Brilio.net - Pandemi Virus Corona atau COVID-19 terus menjadi perbincangan hangat dunia. Tak hanya meng-update sejumlah korban yang terserang Virus Corona saja, namun pemerintah juga terus mengimbau dan memberikan pantauan terhadap bagaimana menuntaskan penyebaran Virus Corona yang terbilang begitu cepat itu.

Selain meminta masyarakat untuk selalu menjaga diri dan menjauh sementara waktu dari kerumunan massa dengan tidak keluar rumah, pemerintah juga memberlakukan interaksi sosial atau social distancing. Belakangan konsep tersebut sudah diubah WHO dengan physical distancing.

Namun hal itu saja tidak cukup, Sebab ada hal-hal kecil lainnya yang harus menjadi perhatian kamu. Mulai dari menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan secara rutin, mengganti pakaian ketika usai bepergian, mengonsumsi makanan-makanan sehat, olahraga dan lain sebagainya.

Selain itu, hal lainnya seperti membersihkan rumah dan benda-benda kecil seperti ponsel juga harus kamu lakukan setiap saat. Membersihkan ponsel memang terdengar sangat sepele, namun ini harus kamu lakukan, karena ini juga upaya agar terhindar dari Virus Corona.

Ponsel dan perangkat lain dapat membawa banyak kuman sehingga penting untuk membersihkannya. Lalu seperti apa cara membersihkannya dengan benar?

Loading...

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (23/3), berikut 5 cara mudah membersihkan handphone/smartphone agar tak ketempelan virus-virus berbahaya seperti Corona.

1. Matikan perangkat.

Cara bersihkan HP ditengah maraknya Virus Corona Istimewa

foto: dailypost.co.uk

Sebelum kamu membersihkan permukaan ponsel, maka yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan perangkatnya terlebih dahulu.

Kemudian cabut aksesori apapun yang ada di ponsel kamu. Jangan lupa untuk membersihkan pula bagian aksesorinya. Gunakan bahan yang lembut untuk membersihkan ponsel agar bagian ponsel tidak tergores.

2. Gunakan tisu pembersih.

Cara bersihkan HP ditengah maraknya Virus Corona Istimewa

foto: global.rakuten.com

Menggunakan tisu pembersih bisa menjadi salah satu yang perlu kamu coba. Laporan Google menyebutkan bahwa tidak masalah jika seseorang menggunakan tisu pembersih pada handset Pixel. Namun kamu harus menjauhi dari port dan tombol.

3. Gunakan hand sanitizer.

Cara bersihkan HP ditengah maraknya Virus Corona Istimewa

foto: parade.com

Tidak hanya bisa kamu gunakan untuk membersihkan tangan, namun hand sanitizer juga berguna untuk membersihkan ponsel. Kamu bisa membersihkan bagian casing atau pelindung menggunakan hand sanitizer.

Tak ada salahnya dilakukan dengan hal itu, bahkan perusahaan seperti Apple baru-baru ini menyarankan memakai tisu berbasis alkohol dan produk disinfektan serupa pada perangkat mereka.

"Bisa menggunakan 70 persen isopropyl alcohol wipe atau Clorox Disinfecting Wipes. Kamu dapat dengan lembut menyeka permukaan luar iPhone Anda," jelas Apple di laman support-nya.

4. Bersihkan dengan air dan sabun jika ponsel antiair.

Cara bersihkan HP ditengah maraknya Virus Corona Istimewa

foto: blogginghits.com

Jika kamu memiliki ponsel canggih dan tahan air, kamu bisa membasuh bagian smartphone tersebut dengan sabun dan air. Hal ini jelas sangat membantu dalam proses membersihkan smartphone.

5. Cuci tangan.

Cara bersihkan HP ditengah maraknya Virus Corona Istimewa

foto: cnet.com

Usai membersihkan smartphone, ada baiknya untuk mencuci tangan agar kuman yang menempel di ponsel tidak menetap di tangan kamu. Lakukan proses mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran kesehatan.