Brilio.net - Indonesia sejak dulu sudah punya beragam budaya di seluruh pulau dan kota-kotanya. Misalnya saja tarian yang juga sejak masa lampau sudah melahirkan banyak penari hebat di daerahnya masing-masing.

Berbicara soal penari, pernahkah kamu melihat para penari wanita Indonesia zaman dulu? Apakah bajunya masih sama? Atau malah para penari zaman dulu terlihat lebih cantik?

Nah, kali ini brilio.net bakal tunjukkan ke kamu semuanya belasan foto langka yang mengabadikan para penarik cantik di Pulau Dewata era 1900 sampai sekitar 1930an. Jadul banget dan semua fotonya jelas masih hitam putih alias vintage!

Sekadar diketahui, tari Bali juga sangat banyak macam jenisnya. Seperti misalnya Tari Pendet, Tari Barong, Tari Gambuh, Tari Legong, Tari Kecak, Tari Topeng dan masih banyak lainnya. Semuanya rata-rata dikuasai banyak wanita di Bali pada zaman dulu.

Penasaran? Berikut 15 fotonya seperti dihimpun semuanya dari pinterest. Pesona kecantikannya masih alami banget!

Loading...

1. Tari Bali dapat dikategorikan menjadi tiga jenis. Ada Wali (sakral), Bebali (upacara) dan Balih-balihan (hiburan).

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/geheugenvannederland.nl (Dancers from Bali, Indonesia 1936)

2. Tuh, cantiknya alami kan?

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/delcampe.net

3. Tiga penari utama wanita diiringi beberapa penari pria.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/filckr (Village Gamelan and Dancers, Bali, 1961)

4. Lagi nggak nari nih.. Duduk santai dulu.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/geheugenvannederland.nl (Bali 1947)

5. Cuma dari foto aja pesonanya udah terpancar banget, ya?

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/W.G. Hofker

6. Penari di Bali juga terkenal selalu memakai aksesori mahkota di kepala.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/sisterwolf.tumblr.com (Balinese Dancer 1920)

7. Cakep!

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/odi pipit baim ahmed

8. Selain penarinya, angle foto ini juga emang keren abis.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/jenggala.com (Balinese dancers by Horace Bristol)

9. Sorot matanya serius banget.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/E.O. Hoppé (Dancing Girl, Bali, 1930)

10. Ada juga kostum yang memakai 'daleman', agar kedua lengannya tertutup.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/old-indische.blogspot.com (Indonesia, Bali ~ Legong Dancer ~ Bali ~ Indonesia ~ 1920s)

11. Ada yang masih kecil juga tuh..

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest (Bali Garden House)

12. Ibu dan anak atau kakak-adik? Ada yang bisa tebak?

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest/old-indische.com (Bali - ca.1910, Series of Balinese Woman)

13. Vintage abis nih, warna fotonya.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest (Indonesia-BALI-Legong-Dancer-Native-Girl-1920s-RPPC)

14. Tariannya juga ada yang memakai aksesori busur komplet dengan anak panahnya.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest (Author Philip Hanson Hiss. Bali)

15. Kalau yang ini dalam keterangan sumber fotonya mereka sedang menarikan Tari Legong.

15 Foto penari Bali jadul © 2017 brilio.net

foto: pinterest (Underground PFV Uitgeverij)