Brilio.net - Tahun 2019 sudah tinggal hitungan jam lagi. Dan sebentar lagi akan memasuki Tahun Baru 2020. Nggak terasa selama satu tahun kamu melewati banyak hal. Sepanjang tahun mulai dari momen bahagia, kesedihan, marah, kesuksesan, kegagalan, dan momen lainnya.

Semua momen tersebut bisa dijadikan pelajaran berarti dalam hidup. Dengan kisah masa lalu, diharapkan untuk kedepannya kamu bisa meraih hal-hal yang lebih baik.

Menjelang akhir tahun ini tidak ada salahnya kamu menuliskan kata-kata ucapan Tahun Baru 2020. Dengan menulis dan berkirim pada rekan, kata tersebut bisa secara otomatis sebagai doa terindah untuk orang lain. Sebab, setiap kata yang tersusun jadi kalimat, mengandung doa yang penuh makna. Jangan lupa pilih tulisan yang mengandung semangat dan harapan baru untuk tahun baru.

Dari kata-kata ucapan tahun baru bisa jadi motivasi dan suntikan semangat baru. Menebarkan semangat positif di awal tahun kepada orang lain, bisa menambah keberkahan dan pahala untukmu. Awal tahun sudah jadi lembaran baru dan kisah baru untuk semua makhluk. Sebelum realita hidup datang, tebarkan langsung kata-kata ucapan Tahun Baru 2020.

Biar kekinian dan antimainstream, kamu bisa memilih menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa banyak terinspirasi dari tetua yang kemudian diadaptasi jadi kata-kata mutiara dan bijak baru.

Biasanya ucapan atau kata selamat tahun baru menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris. Kali ini brilio.net rangkumkan kata-kata ucapan Tahun Baru 2020 dengan bahasa Jawa, Senin (30/12).

Kata-kata ucapan tahun baru bahasa Jawa penuh arti.

40 Kata-kata ucapan Tahun Baru 2020 bahasa Jawa freepik.com

foto: freepik.com

Setiap kalimat punya arti masing-masing, begitu juga dengan bahasa Jawa yang satu ini.

1. "Wilujeng enggal taon! Mugo gusti Allah maringi kesehatan lan kesuksesan." (Selamat tahun baru. Semoga Allah memberikan kesehatan dan kesuksesan)

2. "Ojo dumeh, ojo nyeleh, ojo gersulo, ojo suloyo, lan rasah neko-neko." (Jangan sombong, jangan nyeleh, jangan mengeluh, jangan marah, dan jangan aneh-aneh)

3. "Ojo sampe kenangan merusak masa depan." (Jangan sampai kenangan merusak masa depan)

4. "Tahun baru udu arena pesta, sing penting kui mengoreksi lan evaluasi salah dadi luwih apik meneh neng tahun sesuk." (Tahun baru bukanlah arena pesta, karena yg paling utama yaitu mengoreksi serta mengevaluasi kekeliruan buat jadi lebih baik lagi pada tahun mendatang)

5. "Tahun baru kui digambarke buka lembaran anyar kaya kertas kosong." (Tahun baru bagaikan membuka lembaran baru berupa kertas kosong)

6. "Dino iki iku hadiah paling apik seko usaha wingi, kanggo ngawali tahun baru." (Hari ini adalah hadiah atas usaha kita kemarin, untuk mengawali tahun baru)

7. "Opo artine tahun baru nek ora ono semangat lan tantangan anyar." (Apalah arti tahun baru jika tanpa semangat dan tantangan baru)

8. "Urip iku kudu iso koyo srengenge matahari, inspirasi kanggo kabeh kegelapan." (Hidup itu harus bisa seperti matahari, inspirasi bagi semua kegelapan)

9. "Golek sampurna ning urip lahir batin lan golek kasampurna ning pati." (Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat)

10. "Nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep." (Akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan)

11. "Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)

12. "Cekelana impenanmu, Amarga yen impen mati, Urip iku kaya manuk sing swiwine rusak, mula ora bisa mabur." (Berpegang teguh pada mimpi, karena jika mimpi mati, hidup adalah burung bersayap yang rusak, itu tidak bisa terbang)

13. "Opo artine tahun baru nek ora disemangati karo optimis anyar." (Apalah makna tahun baru tanpa disertai optimisme baru)

14. "Wektu mlaku ora ono mandeke, ngiringi usia seng terus tambah seko hari hari wingi." (Waktu terus berjalan tanpa henti, mengiri usiamu yang terus bertambah setiap hari)

15. "Urip mung sakdermo ngelakoni. Ora iso bantah opo sing wis dadai titahe Gusti. Kabeh wis tinakdir kanti takerane pesti. 2019 Wis dilewati saiki lan 2020 arep dilakoni." (Hidup itu hanya menerima dan menjalankan. Tidak bisa mengubah apa yang sudah kehendak Tuhan. Semua sudah takdir yang pasti. 2019 Sudah terlewati dan 2020 akan dilalui)

Kata-kata ucapan tahun baru bahasa Jawa lucu.

