Brilio.net - Serial unggulan Netflix yakni Squid Game juga meraih kepopuleran di Indonesia. Serial dari Korea Selatan ini menghadirkan permainan tradisional yang dalam kisahnya diubah menjadi permainan bertahan hidup.

Namun untuk kamu yang sudah menyaksikan serial tersebut, pasti tak asing kan dengan sejumlah permainan yang ada. Nah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) menghadirkan Squid Game dengan versi kearifan lokal.

Dilansir brilio.net dari Instagram @pesonaid_travel, akun resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia pada Selasa (5/10), setidaknya ada tiga permainan tradisional Indonesia yang terasa mirip dengan Squid Game.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pesona Indonesia (@pesonaid_travel)

1. Tak Jongkok - Lampu Merah, Lampu Hijau.

Aturan permainan Tak Jongkok dengan Lampu Merah, Lampu Hijau juga hampir mirip nih. Pada permainan Tak Jongkok, para peserta harus dalam posisi jongkok saat satu orang berjaga, dan boleh berlari jika penjaga melanjutkan hitungannya.

2. Kelereng - Lubang Tanah.

Di permainan kelereng khas Indonesia, peserta juga harus membuat lubang di tanah, baru kemudian membidik kelereng masuk ke dalamnya.

3. Gobak Sodor - Squid Game.

Permainan Squid Game sendiri memang terlihat tak jauh beda dengan Gobak Sodor. Permainan ini biasanya dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 3 hingga 5 orang di lapangan yang dibagi menjadi 6 bagian. Anggota tim yang harus berjaga akan menyodorkan tangannya untuk menyentuh pihak lawan yang mencoba melewati garis.

Lebih lanjut, warganet menyebutkan permainan tarik tambang dalam Squid Game yang juga ada di Indonesia.

"Tarik tambang belummm," ujar akun gantitopik yang dibalas akun pesonaid_travel, "@gantitopik ini juga seru! asal jangan tarik ulur perasaan aja ya, Sob!"

Kira-kira, permainan mana yang pernah Sobat Brilio mainkan?

(brl/tin)