Brilio.net - Memiliki tubuh yang relatif pendek, kadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Apalagi banyak yang mengatakan bahwa standar penampilan yang ideal adalah berbadan tinggi. Karena itu, postur tubuh yang tinggi jadi idaman kebanyakan orang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Biasanya hal itu dipengaruhi genetis atau keturunan, nutrisi di dalam tubuh, dan aktivitas sehari-hari.

Di tengah masyarakat, beredar pernyataan bahwa pertumbuhan seseorang akan berhenti ketika memasuki usia-usia tertentu. Misalnya, untuk perempuan pertumbuhannya sampai usia 14-16 tahun. Sedangkan laki-laki, sampai usia 17-19 tahun. Apabila sudah melewati usia tersebut, orang dikatakan mustahil bertambah tinggi. Itu sebabnya, banyak orang merasa terlambat jika ingin memperbaiki tinggi badannya. Alhasil kebanyakan dari mereka memilih untuk mengonsumsi suplemen berbahan kimia yang mengklaim dapat meninggikan badan.

Padahal masih ada berbagai macam cara agar kamu bisa menambah tinggi badanmu. Meski pun kamu tidak lagi berada di masa pertumbuhan, pertumbuhan tulangmu masih akan berjalan jika ada perbaikan nutrisi dan aktivitas baik yang menunjangnya. Nah untuk kamu yang saat ini berada di usia dewasa, tidak ada salahnya untuk berusaha terlebih dahulu. Lagipula cara-cara ini merupakan cara yang alami dan menyehatkan untuk tubuh.

Penasaran apa saja? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/11) delapan cara meninggikan badan di usia dewasa.

1. Konsumsi makanan mengandung zat besi.

Loading...

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Asupan makanan juga menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan badan. Jika kamu menginginkan tubuh yang tinggi, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Ada banyak makanan tinggi zat besi yang mudah kamu temukan, misalnya seperti daging sapi, bayam, kacang polong, kacang merah, brokoli, hati ayam, dan kuning telur. Selain baik bagi pertumbuhan tulang, zat besi juga akan menghindarkanmu dari risiko anemia, rambut rontok, dan menambah energi.

2. Perbanyak minum susu berkalsium tinggi.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Untuk meninggikan badan, kamu bisa rutin meminum susu berkalsium tinggi. Sebab, kalsium dipercaya baik untuk pertumbuhan tulang. Kalsium merupakan mineral penyusun tulang dan gigi. Selain bisa meninggikan badan, kalsium juga bisa mencegah osteoporosis dan menyehatkan jantung. Nah salah satu minuman yang berkasium tinggi adalah susu. Kamu juga bisa mengonsumsi olahan susu lainnya seperti yoghurt.

3. Renang.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Pada usia dewasa, kamu bisa menjalankan olahraga yang bisa meninggikan badan, salah satunya adalah berenang. Saat berenang, tubuh yang berada di air memerlukan usaha lebih banyak untuk bergerak. Saat bergerak secara horizontal, tubuh pun mulai mengalami perenggangan. Sehingga tinggi badan pun bisa meningkat. Kamu bisa melakukan aktivitas ini setidaknya satu kali dalam seminggu.

4. Lompat tali.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Lompat tali juga salah satu aktivitas olahraga yang bisa kamu terapkan untuk meninggikan badan. Lompatan demi lompatan akan membuat otot-otot di tubuh merenggang. Selain itu lompat tali juga akan membantu pelepasan hormon pertumbuhan. Pijakan kakimu pun akan semakin kuat karena sering melakukan lompat tali.

5. Istirahat yang cukup.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Kecukupan seseorang beristirahat juga penting untuk memperbaiki postur tubuh. Hindari begadang di malam hari agar pertumbuhan tulang tidak terhambat. Sebab salah satu manfaat tidur yang berkualitas adalah melepaskan hormon pertumbuhan, sehingga bisa menambah tinggi badan. Istirahat yang cukup juga akan membuatmu terhindar dari rasa lelah, perubahan suasana hati, dan kelebihan berat badan.

6. Memperbaiki postur tubuh saat duduk.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Kebiasaan duduk ternyata mempengaruhi tinggi seseorang lho. Jika seseorang duduk dengan posisi salah, tulang belakangnya akan sangat mungkin mengalami pembengkokan, sehingga terlihat bungkuk. Sebab itu biasakanlah untuk memperbaiki postur tubuhmu saat duduk. Caranya pastikan duduk dengan tegak dan posisi kedua bahu sejajar. Kemudian tapakkan kaki ke lantai dan usahaan paha sejajar. Jika terasa pegal, kamu bisa menyandarkan bahumu dikuris, dan menopang bagian punggung dan pinggang menggunakan bantal kecil.

7. Hindari minuman yang mengandung kafein.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Minuman berkafein banyak kamu temukan dalam produk kopi. Meski bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, kafein ternyata berpengaruh pada pertumbuhan tulang. Mengonsumsi kafein akan membuat kepadatan mineral dalam tulang menjadi berkurang. Jika terus dikonsumsi secara berlebihan, kafein juga akan mendatangkan risiko osteoporosis.

8. Hentikan kebiasaan merokok.

meninggikan badan istimewa

foto: freepik.com

Jika ingin menambah tinggi badanmu, sebaiknya hindarilah kebiasaan merokok. Selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru, merokok akan menggagu hormon pertumbuhan dalam tubuh. Padahal hormon pertumbahan itulah yang akan menambah tinggi badanmu.

Itu dia delapan cara meninggikan badan pada usia dewasa. Jangan ragu untuk mencoba dan mulailah menerapkan pola hidup sehat.

reporter: mgg/deta jauda