Brilio.net - Era digital saat ini sangat terbuka bagi orang-orang yang ingin memfaatkan peluang bisnis online shop. Bahkan kini bisnis online shop sudah menjamur di semua kalangan dan bidang usaha. Ya, kecanggihan teknologi dan internet memunculkan dunia virtual yang mendorong perkembangan bisnis semakin cepat dan mudah untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu kembangkan. Salah satunya bisnis online shop yang tentunya lebih efektif dibandingkan dengan bisnis offline. Dengan bisnis online kita hanya membutuhkan wadah untuk menampung ide untuk produk bisnis dalam sebuah website online. Namun nggak hanya sekadar website saja, perlu sebuah pembeda agar branding kita dikenal publik secara luas.

Biasanya pebisnis online shop yang sukses memiliki cara atau strategi agar penjualan selalu meningkat setiap harinya. Mereka juga mengambil peran konsumen agar proses bisnisnya cepat berkembang. Terkadang dibutuhkan cara khusus untuk mempertahankan dan menargetkan minat pelanggan yang loyal terhadap produk kita.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber tentang cara sukses bisnis online shop, simpel, mudah dan efektif, Jumat (27/9).

1. Desain website yang menarik.

Loading...

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Dalam dunia bisnis online shop, website menjadi faktor yang penting. Ini berkaitan dengan visual desain website yang menarik, akan mendorong kesuksesan bisnis tersebut. Untuk memiliki website online shop yang menarik dapat mengeluarkan sedikit biaya untuk desainer web.

Namun hal ini akan sebanding ketika penampilan visual itu mendorong orang untuk mengunjungui web kamu. Atau bisa memilih alternatif menggunakan website template, menyesuaikan kebutuhan bisnis. Elemen desain harus memikat perhatian pengunjung, gunakan gambar-gambar menarik yang lebar dan kurangi penggunaan teks yang panjang.

2. Bermitra dengan pemilik bisnis lain.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Kebanyakan pembeli atau konsumen, akan membeli sebuah produk ke online shop yang sudah memiliki brand terkenal. Kamu bisa bermitra dengan pemilik bisnis online shop lain yang sudah berkembang.

Hal ini agar bisnis kamu dapat cepat dikenal konsumen. Semakin banyak menjalin mitra, semakin cepat pula bisnis akan sukses. Karena itu mambangun kepercayaan pembeli terhadap online shop kamu.

3. Layanan customer yang baik.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Jenis layanan yang paling konkret adalah bisnis online shop dengan fitur layanancustomer secara online 24 jam atau live chat. Cara ini dapat meningkatkan proses kemajuan bisnis kamu.

Contohnya saja banyak online shop yang menawarkan obrolan langsung kepada pelanggan, sehingga pelanggan yang penasaran terhadap produk dapat kangung bertanya. Pengusahan harus memiliki fitur obrolan yang mudah diakses untuk layanan kepada pelangggan.

4. Menawarkan berbagai opsi pembayaran.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Cara mudah dan efektif dalam bisnis online shop salah satunya menawarkan berbagai pilihan pembayaran. Seperti transfer melalui rekening bank lokal hingga penggunaan uang virtual atau online.

Tawarkan berbagai pilihan pembayaran populer sehingga setiap konsumen dapat dengan mudah melakukan pembelian di online shop kamu. Pilihan pembayaran yang populer untuk pelanggan membuat mereka selalu dapat melakukan pembelian dengan mudah. Banyak jasa pembayaran online untuk para pemilik online shop seperti Ovo dan PayPal.

5. Beriklan di media sosial.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: Unsplash

Hampir semua orang saat ini memiliki akun media sosial. Beriklan di media sosial adalah cara ampuh, mudah dan efektif untuk terhubung dengan banyak pelanggan. Pastinya kamu dapat menyasar para pelanggan yang potensial dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Beriklan media sosial yang gratis seperti di facebook, maupun di Instagram.

Kamu juga bisa melacak menggunakan Google Analitics, untuk mengetahui media sosial yang paling banyak digunakan. Cobalah membuat konten iklan yang kreatif yang menggambarkan kebutuhan pembeli dalam iklan kamu.

6. Buat blog, isi dengan informasi SEO.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: Unsplash

Aktif dalam blog juga menjadi peluang untuk aktifitas pemberian informasi bisnis online shop kamu. Unggah informasi dengan kata kunci SEO (search engine optimization) yang bermanfaat bagi konsumen. Ini adalah cara efektif jika blog online shop kamu ingin muncul di peringkat tertinggi dalam mesin pencari.

Sebagai batu loncatan posting blog dengan kata kunci yang paling baik untuk mendorong konsumen untuk mengunjungi situs kamu. Sehingga kamu akan mendapatkan informasi strategi untuk memenuhi kebutuhan dan strategi pembeli.

