Brilio.net - Memiliki payudara yang kencang dan sehat adalah impian semua wanita. Selain wajah, payudara adalah bagian tubuh wanita yang sering mendapat perhatian. Tidak hanya kaum laki-laki atau atau lawan jenis, payudara juga mendapat perhatian khusus bagi wanita sendiri.

Seiring bertambahnya usia, elastisitas payudara mengalami penurunan. Banyak hal yang menyebabkan payudara menjadi kendur. Penyebab paling umum dari perubahan adalah faktor usia.

Dalam istilah medis, payudara kendur dikenal dengan breast ptosis. Breast ptosis merupakan bagian dari perubahan penampilan payudara yang dialami wanita seiring bertambahnya umur.

Payudara menjadi mudah mengendur karena tidak memiliki otot dan terbuat dari jaringan ikat, lemak, dan kelenjar penghasil susu. Ditambah dengan adanya gravitasi, maka payudara akan mengendur seiring pertambahan usia.

Wanita perlu mengetahui perawatan payudara agar tetap sehat dan kencang. Berikut beberapa cara merawat payudara yang dapat dilakukan di rumah sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11).

Loading...

Penyebab payudara kendur:

Sebelum mengetahui cara merawat payudara agar tetap sehat dan kencang, berikut beberapa penyebab payudara kendur yang harus diketahui.

- Usia

- Kehamilan dan menyusui

- Penyakit

- Penurunan berat badan yang drastis

- Kebiasaan merokok

- Menopause

- Olahraga berat

- Memakai bra yang salah

- Kekurangan gizi

- Berat dan tinggi badan yang tidak sesuai

- Ukuran payudara yang terlalu besar

Cara merawat payudara agar tetap sehat dan kencang:

1. Rutin berolahraga.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat maka rajinlah berolahraga. Hal ini juga dapat membuat payudara tetap kencang dan sehat. Cukup lakukan latihan dada atau olahraga dada untuk menjaga kesehatan payudara dan tetap kencang.

Meski payudara tidak memiliki otot, otot-otot di sekitar payudara bisa dilatih agar terus kencang. Dengan berolahraga, otot-otot di sekitar payudara seperti bahu, dada, dan punggung akan membuat tubuh bagian atas menjadi lebih kuat untuk menopang payudara. Dengan begini, payudara akan tampak lebih kencang dan tetap sehat. Usahakan menggunakan sport bra atau bra khusus olahraga ketika berolahraga.

2. Konsumsi makanan bergizi.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Seperti halnya jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit maka kita harus menjaga makanan yang dikonsumsi. Pastikan banyak mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang kaya akan antioksidan, sehingga dapat menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi potensi munculnya keriput pada area tubuh.

3. Memakai bra yang tepat.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@fearythanyarat

Pilihlah bra dengan ukuran yang tepat dan nyaman untuk payudara. Dengan menggunakan bra yang tepat, maka akan merasa lebih nyaman. Selain itu, payudara juga akan terasa lebih rileks selama mengenakan bra.

Menggunakan bra berukuran tepat sangat penting dalam menjaga kesehatan payudara. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang terlalu ketat, tetapi pilihlah yang longgar dan nyaman.

Perlu diketahui, menggunakan bra dengan ukuran yang salah akan memengaruhi kesehatan. Selain itu, bra yang tak sesuai ukuran juga bisa membuat penampilan terlihat kurang menarik. Saat di rumah, hindari pemakaian bra berukuran ketat dan usahakan untuk melepas bra ketika hendak tidur.

4. Beri pelembap dan sunscreen.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Tidak hanya wajah yang membutuhkan pelembap dan sunscreen, payudara pun juga sangat membutuhkannya. Pelembap dan sunscreen akan membuat kulit payudara lebih lembap dan terlindungi dari sinar UV. Meski payudara terlindungi oleh pakaian, kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan sinar UV dapat menembus pakaian.

Salah satu acara untuk merawat payudara tetap sehat dan kencang adalah menggunakan pelembap dan sunscreen. Caranya, cukup oleskan pelembap dengan pijatan lembut setelah mandi dan oleskan sunscreen sebelum beraktivitas di luar. Dengan begini, payudara akan lebih mulus dan bersih.

5. Posisi tidur terlentang.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Tidur terlentang sangat baik bagi kesehatan wanita. Hal ini dikarenakan dapat menjaga kekencangan payudara. Menurut ahli kesehatan, seorang wanita sebaiknya menghindari tidur dengan posisi tengkurap karena hal tersebut mampu meningkatkan risiko keriput pada bagian tubuh yang tertindih.

6. Konsumsi hormon estrogen.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Selama menopause, kita akan mengalami penurunan hormon estrogen. Selain itu, kadar kolagen pada jaringan kulit juga semakin menyusut. Hal ini tentu akan memengaruhi tampilan payudara. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut dengan mengonsumsi hormon estrogen secara rutin. Adapun sumber hormon tambahan dapat diperoleh dari suplemen atau fitoestrogen. Dengan begini bentuk payudara akan tetap sehat dan kencang.

7. Lidah buaya.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Lidah buaya mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan dari paparan radikal bebas. Lidah buaya bisa membuat payudara menjadi lebih sehat. Adapun penggunaan lidah buaya antara lain, gunakan gel lidah buaya sambil memberikan pijatan-pijatan lembut pada payudara secara melingkar selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lakukan 4-5 kali dalam seminggu.

8. Putih telur.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Putih telur kaya akan kandungan hidro lipid yang dapat membantu mengangkat kulit kendur di sekitar payudara. Caranya cukup mudah, kocok sebutir putih telur sampai berbusa lalu oleskan pada payudara seperti masker lalu diamkan selama 30 menit, Kemudian, bilas dengan air dingin, dan lakukan langkah ini seminggu sekali.

9. Minyak zaitun.

Cara merawat payudara agar tetap kencang dan sehat © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan layaknya lidah buaya yang mampu memperbaiki kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung asam lemak yang mampu mencegah payudara kendur.

Apabila ingin menggunakan minyak zaitun untuk merawat payudara agar tetap kencang sehat, cukup gosokkan minyak zaitun pada payudara sampai terasa hangat. Kemudian, berikan pijatan ke atas secara lembut sekitar 15 menit, lalu ulangi 4-5 kali dalam seminggu.

Mgg/Hameda Rachma