Brilio.net - Meninggalnya legenda NBA dan LA Lakers, Kobe Bryant besama putrinya Gianna Maria Onore dalam kecelakaan helikopter di California, Amerika Serikat, Minggu (26/1) waktu setempat menggemparkan dunia.

Kobe Bryant bersama rombongannya mengalami kecelakaan dalam perjalanan untuk mengikuti latihan basket di Mamba Academy. Kecelakaan helikopter di dekat Las Virgenes Road, kawasan selatan Agoura Road itu menewaskan 9 orang termasuk pilotnya.

Fakta helikopter yang menewaskan Kobe Bryant Instagram

foto: Instagram/@gigibryant2

Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Los Angeles menerima laporan pertama kecelakaan pada pukul 9.47 pagi pada hari Minggu waktu setempat di daerah perbukitan Los Angeles County dekat Las Virgenes Road dan Willow Glen Street.

Loading...

Dilansir brilio.net dari time.com, Senin (27/1), menurut Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Los Angeles Daryl Osby, sekitar 56 personel, termasuk paramedis menanggapi kejadian maut tersebut.

Mereka menemukan area yang terbakar akibat dari jatuhnya helikopter tersebut. Petugas pemadam kebakaran mendaki ke lokasi kecelakaan dan sebuah helikopter. Para medis dikerahkan untuk mencari penumpang yang selamat, namun sayang tak satupun yang ditemukan selamat.

Hingga kini Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) dan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) sedang menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

Berikut ini fakta mengenai helikopter yang menewaskan Kobe Bryant dan putrinya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (27/1).

1. Helikopter Sikorsky S-76B 1991.

Pihak berwenang memang belum mengkonfirmasi secara rinci mengenai helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant hingga akhirnya membuat rombongannya meninggal dunia. Dilansir brilio.net dari time.com, situs pelacak penerbangan flightaware.com dan Los Angeles Times, pesawat tersebut adalah helikopter bermesin ganda Sikorsky S-76B 1991.

Helikopter tersebut lepas landas dari dari Bandara John Wayne di Orange County, California pada jam 9:08 pagi.

2. Helikopter milik Island Express Holding Corp, terdaftar di Fillmore, California.

Catatan Flightaware.com menyebutkan, helikopter yang dipakai oleh Kobe Bryant merupakan milik Island Express Holding Corp, terdaftar di Fillmore, California. Island Express Holding merupakan perusahaan yang menyediakan jasa carter pesawat dan helikopter pribadi.

3. S-76 helikopter sudah beroperasi sejak 1977.

Fakta helikopter yang menewaskan Kobe Bryant Instagram

foto: Twitter/@LBAirport

S-76 merupakan helikopter yang cukup populer dan sudah beroperasi sejak tahun 1977 dan sudah dikirim ke seluruh dunia.

"Sikorsky bangga dengan warisan armada S-76. Dengan lebih dari 7,4 juta jam penerbangan yang aman dan sukses, kami berkomitmen untuk mendukung platform dan untuk peningkatan produk yang berkelanjutan," menurut situs web untuk helikopter.

4. Digunakan sebagai helikopter penyelamatan.

S-76 merupakan helikopter yang kerap digunakan untuk melakukan pencarian dan penyelamatan evakuasi media. Helikopter ini pun sudah digunakan oleh 10 negara.

5. Pernah digunakan Ratu Elizabeth II.

Model helikopter S-76 terbaru pernah menerbangkan Ratu Elizabeth II dan beberapa bangsawan lainnya.

Kecelakaan ini membuat pihak Sikorsky turut berduka cita, mereka menyampaikan kesedihan yang teramat dalam atas tragedi maut ini.

"Kami menyampaikan belasungkawa tulus kami untuk semua yang terkena dampak kecelakaan Sikorsky S-76B hari ini di Calabasas, California. Kami telah melakukan kontak dengan NTSB dan siap untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada otoritas investigasi dan pelanggan kami. Keselamatan adalah prioritas utama kami, jika ada temuan yang dapat ditindaklanjuti dari penyelidikan, kami akan memberi tahu pelanggan S-76 kami," dilansir dari time.com, Senin (27/1).