Brilio.net - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Saat perayaan hari ulang tahun Indonesia, biasanya identik dengan melaksanakan upacara bendera. Pada momen peringatan bersejarah ini, tak lepas dari teks doa di upacara 17 Agustus yang selalu dibacakan.

Teks doa yang dibacakan dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur, memohon petunjuk dan kemajuan negara Indonesia, serta memohon pertolongan supaya warga negara Indonesia bisa terbebas dari belenggu kesengsaraan, dan dimudahkan dalam menggapai cita-cita.

Selain mendoakan kemajuan Indonesia di masa depan, teks doa upacara 17 Agustus juga untuk memohonkan ampunan para pahlawan-pahlawan bangsa yang telah berjasa dan berjuang memerdekakan negara Indonesia. Nah, berikut ini sejumlah contoh naskah doa upacara HUT ke-77 RI, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/8).

1. Naskah doa upacara 17 Agustus oleh oleh Salihin Mizal (Kepala Kemenag Aceh Singkil).

Contoh naskah doa upacara HUT ke-77 RI © 2022 berbagai sumber

foto: pexels.com

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Agung Lagi Maha Perkasa,

Dengan penuh ketenangan dan kesejukan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji, puja dan syukur kehadirat-Mu, atas kasih sayang dan anugrah karunia-Mu, engkau telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan mengaruniai kemerdekaan untuk bangsa dan negara kami. Ya Allah terimalah syukur kami hari ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Dibawah naungan kasih sayang-Mu lalu didorong oleh keinginan luhur para pejuang dan bangsa kami, kembali pada hari ini Sabtu 17 Agustus (tahun) kami bangsa Indonesia bertafakur dan memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-(…), dalam ridho dan perlindungan-Mu jua.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Melihat dan Maha Mendengar,

Banyak sudah yang telah kami perbuat dalam segala aspek kehidupan untuk mengisi rahmat kasih sayang dan anugerah kemerdekaan yang engkau berikan, utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran, dan pembangunan. Namun, kami juga menyadari masih banyak yang belum selesai dan tuntas kami wujudkan sesuai cita-cita para pejuang, pendahulu kami yang sangat luhur dan mulia.

Ya Allah! Berilah kami kekuatan dan kemampuan bekerja mengayomi dan membangun bangsa yang taat beragama, berakhlak mulia, rukun, damai, dan ceria bersama.

Ya Allah! Bimbing kami dan tanamkanlah dalam hati dan jiwa kami semangat persaudaraan yang berkah, persatuan dan kesatuan yang kokoh.

Ya Allah! Mudahkanlah dan tunjukkan kami untuk membina dan membangun generasi bangsa yang beriman, sehat, kuat, cerdas, inovatif, kreatif, unggul dan berkemajuan.

Ya Allah! Mudahkanlah bagi kami mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, sejahtera lahir batin, berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Ya Allah! Lindungi bangsa kami dari segala kesusahan, ketakutan, kesempitan hidup, musibah, bencana dan perpecahan. Hanya kepada engkau kami menyembah dan hanya kepada engkau kami memohon pertolongan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah segala dosa kami, dosa ibu dan ayah kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, dan dosa para pejuang kami. Ya Allah ya tuhan kami hiasilah kehidupan sehari- hari rakyat dan bangsa kami dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan yang suci lagi terpuji. Dan wafatkan kami dalam keadaan tenang bersama orang-orang yang berbuat kebaikan dan pejuang.

Aamiin ya rabbal Alamin.

(brl/far)