Brilio.net - Jika berbicara soal film box office ataupun film terlaris pasti di benak kamu muncul sederet film Hollywood. Namun, siapa sangka bahwa India, negara asal aktor terkenal Shahrukh Khan ini juga tak kalah hebat dengan Hollywood.

Film-film Bollywood pun banyak yang memiliki kualitas yang tak kalah dari Hollywood. Seperti dilansir brilio.net dari Scoopwhoop, Minggu (28/2), berikut 14 rekor dunia yang pernah diraih oleh orang-orang perfilman maupun industri film Bollywood:


1. Sameer Anjan- penulis Lirik paling produktif

foto: scoopwhoop

Setelah menulis setidaknya 3.542 lagu, Sameer Anjan akhirnya memperoleh predikatnya sebagai penulis lirik lagu paling produktif di dunia oleh Guiness World Records pada 15 Desember 2015.

2. Kumar Sanu, Rekaman lagu terbanyak dalam sehari

foto: scoopwhoop

Kumar Sanu membuat rekor ini pada tahun 1993. Tahun itu, Kumar Sanu mencatatkan rekor dengan melakukan rekaman 28 lagu dalam sehari. Lagu-lagunya yang sempat populer di tahun 90an antara lain Tujhe Dekha To (Dilwale Dulhania Le Jayenge), Do Di Mil Rahe Hain.

3. Asha Bhosle, Penyanyi paling produktif dalam sejarah musik

foto: scoopwhoop

Ashla Bhosle telah mencatat sebanyak 11.000 lagu yang dia bawakan. Entah itu solo, duet maupun secara paduan suara. Asha mendapatkan rekor dunia ini ditahun 2011 lalu. lagu-lagu yang telah dia bawakan seperti Dum Maro Dum (Hare Rama Hare Krishna), Piya Tu Ab To Aaja (Bumi) dan Chura Liya Hai Tumne Jo Dil Ko (Yaadon Ki Baaraat).

4. Keluarga Kapoor, marga yang paling banyak terjun di dunia perfilman India

foto: scoopwhoop

sebanyak 24 anggota keluarga Kapoor terlibat dalam berbagai produksi film India. Dimulai dari Prithviraj Kapoor yang terjun ke dunia perfilman pertama kali pada 1929. Selanjutnya kiprahnya diikuti oleh anaknya Raj Kapoor, Shammi Kapoor dan Shashi Kapoor serta anggota keluarganya yang lain. Aktris ternama Kareena Kapoor pun merupakan salah satunya yang masih eksis hingga sekarang.

5. Baahubali, Poster film terbesar

foto: scoopwhoop

Poster untuk film berjudul Baahubali ini memiliki luas 4.793.65 meter persegi.

6. Jagdish Raj, aktor dengan peran yang sama terbanyak

foto: hindustantimes

Jagdish raj, memperoleh penghargaan dari Guiness World Records sebagai aktor dengan peran yang sama terbanyak di dunia. Dia telah  memainkan peran sebagai inspektur polisi dalam 144 film. Beberapa film terkenal Jagdish antara lain: Deewar, Don, Shakti dan Silsila.

7. Kaho Naa pyar Hai, Film yang mendapat paling banyak penghargaan

foto: indianexpress

Di tahun 2002 Guiness World Records menetapkan Kaho Naa Pyar Hai sebagai film yang paling banyak mendapat penghargaan didunia. Setidaknya 92 penghargaan telah berhasil dimenangkan oleh film ini.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT REKOR LEBIH WOW!

2 dari 2 halaman


8. Yaadein , Film Naratif dengan aktor paling sedikit

foto: scoopwhoop

Yaadein merupakan film arahan dan disutradarai oleh Sunil Dutt. Film ini merupakan film dengan satu-satunya aktor yang terlibat di dalamnya, yaitu Nargis Dutt. Wow!

9. Industri Film India sebagai produsen film terbesar setiap tahunnya

foto: screenshoot/brilio

Bukan Hollywood lho Guys, kota produsen film terbesar di dunia, tapi India. Ya, setiap tahunnya di India pling tidak memproduksi 800-1.000 film oleh berbagai rumah produksi. Pada tahun 2009 saja misalnya total ada 1.288 film Bollywood diproduksi, sedangkan di tahun yang sama Hollywood hanya memproduksi sekitar 606 film.

10. Ashok Kumar, Aktor dengan karier terpanjang sebagai pemeran utama

foto: ibnlive

Sejak awal kemunculannya di tahun 1936 dalam film Jeevan Naiya. Ashok Kumar konsisten berapa di dunia perfilman India. Selama 63 tahun Ashok berkarier dan masih sering muncul di beberapa acara TV pada tahun 1980an.

11. PK, film box office Bollywood tertinggi

foto: youtube

Untuk sebuah film Bollywood, PK merupakan film tersukses yang pernah ada. Film yang dibintangi Aamir Khan ini rilis pada Desember 2014 dan memperoleh keuntungan sebesar USD 101.200.000 atau lebih dari Rp 1 triliun.

12. Love and God (Kais AUr Laila), Produksi film terlama

foto: scoopwhoop

Love and God (Kais Aur Laila) yang dirilis tahun 1986 membutuhkan waktu selama 20 tahun untuk menyelesaikan karena berbagai alasan. Aktor utamanya Guru Dutt, bahkan sudah meninggal sebelum film ini rilis.

13. Lalita Pawar, aktris Bollywood dengan karir terpanjang

foto: upcomingupdate

Lalita Pawar, aktris kelahiran tahun 1916 ini pertama kali muncul saat usianya masih 12 tahun. Selama 70 tahun lebih, aktris ini aktif membintangi berbagai judul film. Total ada 700 film yang telah ia bintangi sampai meninggal pada tahun 1998 lalu.

14. Paidi Jairaj, aktor dengan karier terpanjang sebagai pemeran figuran

foto: youtube

Paidi Jairaj memulai debutnya sejak tahun 1929. Dia sudah lebih dari 70 tahun berkarier di dunia perfilman Bollywood. Meski bukan sebagai pemeran utama, kemunculannya di lebih dari 300 judul film patut di apresiasi.