Brilio.net - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya bulan Ramadhan adalah waktunya untuk menjalankan ibadah puasa penuh selama sebulan. Bulan ini juga menjadi begitu istimewa karena orang berlomba-lomba untuk mengumpulkan amal kebaikan.

Ramadhan kali ini memang berbeda dari sebelumnya, umat muslim harus berpuasa di tengah pandemi Covid-19. Banyak hal yang harusnya dilakukan di luar rumah harus mereka tinggalkan dan memilih untuk melakukannya semua di rumah. Meski begitu bukan berarti hal ini menghalangi seseorang untuk melakukan banyak kebaikan dan ibadah di bulan Ramadhan.

Meski hanya di rumah saja, bukan berarti kamu kehilangan banyak momen berharga bersama keluarga. Jika di tahun-tahun sebelumnya sebelum waktunya berbuka puasa, kamu pergi bersama keluarga mencari takjil atau hanya sekadar jalan-jalan buat ngabuburit. Namun kali ini harus di rumah saja dan membuat kamu bingung harus melakukan kegiatan apa, ketika menunggu waktu berbuka.

Nah sekarang kamu tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan bersama keluarga ketika menanti waktu berbuka. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan jelang buka puasa seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/5).

1. Olahraga.

Loading...

Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa Istimewa

foto: buy-new.co.uk

Siapa bilang selama bulan Ramadhan kamu tidak bisa melakukan kegiatan, seperti olahraga? Kamu bisa tetap hidup sehat selama Ramadhan dan di rumah saja. Nah sambil menanti berbuka, kamu bisa berolahraga ringan bersama keluarga.

Tidak perlu melakukan olahraga terlalu berat jika kamu merasa lemas. Olahraga seperti treadmill dan gerakan-gerakan ringan lainnya bisa kamu lakukan sekitar pukul 4 atau 5 sore.

2. Menyaksikan film.

Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa Istimewa

foto: techlicious.com

Kegiatan lainnya agar tidak bosan, kamu bisa memilih salah satu film kesukaan kamu yang bisa kamu saksikan sendiri atau bersama keluarga. Menyaksikan film akan membuat kamu terhibur dan tidak terasa, waktu berbuka tiba.

3. Memasak.

Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa Istimewa

foto: escoffieronline.com

Jika kamu tidak ingin merasa bosan hanya berdiam diri di rumah, cobalah untuk memilih satu menu masakan yang bisa kamu masak sendiri atau bersama keluarga. Kegiatan memasak ini akan membuat kamu lupa waktu, sehingga tidak terasa waktu berbuka sudah tiba.

Jika kamu baru belajar memasak, pilih masakan yang mudah. Kamu bisa melihat sejumlah resep masakan di internet atau di YouTube.

4. Membaca buku.

Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa Istimewa

foto: greenandturquoise.com

Selama di rumah mungkin kamu kebingungan harus melakukan apa, kamu bisa menyelesaikan bacaan yang sempat kamu tinggalkan karena segudang kesibukan sebelumnya. Nah selama bulan Ramadhan pun jika kamu merasa bosan saat menanti waktu berbuka, membaca buka bisa menjadi pilihan terbaik.

Tak hanya mengusir kebosanan, kamu juga akan mendapat hal baru. Jelas ini begitu bermanfaat dan tidak menyia-nyiakan waktumu begitu saja.

5. Bermain permainan seru.

Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa Istimewa

foto: thealternative.org.uk

Memainkan permainan seru juga bisa menjadi pilihan kamu ketika menunggu waktu berbuka puasa. Jika kamu tidak ingin bermain sendiri, ajak anggota keluarga lainnya bermain, seperti permainan Monopoli, ular tangga dan masih banyak lainnya. Selain menambah keakraban dengan anggota keluarga, kamu juga tidak akan merasakan waktu berjalan begitu lama.