat cangkir air, kemudian rendam kain lap ke dalam campuran dan oleskan ke area yang terkena sengatan matahari. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan serta mencegah lecet dan pengelupasan kulit.

20. Menjaga kesehatan kuku.

Cuka apel dapat memperkuat kuku dan membantu menghilangkan noda kuning serta mencegah infeksi pada kuku. Dengan merendam kuku dengan cuka apel yang dicampur dengan minyak sayur, kamu dapat mendapatkan kuku yang sehat dan kuat. Lakukan hal ini seminggu sekali.

21. Memutihkan gigi.

Selain menghilangkan bau mulut, cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Meskipun demikian, karena bersifat asam, maka perlu diencerkan dengan benar, jika tidak maka akan berisiko merusak email gigi.

Untuk memutihkan gigi, kamu dapat mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2. Kemudian berkumurlah dengan air tersebut selama 60 detik dan bilas dengan air bersih. Tunggu kurang lebih 30 menit sebelum melanjutkan untuk menyikat gigi.

22. Menghilangkan kutil.

Kutil bisa tumbuh di bagian kulit mana saja, dari mulai wajah, punggung dan sebagainya. Kamu dapat menghilangkan kutil yang membandel dengan cuka apel. Caranya campurkan cuka apel dengan air, kemudian rendam kapas atau kain lembut. Kompreskan pada bagian wajah yang berkutil. Lakukan cara ini beberapa kali secara rutin.

23. Membunuh bakteri patogen.

Cuka apel dapat bermanfaat untuk membantu membunuh berbagai jenis bakteri bahaya. Biasanya secara tradisional cuka digunakan untuk mengobati jamur pada kuku, kutil, kutu, dan infeksi telinga. Tak hanya itu cuka apel juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Kamu bisa mengoleskan cuka apel yang sudah ditambah dengan air putih dan dioleskan pada bagian jerawat.

Dikutip dari healthline.com, Hippocrates, tokoh yang menonjol dalam sejarah kedokteran, menggunakan cuka untuk membersihkan luka lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Cuka apel juga digunakan sebagai pengawet makanan dan penelitian menunjukkan bahwa cuka menghambat bakteri seperti E.coli yang tumbuh di makanan. Zat utama dalam cuka apel ini adalah asam asetat yang dapat membunuh bakteri dan mencegahnya berkembang biak.

24. Menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Selain berolahraga secara teratur dan mengatur pola makan, cara mengurangi berat badan yaitu dengan cuka apel. Menurut penelitian cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu kamu makan lebih sedikit kalori sehingga berat badanmu perlahan dapat berkurang. Misalnya saja mengonsumsi cuka apel bersama dengan makanan tinggi karbohidrat, akan mendapatkan perasaan kenyang. Kamu bisa mengonsumsi 2 sendok makan cuka sebelum makan setiap harinya secara rutin.

25. Mencegah kanker.

Kanker merupakan penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Beberapa penelitian menunjukkkan bahwa cuka apel dapat membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Penggunaan cuka apel ini dapat membuat pH tubuh secara keseluruhan lebih basa. Karena sari cuka apel merupakan sumber antioksidan yang baik, yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan melawan radikal bebas termasuk sel kanker.

Cara terbaik untuk mengonsumsi cuka apel adalah dengan memasukkan cuka apel pada makanan seperti dressing pada salad dan untuk campuran mayones. Atau kamu bisa mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka apel dan mencairkannya dengan segalas air putih per hari.

26. Mengobati luka.

Luka pasti akan meninggalkan bekas pada kulit. Hal ini menjadikan seseorang menjadi kurang percaya diri. Gunakan cuka apel untuk meredakan iritasi, mengurangi kemerahan, dan melindungi dari bakteri penyebab infeksi karena luka bakar.

27. Mengobati sakit perut.

Manfaat cuka apel pertama yaitu untuk mengatasi sakit perut. Ketika kamu mengalami permasalahan sakit perut seperti sembelit, maag, diare dan gangguan pencernaan lainnya. Jenis cuka apel dapat membantu kerja sistem imun dan bagi sebagian orang dapat mencegah sembelit semakin parah. Kamu bisa mengonsumsi larutan cuka apel dan air putih, larutan tersebut dapat membantu meringankan gejala permasalahan perut karena kandungan antibiotiknya.

28. Menurunkan kolesterol.

Seperti kita tahu penyakit jantung saat ini merupakan penyebab kematian dini yang paling umum di dunia. Dilansir dari healthline.com menurut penelitian observasional dari Harvard yang menunjukkan wanita yang makan salad dengan cuka memiliki risiko jantung yang minim. Mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah atau lipid. Menurunkan kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi pada pria.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, bersama dengan beberapa faktor resiko penyakit jantung lainnya.

29. Meredakan asam urat.

Cuka apel bersifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit yang dialami para menderita asam urat. Sebagai pembersih dan penghilang racun yang alami, cuka apel juga dapat membatu menghilangkan limbah seperti asam urat ini. Untuk mendapatkan manfaat cuka apel untuk asam urat, kamu bisa menggunakan satu sendok makan cuka apel yang dilarutkan pada segelas air putih hangat setiap hari.

30. Menurunkan kadar gula darah.

Cuka apel dapat digunakan untuk pengobatan pasien dengan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi, baik karena ketidakmampuan untuk memproduksi insulin maupun kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik.

Namun, gula darah juga bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang tidak menderita diabetes. Gula darah juga diyakini sebagai penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis. Nah, cara paling efektif dan sehat adalah dengan menghindari karbohidrat dan gula olahan. Cuka apel juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah ini.

Bahan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin selama pasien makan karbohidrat tinggi sebesar 19-34% dan secara signifikan menurunkan gula darah dan respons insulin. Ketika kamu mengonsumsi cuka apel sebelum makan, maka cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Caranya yaitu dengan melarutkan dua sendok cuka apel dengan satu gelas air mineral, kemudian minum di sela waktu makan.

(brl/guf)