Brilio.net -  

Kata ikhlas memang mudah diucapkan lisan namun berat untuk menerapkanya. Ya, faktanya ikhlas dalam arti menerima segala macam situasi dan kondisi dengan lapang dada merupakan hal yang memang sulit dilaksanakan. Apalagi jika hal itu membuat hati kecewa dan menyesal.

Sejatinya manusia pasti selalu berhadapan dengan ujian kehidupan, yang terkadang mereka sebut dengan masalah. Dengan ujian yang kita alami ini, terkadang membuat orang harus benar-benar ikhlas. Sebab dengan ikhlas menerima keadaan yang tengah terjadi, akan membuat beban pikiranmu menjadi lebih ringan. Sehingga hati pun juga menjadi lapang dan tenang.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah bersikap tenang sembari mencari jalan keluar dari setiap permasalahan. Selain ikhlas kamu juga harus bersabar, karena semua masalah pasti bisa kamu lalui asal ada niat yang kuat.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Mungkin kata-kata mutiara ikhlas penuh makna ini bisa bantu pikiranmu menjadi tenang. Sehingga kamu juga bisa lebih semangat menghadapi hari esok. Berikut kumpulan kata mutiara ikhlas yang penuh makna dan bikin pikiran tenang, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/11).

Kata-kata mutiara ikhlas, terbaik dan penuh makna.

Kata-kata mutiara ikhlas © Instagram

foto: Instagram/@shakeerahijab.official

1. "Mensyukuri hari ini dan mengikhlaskan apa yang telah berlalu."

2. "Ikhlas bukan melepaskan sesuatu dengan air mata, tetapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman."

3. "Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

4. "Sesungguhnya nikmat terbesar dalam hidup adalah ketika kita ikhlas mendoakan orang yang membenci dan menghina kita." - Harly Umboh

5. "Inti hidup itu adalah kombinasi niat, ikhlas, kerja keras, doa dan tawakal." - Ahmad Fuadi

6. "Tidak ada kebaikan sedekah kecuali dengan niat yang ikhlas." - Ahnaf ibn Qais

7. "Memang tidak semua pertempuran dapat kami menangkan. Akan tetap,i setidaknya kami adalah anak-anak yang berjuang dengan tulus ikhlas dan sepenuh hati untuk mengharumkan nama tanah tumpah darah yang kami cintai." - Bambang Pamungkas

8. "Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil, maka dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas, sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil."

9. "Tidak ada kata kata yang lebih indah selain kata ikhlas dan sabar."

10. "Ikhlas itu saat kau memberi tanpa ada beban dalam hati."

11. "Rasa kehilangan itu wajar. Tapi percaya deh, semuanya akan baik-baik aja. Suatu hari, lo akan bangun dan nggak merasakan apa-apa. Semua beban dari masa lalu lo, rasa sedih ini, puff! hilang begitu saja. Dan saat itu, lo akan lebih ikhlas menjalani semuanya, karena lo udah menerima bahwa kenyataan nggak bisa diubah." - Winna Efendi

12. "Barangsiapa menghendaki akhirat, maka hendaknya ia ikhlas dalam mencari ilmu." - Imam Syafi’i

13. "Berlaku baik kepada orang yang membencimu, bukanlah perilaku palsu, jika hatimu ikhlas menerima bahwa pembencimu adalah sahabatmu yang belum jadi." - Mario Teguh

14. "Bagi orang yang ikhlas, tak ada waktu untuk mengeluh karena setiap kondisi datangnya dari Allah, dan dia pun menyikapi kondisi tersebut untuk Allah."

15. "Orang yang ikhlas tidak pernah kecewa dengan amal baik yang telah dia lakukan karena yakin Allah Maha melihat dan akan membalasnya dengan adil." - Abdullah Gymnastiar

Kata-kata mutiara ikhlas menyentuh hati.

Kata-kata mutiara ikhlas © Instagram

foto: Instagram/@ami_itha8

16. "Percayalah bahwa segala sesuatu masalah akan berakhir dengan kebahagian apabila kita bisa sabar dan ikhlas mengahadapinya."

