Brilio.net - Berkat Blockchain, tak hanya dunia perbankan yang merasakan perubahannya. Dunia seni ternyata juga turut merasakan nikmatnya. Berkat teknologi NFT (non-fungible token), aset digital seperti foto, audio, atau bahkan video pendek bisa dijual dengan harga yang fantastis. Seorang artis bernama Beeple bahkan menjual sebuah video pendek berdurasi 10 detik seharga USD 6,6 juta atau Rp 94 miliar.

NFT adalah sebuah token unik yang ada di blockchain yang menyimpan kode unik kepemilikan atas sebuah aset digital. Teknologi blockchain membuat token ini jadi satu-satunya dan tak bisa diimitasi. Sistem enkripsi yang mutakhir dan dukungan ekosistem blockchain membuat bukti kepemilikan atas aset digital tak bisa direkayasa dan keasliannya terjaga.

Hal ini populer di kalangan seniman digital dunia, karena mereka bisa memberikan bukti kepemilikan otentik atas karya-karya mereka. Walaupun karya mereka di-copy dan disebarluaskan di internet, NFT memungkinkan pemiliknya untuk memiliki bukti kepemilikan yang asli dan eksklusif.

Seperti apa aset digital dengan NFT yang paling mahal di dunia saat ini?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (12/3), berikut 5 aset digital termahal di dunia yang harganya bisa bikin kamu melongo.


1. CROSSROAD #1/1.


Video pendek berdurasi 10 detik ini terjual dengan harga USD 6,6 juta atau Rp 94 miliar. Videonya sendiri berupa potret Trump yang sedang tidur di taman.

aset digital mahal istimewa

Menariknya, sendiri, ada seekor burung biru yang menampilkan emoji badut di atas Trump. Ada juga potret orang berjalan yang seolah mengabaikan Trump yang sedang tidur.


2. Cuitan CEO Twitter, Jack Dorsey.

 


Jack Dorsey menjual cuitan pertamanya di Twitter seharga USD 2.5 juta atau Rp 35 miliar. Pria ini memang terkenal dengan ketertarikannya terhadap teknologi blockchain terutama cryptocurrency.

Dilansir dari Antara, uang hasil penjualannya akan diberikan ke yayasan GiveDirectly yang menggalang dana untuk keluarga miskin di Afrika.


3. Mobil digital di game F1 Delta Game.

aset digital mahal istimewa

foto: opensea.io



Game F1 Delta adalah permainan berbasiskan Ethereum yang memperjualbelikan aneka koleksi unik dari ajang balapan Formula One. Dilansir dari opensea.io, mobil digital bernama 1-1-1 yang ada di game tersebut terjual 418 ETH (ether) atau USD 742.957. Jika dirupiahkan, harganya mencapai Rp 10 miliar.


4. Cryptokitties - Dragon.

aset digital mahal istimewa

foto: cryptokitties.co



Cryptokitties adalah koleksi digital berbasiskan blockchain. Pengguna bisa menjual, membeli, dan tentunya mengoleksi aneka gambar kucing virtual yang menarik.

Dilansir dari laman resminya, cryptokitties.co, kucing virtual bernama Dragon di atas terjual dengan harga 600 ETH (ether) atau USD 1,068,558. Jika dirupiahkan, aset digital ini dihargai Rp 15 miliar.


5. CryptoPunks - Alien.

aset digital mahal istimewa

foto: opensea.io



Sama dengan Cryptokitties, CryptoPunks adalah platform seni untuk koleksi aneka aset digital berupa gambar. Menariknya, gambar di atas bertajuk Alien terjual dengan harga 605 ETH (ether) atau USD 1,071,884. Saat dirupiahkan, gambar koleksi di atas dihargai Rp 15.4 miliar.