Brilio.net - Rasulullah memang menjadi panutan baik untuk seluruh umat muslim, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan kecil bernilai luar biasa yang dilakukan oleh Rasulullah. Amalan kecil yang dilakukan beliau memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan umat muslim, serta meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

foto: freepik.com

 

 

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad yang patut dicontoh adalah kebiasaan sebelum tidur, akan membuat tubuh lebih bugar saat bangun. Bagi seorang muslim, alangkah baiknya menyerahkan diri dengan pasrah yang tulus pada Allah SWT menjelang tidur. Sesuai dalam penggalan kitab suci Alquran yang artinya:

"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat," (An-Naba' ayat 9).

Rasulullah selalu melaksanakan beberapa hal seperti berdoa, dzikir dan lainnya. Tujuannya adalah agar tidur lebih nyenyak, dilindungi Allah dari segala macam marabahaya dan keesokan harinya bisa memiliki energi positif untuk beraktivitas seperti biasanya.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

foto: freepik.com

 

Berikut dzikir menjelang tidur:

1. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Hal ini sesuai dengan HR. Al-Bukhari bersama Fathul Baarii 9/62 dan Muslim 4/1723).

2. Membaca ayat kursi, seperti yang disampaikan HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 4/487 "Barang siapa yang membacanya ketika dia merebahkan dirinya di tempat tidurnya maka sesungguhnya akan senantiasa ada baginya dari sisi Allah yang akan menjaganya dan setan tidak akan mendekatinya sampai Subuh."

3. Membaca surat Al-Baqarah.
"Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan." (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808).

4. Rasulullah SAW bersabda:

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

"Apabila salah seorang dari kalian bangkit dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi maka kibaslah atau bersihkanlah tempat tidurnya tersebut dengan ujung kain/sarungnya tiga kali dan sebutlah nama Allah. Karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang menggantinya setelah dia meninggalkannya. Dan apabila dia berbaring (hendak tidur) maka ucapkanlah:

 

5. Membaca:

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau telah menciptakan jiwaku (ruhku) dan Engkaulah yang mewafatkannya. Milik Engkaulah mati dan hidupnya. Jika Engkau menghidupkannya maka jagalah dia dan jika Engkau mematikannya maka ampunilah dia. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu keselamatan." (HR. Muslim 4/2083 dan Ahmad 2/79, dan lafazh hadits ini miliknya).

 

6. Membaca doa tidur.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

"Dengan nama-Mu, Ya Allah, aku mati dan aku hidup." (HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 11/113 dan Muslim 4/2083).

 

8. Membaca Subhaanallaah sebanyak 33 kali, Alhamdulillah 33 kali dan Allaahu Akbar 34 kali. Bacaan ini akan membuat hati lebih tenang, sesuai dengan firman Allah,

"Ala bidzikrillahi tathmainnul qulub (hanya dengan mengingati Allah, hati menjadi tenteram)." (Ar-Ra"du ayat 28).

-

Doa bangun tidur.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com


Artinya:
"Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati/tidur kami, dan kepada-Nya kami kembali."

 

Doa terkejut bangun dari tidur.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

Artinya:
"Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari gangguan setan dan dari kehadiran mereka." (HR. Abu Daud dan Tir-middzi).

 

Doa ketika duduk setelah tidur.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

Artinya:
"Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi." (HR. Abu Daud).

 

Doa susah tidur karena banyak pikiran.

Setiap hari menjalani hidup, tentu membuatmu banyak pikiran. Saking pusingnya memikirkan masalah, kamu jadi susah tidur. Pada kondisi seperti ini kamu dianjurkan membaca doa. Syeikh Muhyiddin Abu Zakaria bin Yahya bin Syaraf An Nawawi atau Imam Nawawi Ad Dimasyqi dalam kitabnya Al Adzkar Al Muntakhabah min Kalaami Sayyid Al Abrar.

Doa dzikir menjelang tidur sesuai sunnah freepik.com

"Allahumma gharatin nujumu wa hada'atil 'uyunu wa anta hayyun qayyumun la ta'khudzuka sinatun wa la naumun ya hayyu ya qayyumu ahdi' laili wa anim 'ain'. A'udzu bikalimatillahi at-tammati min ghadlabihi wa min syarri 'ibadihi wa min hamazatisy syayathiini wa an yahdluruni"

Artinya:
" Ya Allah, telah terbenam semua bintang, dan tidak berkedip semau mata, dan Engkaulah Dzat yang hidup lagi berdiri Sendiri, tidak akan mengenaiMu rasa kantuk dan tidak pula tidur. Wahai Dzat yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku ini serta tidurkanlah mataku. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, dari kejelekan hamba-hamba-Nya, dari tipu daya setan dan dari kehadirannya."