Brilio.net - Sejak kemunculan virus Corona secara tidak langsung mengubah banyak pola pikir dan rutinitas sehari-hari. Orang-orang menjadi semakin sadar dan berhati-hati pada apa yang mereka lakukan. Ada banyak hal yang awalnya mungkin dianggap remeh, namun menjadi penting untuk diperhatikan dalam kondisi seperti sekarang.

Salah satu hal yang mungkin di awal dianggap remeh namun bisa sangat penting bila dalam kondisi seperti sekarang adalah ketika kamu menerima paket. Kamu yang mungkin sering bertransaksi online pasti sering mendapatkan paket kiriman. Kamu sendiri tidak tahu siapa saja yang memegang paket kamu, dan apakah paket tersebut terhindar dari virus Corona.

Apalagi saat ini orang-orang dianjurkan untuk tetap berada di rumah. Peningkatan belanja online nggak mungkin terhindar. Para kurir sibuk untuk mengantar paketan entah itu makanan atau barang ke rumah. Lalu bagaimana cara yang aman dan mudah untuk membuka semua paket yang kamu terima? Berikut brilio.net rangkum untuk kamu cara mudah dan aman unboxing paket dari huffpost.com, Senin (23/3).

1. Minta pengiriman bebas kontak.

5 tips aman dan mudah membuka paket Berbagai sumber

Loading...

foto: Pixabay.com

Beberapa perusahaan jasa pengiriman mungkin sudah ada yang meninggalkan paket di depan pintu tanpa kamu harus berinteraksi langsung. Kamu juga bisa meminta secara langsung kepada kurir untuk meninggalkan paket kamu di luar pintu rumah, dengan memberikan alasan yang logis dan tidak menyinggung.

Meskipun kemungkinan tertular saat kita menerima paket itu rendah, akan tetapi cara ini bisa sedikit banyak membantu untuk pencegahan sederhana. Pengiriman bebas kontak ini juga untuk menjaga keselamatan petugas pengiriman dari penularan virus Corona.

2. Membuka paket di luar rumah.

5 tips aman dan mudah membuka paket Berbagai sumber

foto: Instagram/@kristenanniebell

Dilansir dari Huffpost.com, virus Corona tidak dapat hidup lama di atas permukaan kardus. Namun jika kamu memang ingin berhati-hati, kamu bisa membuka paket tersebut di beranda rumah. Misalnya saja yang dilakukan oleh Kristen Bell dalam postingan Instagram miliknya.

Kamu memerlukan peralatan seperti sarung tangan, kemudian kardus-kardus yang telah dibuka dapat kamu buang di tempat sampah luar, terakhir menyemprotkan isi paket dengan cairan desinfektan sebelum dibawa masuk.

3. Segera membuang kemasan paket.

5 tips aman dan mudah membuka paket Berbagai sumber

foto: Pixabay.com

Segera membuang kardus ataupun plastik yang digunakan untuk membungkus isi paket. Kamu bisa meletakkan di tempat sampah yang berada di depan rumah kamu, kemudian jangan lupa untuk membersihkan permukaan lantai ataupun meja yang sempat menempel dengan paket.

4. Mengucapkan terima kasih kepada petugas pengirim paket.

5 tips aman dan mudah membuka paket Berbagai sumber

foto: Pixabay.com

Meskipun tidak berinteraksi secara langsung, kamu jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada petugas yang telah mengirimkan paket kamu dengan aman. Kamu bisa menyampaikan dari aplikasi tempat kamu memesan, atau mengucapkannya langsung dari balik pintu.

5. Cuci tangan sebelum dan setelah membuka paket.

5 tips aman dan mudah membuka paket Berbagai sumber

foto: Pixabay.com

Langkah terakhir yang tidak kalah penting ialah mencuci tangan dengan sabun. Sudah banyak video bagaimana mencuci tangan dengan benar. Kamu bisa mempraktekkannya sebelum dan sesudah membuka paket. Cuci tanganmu selama 20 detik beberapa kali sehari. Ini sangat mudah dilakukan dan tidak memakan waktu banyak. Selamat mencoba teman!