40 Kata-kata ucapan Tahun Baru 2020 bahasa Jawa freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu bisa meresapi arti kata bahasa Jawa, banyak lho kata-kata bahasa Jawa yang lucu dan unik. Lebih menarik lagi jika diterapkan untuk ucapan tahun baru 2020.

16. "Masalah wedok'an iku gampang, penting iso nyaur utang." (Masalah wanita itu mudah, yang penting bisa membayar utang)

17. "Urip kui seni gambar, ora iso dihapus. Wilujeng enggal tahun kanggo kabeh." (Hidup adalah seni dalam lukisan, tidak bisa dihapus. Selamat tahun baru untuk semua)

18. "Ban pit onthel ketancep paku, mlaku pitik sikile kaku. 2019 Uwis lewat. Tapi tresnoku karo kowe ora." (Ban sepeda tertancap paku. Berjalan ayam kakinya kaku. 2019 Telah berlalu. Tapi tidak cintaku padamu)

19. "Adus resik nganggo sabun. Sabune tuku ing warung. Tahun iso ganti, tapi konco tetep sak lawase." (Mandi bersih dengan sabun. Sabunnya dibeli di warung. Tahun boleh berganti tahun. Pertemanan kita terus berlangsung)

20. "Ketemuan karo konco lawas. Sugeng wilujeng enggal taon 2020." (Bertemu sahabat lama. Selamat Tahun Baru 2020)

21. "Aku janji ra nakal maneh, kecuali nakali koe." (Aku berjanji tidak akan nakal lagi. Kecuali nakalin kamu)

22. "Saiki waktune tahun ganti. Wingi tinggal kenangan seng pahit. Muk iso nyawang sliramu karo wong liya." (Sekarang sudah waktunya tahun berganti. Kemarin hanya tinggal kenangan yang pahit. Hanya bisa melihat dirimu bersama orang lain)

23. "Nanging tresno iki udu es teh plastikan. Sing mbok cantelke lalu engkau tinggalkan." (Tapi cintaku ini bukanlah es teh di dalam plastik. Yang hanya kamu gantung lalu kamu tinggalkan begitu saja)

24. "Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing." (Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering)

25. "Uripmu koyo wit gedhang duwe jantung tapi ora duwe ati." (Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tapi tak punya hati)

Kata-kata ucapan tahun bahasa Jawa buat gebetan.

40 Kata-kata ucapan Tahun Baru 2020 bahasa Jawa freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu yang sedang punya gebetan, jangan lupa kirimkan kata-kata ucapan berikut ini padanya. Bisa juga buat kamu yang ingin bertukar kata dengan kekasih.

26. "Onone roso jalaran songko kulino." (Timbulnya rasa (sayang) itu karena dari kebiasaan)

27. "Ngarep senyuman teko seko wajahmu pas tahun baru teko." (Berharap senyum hadir di wajahmu saat tahun baru datang)

28. "Ayo dongo lan guyu bareng kanggo menyongsong ganti ne tahun isuk sek luweh apik." (Mari berdoa dan saling tersenyum bersama untuk menyongsong pergantian tahun yang memukau)

29. "Mulo ing tahun 2020 iki, ayo diubah diapikno. Omongane kelakuane dijogo, ora usah ngarep ngarep mantan dadi rondo. Iklasne wae dekne dadi duwene wong liyo." (Maka pada tahun 2020 ini, ayo semua diubah dibaguskan. Bicaranya, kelakuannya dijaga, tidak perlu mengharapkan mantan jadi janda. Ikhlaskan saja dia bersama orang lain)

30. "Ndang golek liyane. Sing luih apik, luih bening luih mulyo. Sugeng tahun anyar yo konco." (Segera cari lainnya. Yang lebih baik, lebih cantik dan lebih bahagia. Selamat tahun baru ya teman)

31. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg." (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti)

32. "Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo maneh seng gak duwe." (Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang nggak punya)

33. "Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)

34. "Sak umpamane koe iso ngrasakke kepriye rasane dadi awakku pasti koe ora bakal ngerti opo rasane, sakit lan kecewa." (Misalkan kamu bisa merasakan bagaimana rasanya jadi diriku pasti kamu nggak bakal ngerti apa rasanya, sakit dan kecewa)

35. "Pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe luwih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu." (Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama)

36. "Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin yo rasane perih." (Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu rasanya ya perih)

37. "Pacaran kui ra usah diumbar-umbar, sing penting undangan teko-teko kesebar." (Pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang penting tiba-tiba menyebar undangan)

38. "Cukup nyawang koe sing ta sayang, kangen iki langsung ilang." (Cukup melihat kamu yang aku sayang, rindu ini sudah langsung hilang)

39. "Dipikir lara, dirasake yo malah lara, loro tambah loro sama dengan papat." (Dipikir sakit, dirasakan jadi tambah sakit. Dua tambah dua sama dengan empat)

40. "Kembang api membuncah neng duwur langit nyambut tahun anyar 2020. Wilujeng enggal taon sederek rencang." (Kembang api sudah bersinar di atas langit menyambut Tahun Baru 2020. Selamat tahun baru kawan semua)