Brilio.net - China adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dengan ibukota bernama Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dan juga luas wilayah yang besar sehingga menjadikannya negara ke-4 terbesar di dunia. Bukan rahasia lagi jika negara China dikenal jago dalam membuat barang tiruan.

China bahkan dideklarasikan sebagai 'King of Counterfeiters' atau 'Rajanya Peniru'. Dari seluruh barang dan merek yang dipalsukan dunia sepanjang tahun 2008-2010, China memproduksi 70% tiruan tersebut. Nggak tanggung-tanggung, merek papan atas dunia seperti Apple, Nike sukses dijiplak mentah-mentah oleh negara dengan penduduk terbesar di dunia ini.

Tak hanya barang dan makanan, China bahkan membangun replika kota-kota di Eropa seperti Inggris dan Prancis. Bukan cuma tata kotanya aja yang ditiru, tapi juga landmark khas negara tersebut. Menara Eiffel Paris, Prancis contohnya. Protes keras yang pernah ditujukan ke mereka pun seakan tak digubris. Nah, berikut brilio.net rangkum dari Thisisinsider, kota-kota di China yang dibangun dari 'menjiplak' kota yang ada di negara lain.

1. Desa Florentia miniatur Venesia, Italia.

kota china jiplak © 2018 brilio.net

Daerah ini merupakan pusat perbelanjaan yang terdiri dari 200-an toko. 'Desa replika' ini dibangun oleh pengembang dari Italia pada tahun 2011. Desa yang berada di dekat pelabuhan kota Tianjin, China ini bahkan memiliki kanal layaknya Venesia.

 

2. Replika Desa Halstatt, Austria di kota Huizhou, Provinsi Guangdong.

kota china jiplak © 2018 brilio.net

Desa Halstatt, Austria tak cuma dikenal indah namun juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Terispirasi dari keindahannya, China membuat replikanya. Tepatnya di kota Huizhou, Provinsi Guangdong. Mereka menghabiskan $940 juta atau saat ini lebih kurang setara dengan Rp 13 triliun untuk membangun desa replika tersebut.

 

3. Tianducheng, kota di China yang dibikin persis Paris.

kota china jiplak © 2018 brilio.net

Tianducheng adalah pemukiman yang dibangun di Hangzhou, Provinsi Zhejiang dengan meniru arsitektur maupun tata letak Paris. Di dalamnya terdapat replika Menara Eiffel setinggi 108 meter dan kompleks bangunan di atas lahan seluas 31 kilometer persegi. Gedung, taman, posisi jalan, dan patung-patung yang ada di sana dibuat sangat mirip dengan Paris.

 

4. Di Shanghai terdapat kincir angin yang identik dengan Belanda.

kota china jiplak © 2018 brilio.net

Kota ini memiliki salinan bangunan yang ada di Belanda, seperti Museum Maritim Belanda dan department store Bijenkorf di Amsterdam.

 

5. Anting German Town di China.

kota china jiplak © 2018 brilio.net

Alih-alih membangun kastil megah ala Jerman, seorang arsitek yang disewa oleh China membangun Anting German Town, sebuah kota modern dengan bentuk bangunan yang praktis. Kota ini dimaksudkan untuk menampung hampir 50ribu orang. Namun, sebagian besar justru kosong. Kabranya bahkan hanya satu dari lima apartemen yang ditempati.