7. Bangun kepercayaan pembeli.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Ulasan dan peringkat produk kamu akan meningkatkan kepercayaan kamu. Pembeli online tidak akan bertemu dengn penjual secara langsung, sehingga mereka bergantung pada umpan balik pembeli lain untuk menilai pedagang. Ulasan dan peringkat itu menunjukkan dengan cepat pendapat pelanggan lain tentang produk kamu.

Semakin banyak ulasan atau testimoni akan semakin meyakinkan. Jangan minta pembeli membeikan ulasan setelah membeli, karena pelanggan yang puas mereka akan meninggalkan ulasan yang baik-baik dan pengalaman positif tanpa diminta. Kamu bisa melakukan trik dengan menawarkan diskon kecil bagi konsumen yang telah membeli dan memberikan ulasan atau umpan balik.

8. Mengoptimalkan website agar mudah diakses smartphone.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Dengan meningkatnya penggunaan smart phone untuk belanja online, pebisnis harus memastikan desain situsnya ramah seluler. Sehingga pembeli dapat melakukan pembelian dengan berbagai perangkat yang mereka gunakan.

Pilih desain vertikal daripada horisontal untuk lebih mudah melihat konten produk kamu di layar ponsel. Jika website tidak dapat diakses melalui handpone maka pelanggan sebagian akan beralih ke online shop lain.

9. Lacak analytics.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: Unsplash

Jika ingin meningkatkan strategi perutumbuhan bisnis, kamu harus selalu memantau kemajuannya. Kini bisa dengan mudah menggunakan Google Analytics, yang dapat memberikn informasi presentasi penjualan produk, jumlah kunjungan situs, dan sebagainya. Lacak terus grafik penjualan sehingga dapat menambah wawasan jangka panjang cara menarik pelanggan untuk lebih banyak melakukan pembelian.

10. Menawarkan pengiriman gratis.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Seperti kita tahu kini sudah banyak online shop yang menawarkan layanan pengiriman gratis. Karena biaya tambahan pengiriman biasanya mengurangi minat pembeli untuk melakukan checkout belanja.

Penjual yang mampu menawarkan pengiriman gratis dapat menurunkan biaya keseluruhan biaya untuk pembeli. Sebagai penjual kamu dapat berkerja sama dengan jasa pelayanan yang mengadakan promo pelayanan gratis kirim.

11. Mencermati produk pesaing.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Biasanya para pembeli akan menyurvei berbagai toko online sebelum akhirnya membeli. Mereka membandingkan harga terendah dan ulasan tentang produk itu. Untuk membuat pembeli tertarik, pandailah mengidentifikasi online shop yang mirip dengan produk kamu dan bandingkan.

Apakah online shope tersebut menawarkan pengiriman gratis atau hanya opsi berbayar? Cari tahu apa yang membuat pesain lebih untung, sehingga memungkinkan kamu untuk merubah strategi untuk mendapatkan pelanggan.

12. Gunakan foto berkualitas tinggi.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: Unsplash

Manusia merupakan makhluk visul, dalam bisnis online shop gambar-gambar produk menjadi fokus perhatian, dibandingkan dengan informasi teks. Dengan kecenderungan alami terhadap visual, gambar produk memberikan kesan yang kuat dan langsung pada pembeli. Tampilkan foto yang jelas dan beresolusi tinggi sehingga pembeli dapat membayangkan item dan detailnya.

13. Tawarkan diskon.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Pemilik usaha online shop tak perlu khawatir tentang aturan pasar yang bisa mereka tawarkan pada konsumen. Diskon akan selalu menarik perhatian pembeli, kamu bisa membuat paket diskon sekali dalam sebulan.

Caranya mempromosikan dalam beranda website atau mengirimkan email penawaran promosi pada pengunjung situs. Jangan menampilkan pop-up kepada pengunjung situs karena akan membuat kesal dan meninggalkan web tersebut.

14. Berbagi produk di media sosial.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: Unsplash

Pemasaran dari mulut ke mulut di media sosial dapat mendorong pertumbuhan bisnis online kamu. Sharing dan diskusi publik tentang produk kamu di media sosial dapat berfungsi sebagai bukti sosial. Mulailah dengan kampanye dan membagikan produk kamu di berbagai momen sosial sebagai bentuk pemasaran dari mulut ke mulut.

15. Menawarkan kebijakan.

15 Cara sukses bisnis online shop pixabay

foto: pixabay

Salah satu penawaran kebijakan adalah pengembalian biaya dan jaminan uang kembali. Tapi khusus untuk produk yang dibeli pelanggan, tidak sesuai standar dengan yang seharusnya diterima. Pelayanan ini akan membuat pelanggan merasa terjamin, sehingga mengurangi sebagian besar pembeli tidak akan membeli produk online.