Brilio.net - Muhammad Ali adalah salah satu tokoh dunia dalam bidang olahraga. Mantan petinju profesional asal Amerika Serikat ini termasuk dalam salah satu yang menonjol dan terkenal di abad 20. Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr, ia memutuskan untuk menjadi seorang muslim dan mengubah nama menjadi Muhammad Ali.

Sejak awal kemunculannya, Ali dikenal sebagai sosok yang inspiratif. Ia juga memberikan pengaruh besar baik saat di dalam maupun di luar ring.

Pria kelahiran 17 Januari 1942 itu sudah menekuni dunia tinju sejak berusia 12 tahun. Kegigihannya dalam berlatih, mengantarkan Ali menjadi juara Heavyweight World Championship saat berusia 22 tahun.

Ali menjadi satu-satunya juara dunia kelas berat sebanyak tiga kali. Ia berhasil merebut gelar itu pada tahun 1964, 1974, dan 1978. Ali juga dinobatkan sebagai Juara Dunia Tinju Kelas Berat di tahun 1964. Gelar "The Greatest" juga dijuluki untuk Ali pada tahun 1999. Berbagai penganugerahan juga ia dapatkan selama masa hidupnya.

Kesuksesan Ali tidak hanya dalam dunia ring. Ia juga sempat memberikan pesan kebanggaan ras untuk Afrika-Amerika dan juga perlawanan terhadap dominasi putih di tahun 1960-an. Hal tersebut semakin membuktikan kepedulian Ali terhadap sesamanya.

Loading...

Muhammad Ali menghembuskan nafas terakhir pada 3 Juni 2016. Ia dikenang dengan kebaikan dan sikap bijaknya. Banyak kalimat-kalimatnya yang kerap memberikan inspirasi. Seperti apa saja quotes bijak Muhammad Ali? Simak ulasan brilio.net, Kamis (13/2) dari berbagai sumber ini.

1. "Usia tua hanyalah catatan dalam seluruh kehidupan seseorang."

2. "Saya tidak harus menjadi apa yang Anda inginkan."

3. "Satu-satunya kesalahan saya adalah bahwa saya tidak menyadari betapa hebatnya saya sebenarnya."

4. "Akulah yang terhebat. Telah aku katakan bahkan sebelum aku tahu sebelumnya."

5. "Seorang pria yang memandang dunia pada usia lima puluh seperti yang dilakukannya ada usia dua puluh tahun telah menyia-nyiakan tiga puluh tahun hidupnya."

6. "Saya benci setiap menit latihan, tetapi saya berkata, 'Jangan berhenti. Menderita sekarang dan menjalani sisa hidupmu sebagai juara'."

7. "Prinsip saya lebih penting dari pada uang atau gelar saya."

8. "Pria yang tidak memiliki imajinasi tidak memiliki sayap."

9. "Jika kau bahkan pernah bermimpi untuk mengalahkanku, lebih baik kau bangun dan meminta maaf."

10. "Persahabatan bukanlah sesuatu yang Anda pelajari di sekolah."

Quote Muhammad Ali © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@muhammadali

11. "Dia yang tidak cukup berani untuk mengambil risiko tidak akan menyelesaikan apapun dalam hidup."

12. "Tidak ada kesenangan dalam pertarungan, tetapi beberapa pertarunganku telah menjadi kesenangan untuk menang."

13. "Pelayanan kepada orang lain adalah sewa yang Anda bayar untuk kamar Anda di bumi ini."

14. "Usia adalah apapun yang kamu pikirkan."

15. "Aku berharap orang-orang akan mencintai setiap orang seperti halnya mereka mencintai saya, dan hal itu akan membuat dunia menjadi lebih baik."

16. "Hanya orang yang tahu bagaimana rasanya dikalahkan yang bisa mencapai titik terbawah dalam jiwanya, dan bangkit kembali dengan kekuatan tambahan yang dibutuhkan untuk menang."

17. "Untuk dapat memberikan kekayaan adalah wajib jika kamu ingin memiliki mereka. Inilah satu-satunya cara yang akan menjadikan kamu benar-benar kaya."

18. "Aku ingin menggunakan kepopuleranku dan wajah ini yang banyak dikenali orang untuk membantu dan menginspirasi banyak orang di seluruh dunia."

19. "Aku tidak pernah memikirkan tentang kegagalan, tapi saat ini itu terjadi, satu hal yang dapat dilakukan adalah melakukannya dengan baik. Itu kewajibanku untuk orang-orang yang percaya kepadaku."

20. "Kita semua mengalami kegagalan dalam hidup."

Quote Muhammad Ali © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@muhammadali

21. "Yang membuatku untuk terus bergerak adalah tujuanku."

22. "Diam itu emas ketika kamu tidak memiliki jawaban yang bagus."

23. "Sangatlah sulit menjadi rendah hati, ketika kamu menjadi sehebat saya."

24. "Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan; dan saya percaya pada diri saya sendiri."

25. "Aku harus membuktikan bahwa aku bisa menjadi orang kulit hitam yang baru. Aku harus membuktikan kepada dunia."

26. "Di rumah, aku adalah pria yang baik. Tapi aku tidak ingin dunia tahu. Aku sudah menemukan, orang rendah hati tidak terlalu jauh berbeda."

27. "Ketika kamu dapat mencambuki setiap orang di dunia ini, maka kamu tidak akan pernah tahu arti damai."

28. "Kita mempunyai satu kali kehidupan, dan akan segera menjadi masa lalu. Apa yang kita lakukan untuk Tuhan adalah apa yang akan bertahan selamanya."

29. "Aku adalah seorang manusia biasa yang bekerja keras untuk mengembangkan talenta yang diberikan kepadaku. Aku percaya pada diriku sendiri dan aku percaya pada kebaikan orang lain."

30. "Superman tidak perlu sabuk pengaman."

Quote Muhammad Ali © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@muhammadali

31. "Ini adalah pengulangan dalam afirmasi diri yang mengarah pada keyakinan. Dan ketika keyakinan tersebut menjadi keyakinan yang mendalam, hal-hal mulai terjadi."

32. "Caraku bergurau adalah mengatakan yang sebenarnya. Karena itu adalah lelucon yang paling lucu di dunia."

33. "Persahabatan adalah hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Ini bukan sesuatu yang kau pelajari di sekolah. Tapi jika kau belum belajar arti persahabatan, kau benar-benar tidak belajar apa-apa."

34. "Membenci seseorang karena warna kulitnya itu salah. Tidak peduli warna kulit apa yang kamu benci, itu betul-betul kesalahan."

35. "Aku tahu kemana aku pergi dan aku tahu yang benar, dan aku tidak harus menjadi apa yang kamu inginkan. Aku bebas menjadi apa yang yang aku mau."

36. "Kamu tidak bisa fokus pada pertandingan ketika kamu memikirkan seorang wanita. Kamu tidak bisa berkonsentrasi. Kamu seperti tertidur selamanya."

37. "Bukanlah pegunungan di hadapan Anda yang membuat Anda menyerah untuk memanjat. Tetapi kerikil di sepatu Anda itu lah yang menyebabkan demikian."

38. "Hanya seseorang yang mengerti bagaimana rasanya gagal yang bisa mendalami jiwanya yang terdalam dan keluar dengan kekuatan yang lebih untuk menang ketika pertarungannya seimbang."

39. "Terbanglah seperti kupu-kupu dan menyengat bagai lebah."