Brilio.net - Muhammad Ali merupakan sosok petinju kelas dunia yang legendaris dan menorehkan berbagai prestasi. Keberhasilan yang dicapainya tentu saja tidaklah mudah, ia harus bekerja dengan keras dan latihan terus-menerus untuk memenangkan pertandingan di dalam ring.

Sepanjang kariernya, Muhammad Ali menorehkan rekor yang penting, yakni Most Expensive Boxing Memorabilia dan The Guinness World record for the Most Heavyweight World Title Recaptures. Pria kelahiran Kentucky, Amerika Serikat pada 17 Januari 1942 ini tak hanya menjadi juara di dalam ring tinju saja, tetapi kehidupannya juga mampu menginspirasi banyak orang.

Muhammad Ali yang memiliki nama lahir Cassius Marcellus Clay, Jr ini kerap mengungkapkan kata-kata bijak yang terinspirasi dari kerasnya kehidupan dunia tinju. Meskipun identik dengan dunia tinju, kata-kata bijak yang diungkapkan Muhammad Ali dapat menjadi pembelajaran karena penuh makna, khususnya tentang kehidupan.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/6), inilah kata-kata bijak dari Muhammad Ali tentang kehidupan yang penuh makna dan inspiratif.

1. "Jangan menghitung hari, buatlah hari-harimu berharga."

2. "Dia yang tidak cukup berani untuk mengambil risiko tidak akan mencapai apa pun dalam hidup."

3. "Saya membenci setiap menit dari latihan yang dijalani, tetapi saya berkata, 'Jangan berhenti. Menderita sekarang dan jalani sisa hidupmu sebagai seorang juara'."

4. "'Tidak mungkin' itu hanya sementara, 'tidak mungkin' itu tidak ada."

5. "Mustahil hanyalah kata besar yang dilontarkan oleh orang-orang kecil yang merasa lebih mudah untuk hidup di dunia yang telah diberikan kepada mereka daripada menjelajahi kekuatan yang mereka miliki untuk mengubahnya."

6. "Kurangnya keyakinan yang membuat orang takut menghadapi tantangan, dan saya percaya pada diri saya sendiri."

7. "Jika pikiran saya dapat membayangkannya, dan hati saya dapat mempercayainya—maka saya dapat mencapainya."

8. "Apa yang kamu pikirkan adalah sesuatu yang dapat menjadi kenyataan."

9. "Sesuatu yang membuatku terus berjalan yakni memiliki tujuan."

10. "Usia adalah apa pun yang Anda pikirkan. Anda setua yang Anda pikirkan."

11. "Hidup adalah sesuatu yang tak pasti. Kamu bisa terluka, ada orang yang meninggal dalam kecelakaan pesawat, kehilangan tangan dan kaki mereka dalam kecelakaan mobil; orang meninggal setiap harinya. Sama dengan pejuang, ada beberapa yang meninggal, terluka, namun ada yang melanjutkan perjuangannya. Hanya kamu yang bisa untuk tidak membiarkan dirimu mempercayai bahwa hal-hal buruk itu akan terjadi."

12. "Saya tahu ke mana saya akan pergi dan saya tahu yang sebenarnya, dan saya tidak harus menjadi apa yang Anda inginkan. Saya bebas menjadi apa yang saya inginkan."

13. "Saya berharap orang-orang akan mencintai orang lain seperti mereka mencintai saya. Itu akan menjadi dunia yang lebih baik."

14. "Persahabatan bukanlah sesuatu yang Anda pelajari di sekolah. Tetapi jika Anda belum belajar arti persahabatan, Anda benar-benar belum belajar apa-apa."

15. "Persahabatan adalah hadiah tak ternilai yang tidak dapat dibeli atau dijual, tetapi nilainya jauh lebih besar daripada gunung yang terbuat dari emas."

16. "Ketika memiliki rasa cinta, kasih sayang, dan perasaan hati lainnya, saya merasa kaya."

17. "Saya adalah orang biasa yang bekerja keras untuk mengembangkan bakat yang diberikan kepada saya. Saya percaya pada diri saya sendiri, dan saya percaya pada kebaikan orang lain."

18. "Kekayaan saya ada dalam pengetahuan saya tentang diri sendiri, cinta, dan spiritualitas."

19. "Saya telah melakukan banyak kesalahan di sepanjang jalan, tetapi jika saya telah mengubah bahkan satu kehidupan menjadi lebih baik, maka saya tidak hidup sia-sia."

20. "Istirahatlah, tapi jangan pernah berhenti. Bahkan matahari pun tenggelam di setiap malam, tapi selalu terbit keesokan paginya."

21. "Saya mencoba belajar sebanyak yang saya bisa karena saya tidak tahu apa-apa dibandingkan dengan apa yang perlu saya ketahui."

22. "Cara terbaik untuk mewujudkan mimpimu adalah dengan bangun."

23. "Jika impian Anda tidak membuat Anda takut, mimpi itu belum cukup besar."

24. "Orang yang benar-benar hebat dalam sejarah tidak pernah ingin menjadi hebat untuk diri mereka sendiri. Yang mereka inginkan hanyalah kesempatan untuk berbuat baik bagi orang lain dan dekat dengan Tuhan."

25. "Bukanlah pegunungan di hadapan Anda yang membuat Anda menyerah untuk memanjat. Tetapi kerikil di sepatu Anda itu lah yang menyebabkan demikian."

26. "Jalanilah setiap hari seolah-olah itu adalah hari terakhirmu karena pada hari itu kamu akan melakukan sesuatu dengan baik."

27. "Diam adalah emas ketika kamu tidak bisa memikirkan jawaban yang baik."

28. "Sungai, kolam, danau dan sungai, semuanya memiliki nama berbeda, tetapi semuanya itu mengandung air. Seperti halnya agama, semuanya mengandung kebenaran."

29. "Membenci seseorang karena warna kulitnya itu salah. Tidak peduli warna kulit apa yang kamu benci, itu betul-betul kesalahan."

30. "Hanya seseorang yang tahu bagaimana rasanya kalah hingga mencapai ke titik terendahnya, kemudian ia kembali dengan kerja keras lebih banyak untuk mencapai kemenangan."