Brilio.net - Bawang merah adalah salah satu bahan masakan yang sering digunakan di berbagai hidangan di seluruh dunia. Selain memberikan rasa yang enak, bawang merah juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, salah satunya yakni bermanfaat untuk bayi.

Bawang merah seringkali menjadi andalan jika bayi terserang flu. Ada beberapa metode tradisional dengan memanfaatkan bawang merah untuk bayi. Lauren Feden dalam bukunya berjudul Natural Baby and Childcare berpendapat, aroma bawang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi terutama ketika flu. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pendapat tersebut.

Secara tradisional, bawang merah yang diletakkan pada telapak kaki bayi bisa mengobati flu secara alami. Menaruh bawang merah di kaki dianggap memiliki efek refleksologi yang dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

Namun, penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Maturitas menyatakan cara ini tidaklah efektif. Kebanyakan pendapat yang mengaitkan efek refleksologi pada bawang merah tidak memiliki dasar ilmiah yang memadai. Meskipun bawang merah memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, beberapa bayi mungkin mengalami reaksi alergi terhadapnya. Jadi, jika bayi mengalami reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, atau sesak napas setelah mengonsumsi bawang merah, segera hentikan pemberian makanan dan hubungi dokter.

Jika bayi kamu tidak memiliki alergi, nggak ada salahnya untuk mencoba bawang merah sebagai obat flu alami. Selain menjadi obat flu alami, ada beberapa manfaat bawang merah untuk bayi. Berikut 11 manfaat bawang merah untuk bayi, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/2).