17. "Belajarlah keikhlasan dari akar pohon. Akar pohon itu letaknya tersembunyi di dalam tanah dan tidak semua manusia peduli dan mengaguminya. Walau begitu, dia tetap bekerja siang dan malam tanpa mengenal lelah dan pamrih untuk kehidupan batang dan dedaunan."

18. "Jangan pernah terpaksa untuk berbuat kebaikan. Beri sedikit keikhlasan, maka Allah akan membalas dengan berlipat kebahagiaan."

19. "Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bagian dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati." - Abdullah Gymnastiar

20. "Kunci utama dalam menghadapi suatu cobaan adalah sabar, ikhlas, ikhtiar, dan tawakal karena Allah tidak akan memberi cobaan kepada hambaNya melebihi batas kemampuan mereka."

21. "Ketahuilah, bahwa hidup dengan sepenuhnya ikhlas dalam kebaikan adalah persiapan bagi kehidupan abadi yang indah dan mulia bersama semua jiwa terkemuka di surga nanti." - Mario Teguh

22. "Ikhlas adalah perpaduan antara keinginan dan niat seseorang." - Ibn Al-Qayyim

23. "Makin berusaha mengikhlaskan, makin tenang perasaan, makin yakin Allah memberikan yang terbaik di masa depan."

24. "Selalu semangat dan ikhlas menghadapi hari ini karena mengeluh tidak akan meperbaiki keadaan kita."

25. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan."

26. "Kebahagiaan adalah jalan sedangkan kesedihan adalah ujian. Hidup adalah seberapa ikhlas kita menjalani kenyataan."

27. "Salah satu cara untuk tetap bertahan hidup adalah dengan cara menerima kenyataan hidup dengan keikhlasan."

28. "Ikhlas adalah melupakan pujian dari manusia dan hanya terus mencari rido dari Sang Pencipta. Barangsiapa menghiasi dirinya di hadapan manusia dengan sesuatu yang tidak dimilikinya, maka ia telah jauh dari rahmat Allah." - Ibn Al-Qayyim

29. "Tutupi hatimu dengan keikhlasan seperti kamu menutupi tubuhmu dengan pakaian."

30. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

Kata-kata mutiara ikhlas, bikin hati tenang.

Kata-kata mutiara ikhlas © Instagram

foto: Instagram/@anna_andika38

31. "Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru, tapi ia selalu menghadirkan pelangi setelah badai berlalu."

32. "Ada hari dimana kita harus berhenti sebentar menengok ke belakang, lalu bersyukur."

33. "Meski kenyataan tak sesuai dengan harapan, tetaplah bersemangat. Jangan menyerah dan jangan pernah buang semua impian dan harapan."

34. "Keikhlasan bisa membuat amal yang kecil bernilai besar. – Boonaa Mohammed.

35. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."

36. "Bagaikan bunga yang sabar selama kuncupnya untuk kemudian mekar dengan indah. Atau ulat yang sabar menanti dalam kepompong untuk bermetamorfosa menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah perumpamaan orang-orang yang sabar dan ikhlas."

37. "Bila cobaan ini adalah kehendak-Mu, maka aku ikhlas dengan senang hati menerima cobaan ini."

38. "Jalan keluar terbaik tidak akan pernah bisa ditemukan pada hati yang tidak ikhlas dan tidak sabar."

39. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin berubah menjadi mungkin." – Mufti Menk.

40. "Ada hari dimana kita harus berhenti sebentar menengok ke belakang, lalu bersyukur."

41. "Tanda pertama dari sebuah keikhlasan adalah keberadaanmu ketika di hadapan banyak orang maupun saat sendiri

tidak ada bedanya." - Imam Al-Ghazaly

42. "Ikhlas yang sebenarnya, merupakan sebuah bentuk ibadah yang hanya bisa dirasakan oleh hati dan tidak kasat mata."

43. "Sesungguhnya nikmat terbesar dalam hidup adalah ketika kita ikhlas mendoakan orang yang membenci dan menghina kita." - Harly Umboh

44. "Jadilah orang yang paling ikhlas, bukan hanya sekadar baik. Sebab, dalam kebaikan belum tentu ada keikhlasan, tapi orang yang ikhlas Insyaallah sudah pasti baik."

45. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

(brl/lea)