Brilio.net - Dzikir adalah salah satu bentu ibadah yang mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan mengucap kalimat dzikir, menjadi cara untuk mengingat Allah SWT dan segala keberkahan yang sudah diberikan.

Selain itu, berdzikir juga jadi cara untuk memohon ampun atas kesalahan yang sudah diperbuat. Meskipun memiliki kalimat yang pendek, namun dzikir memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah ketenangan. Dengan hati yang tenang, hidup akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Ada banyak jenis bacaan dzikir yang bisa dilafalkan. Masing-masing memiliki arti dan keutamaannya sendiri. Biasanya, dzikir dibaca sesudah menjalankan sholat agar menyempurnakan doa-doa. Namun dzikir juga bisa dibaca saat kamu senggang agar setiap waktu yang terlewati menjadi lebih berharga.

Selain itu perlu diketahui juga, ada beberapa dzikir yang mempunyai nilai keutamaan tinggi di hadapan Allah SWT. Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (30/4), berikut 4 macam dzikir singkat yang punya nilai keutamaan tinggi.

-

Dzikir yang memiliki nilai keutamaan tinggi.

dzikir singkat yang punya nilai keutamaan tinggi © freepik.com

foto: freepik.com

 

Memanjatkan dzikir sudah semestinya menjadi kegiatan yang lekat dengan kehidupan umat muslim. Dengan melafalkan dzikir kamu menjadi wujud untuk mengingat kebaikan yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Bahkan dalam surat Al-Baqarah dijelaskan anjuran untuk berdzikir, Allah berfirman:

"Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu" (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Selain itu, dalam berdzikir kamu juga bisa menambahkan beberapa bacaan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Allah SWT. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits nabi yang berbunyi:

"Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘Ucapan yang paling dicintai oleh Allah ada empat hal yaitu, subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. Keempat kalimat ini boleh dimulai sesuai yang ia kehendaki." (HR. Imam Muslim).

Keempat bacaan dzikir tersebut dijelaskan menjadi kalimat yang dicintai oleh Allah SWT. Lafalkan kalimat tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar semakin mendekatkan hati kepada Allah. Dilansir brilio.net dari dari Islami.co, menurut Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa keempat dzikir ini yaitu subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar menyimpan ajaran tauhid dan bentuk pujian dan ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Jika dilihat dari masing-masing kalimat, bacaan dzikir tersebut memiliki arti tersendiri. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

1. "Subhanallah"

Artinya:
Maha Suci Allah

 

2. "Wal hamdulillah"

Artinya:
Segala puji bagi Allah.

 

3. "Wa la ilaha illallah"

Artinya:
Tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah.

 

4. "Allahu akbar"

Artinya:
Allah Maha Besar.

-

Keutamaan berdzikir.

dzikir singkat yang punya nilai keutamaan tinggi © freepik.com

foto: freepik.com

 

Dalam melafalkan dzikir, ada beberapa keutamaan yang bisa dirasakan. Hal ini bermanfaat untuk kehidupanmu di dunia maupun di akhirat. Berikut penjelasan selengkapnya.


1. Tercukupi segala sesuatu.
Dengan berdzikir, maka segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang muslim akan tercukupi. Allah akan memenuhi atas segala yang umatnya butuhkan entah dalam wujud atau apapun juga yang bahkan terkadang tidak disadari.


2. Menjadi surga.
Dari Syaddad bin Aus RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir maka ia akan menjadi penghuni surga.


3. Diridhoi oleh Allah.
Dalam sebuah riwayat, dzikir yang senantiasa dilantunkan baik pagi, siang, maupun malam hari menjadikan seseorang mendapat ridho Allah di hari kiamat nanti. Dengan ridha Allah, artinya dosa seorang muslim akan terampuni serta dimudahkan jalannya menuju surga.


4. Mendapat predikat orang terbaik di hari kiamat.
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu." (HR. Muslim)


5. Diberi kebaikan berkali lipat.
Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i dari hadist Abu Ayyub Al-Abshari RA, bahwa Rasulullah menyebutkan apabila seseorang membaca dzikir berikut sebanyak 10 kali:

Laailaaha Illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahulmulku walahul hamdu wahuwa alakulli saiin qadir

Artinya:
"Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu."