Brilio.net - Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi saat tidur. Ada beragam peristiwa tak terduga yang sering terjadi dalam mimpi. Setiap macam mimpi tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Bahkan, dalam satu jenis mimpi bisa memiliki banyak arti.

Mimpi merupakan peristiwa menarik yang seolah-olah terjadi dalam kehidupan nyata. Hal ini terjadi pada alam bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya saat tidur. Tak heran, jika saat bermimpi seseorang ikut merasakan emosional seperti rasa takut dan bahagia.

Salah satu mimpi yang membuat seseorang terkejut dan penasaran, yaitu mimpi dilamar. Sebab, dilamar oleh sang pujaan hati menjadi sesuatu yang diimpikan kebanyakan orang, khususnya kaum wanita. Mimpi ini tentu membuat hati menjadi gelisah sekaligus berbunga-bunga.

Banyak orang yang mengira arti dari mimpi tersebut menandakan siap ke jenjang pernikahan. Selain itu, mimpi ini juga memiliki arti bahwa akan ada perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Hal ini bisa dikaitkan dengan suatu hal yang baik atau buruk, tergantung kondisi dan konteks pada mimpi itu sendiri.

Bagi kamu yang pernah mengalami mimpi dilamar dan penasaran akan maknanya, kamu bisa cari literatur arti mimpi yang bisa dijadikan rujukan untuk mencari tafsiran mimpi. Mulai dari menurut primbon Jawa hingga psikolog yang masing-masing punya makna khusus. Berikut brilio.net ulas 11 arti mimpi dilamar menurut primbon dan psikolog, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (16/12).

Arti mimpi dilamar menurut primbon Jawa.

Banyak orang yang kerap menafsirkan arti mimpi lewat primbon Jawa. Pasalnya, kitab ini sudah sejak dulu diyakini sebagai pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan.

Primbon juga merupakan kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta. Lalu apa arti dari mimpi dilamar menurut primbon Jawa? Berikut penjelasannya:

1. Arti mimpi dilamar pacar.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Senang rasanya jika bermimpi dilamar oleh kekasih. Namun, dalam primbon Jawa, mimpi ini justru diartikan sebagai pertanda buruk. Di mana keadaan sulit akan datang di kehidupan si pemimpi. Sehingga, kamu harus berhati-hati pada sekitar jika sempat mengalami hal ini. Tetap berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

2. Arti mimpi dilamar orang tak dikenal.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagaimana rasanya jika dalam mimpi dilamar oleh orang tak dikenal? Tentu akan sangat aneh. Nah, arti mimpi dilamar orang tak dikenal menurut primbon Jawa adalah kamu akan mendapatkan sakit dalam waktu dekat ini.

Untuk itu, selalu jaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang sehat. Sehingga, jika sakit, kamu bisa cepat pulih.

3. Arti mimpi dilamar mantan pacar.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika tak bisa ketemu langsung, mantan bisa saja hadir dalam mimpimu. Arti mimpi ini bisa diartikan bahwa sebenarnya kamu belum bisa melupakan mantan. Tetapi selain itu, mimpi ini juga pertanda bahwa ada yang tidak menyukaimu dan berasal dari lingkungan dekat.

4. Arti mimpi dilamar teman laki-laki.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mimpi tak terduga lainnya yakni bermimpi dilamar oleh teman laki-laki. Menurut primbon, mimpi ini bisa jadi pertanda baik. Kondisi ini menggambarkan bahwa kamu sedang jatuh cinta kepada teman sendiri. Selain itu mimpi ini juga sebagai pertanda jika kamu akan menemukan kebahagiaan dalam kehidupan.

5. Arti mimpi dilamar orang yang dikenal.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kabar baik bisa datang darimana saja, salah satunya mungkin disampaikan lewat mimpi. Misalnya saat bermimpi dilamar orang yang dikenal. Dalam primbon Jawa, mimpi ini bisa diartikan bahwa akan ada orang yang datang dan memberikan kamu kabar baik. Tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua omongan orang dapat dipercaya.

Arti mimpi dilamar menurut psikolog.

Keinginan seorang wanita untuk dilamar oleh kekasihnya, sering kali terbawa hingga ke mimpi. Hal ini membuat para wanita penasaran dan pasti akan mencari tahu apa arti mimpi tersebut. Mimpi ini bisa sebagai pertanda baik dan buruk yang akan terjadi dalam hidup. Berikut ulasan singkatnya, arti mimpi dilamar menurut sudut pandang psikolog:

1. Melambangkan kesiapan untuk menikah.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Arti mimpi dilamar adalah gambaran dari alam bawah sadar kamu yang sedang diliputi oleh kekhawatiran dan harapan. Menurut psikologi, umumnya mimpi ini dialami oleh perempuan yang belum pernah menikah atau belum melangsungkan pernikahan. Selain itu, mimpi ini juga dapat dikatakan sebagai suatu pertanda dari kesiapan energi dan mental yang ada di dalam dirimu.

2. Telah menemukan orang yang tepat.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mimpi ini merupakan tanda dari bawah sadar bahwa pasanganmu merupakan orang yang tepat untukmu. Jika kamu sudah yakin dengannya, hubungan itu layak dibawa ke pelaminan. Ditafsirkan pula bahwa orang yang melamar itu cocok menjadi pendamping sepanjang hidupmu.

3. Pertanda mulai putus asa dengan keadaan.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika kamu merasa cemas dan gelisah saat bermimpi dilamar seseorang, hal itu bisa saja sebagai pertanda buruk pada kehidupan. Konon mimpi ini menjadi pertanda bahwa kamu sudah menyerah dengan keadaan dan masalah yang ada di kehidupanmu saat ini. Untuk itu, sikapi semua hal dengan bijak dan terus berpikir positif.

4. Berusaha mencapai sebuah target.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selanjutnya, arti mimpi dilamar juga dapat menjadi bentuk dari kebutuhan rohani yang ada pada dirimu. Saat semangat menurun dalam mencapai sebuah target, pikiranmu mencoba menciptakan seseorang yang mampu menghibur dalam mimpi. Ada kemungkinan, kamu sedang di kondisi melelahkan ketika bermimpi hal ini.

5. Akan ada peluang baru dalam hidup.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Arti mimpi dilamar tidak selalu dikaitkan dengan sebuah pernikahan atau hubungan dengan seseorang. Mimpi dilamar bisa menjadi sebuah gambaran perubahan dalam hidup. Mimpi seperti ini bisa menjadi pertanda beberapa peluang baru menunggumu yang akan membawa perubahan signifikan dalam hidup kamu.

6. Berani membuat keputusan untuk berkomitmen.

Arti mimpi dilamar © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mimpi dilamar bisa terjadi saat kamu sedang menjalani hubungan serius dengan seseorang. Kamu tengah serius memikirkan mengenai komitmen dengan orang itu. Mungkin mimpi ini juga bisa kamu alami setelah pasanganmu berbicara serius mengenai hubungan asmaramu.

(brl/pep)

(brl/pep)