×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Negara ini paling bahagia di dunia, Indonesia urutan berapa ya?

View Image

0

BRILIO » Wow

10 Negara ini paling bahagia di dunia, Indonesia urutan berapa ya?

Coba tebak, Indonesia kalah nggak peringkatnya dari Malaysia?

23 / 08 / 2016

Brilio.net - Setiap tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengukur kualitas kehidupan bangsa di dunia melalui survei dan beragam analisa. Banyak faktor yang menjadikan 10 negara ini menjadi langganan ranking atas hasil survei PBB dari tahun 2012 lalu. Di antaranya pemerintahan baik, tingginya kualitas hidup dan masyarakat saling menghargai satu sama lain.

Tak hanya itu saja, negara-negara tersebut juga memiliki alam indah dan menawarkan pendidikan gratis hingga jenjang perguruan tinggi. Kali ini seperti yang brilio.net lansir dari National Geographic, ada 10 negara yang penduduknya paling bahagia di dunia, Senin (22/8):

10. Swedia (indeks bahagia : 7.291)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Swedia adalah salah satu negara dengan populasi penduduk yang puas dengan kehidupannya. Salah satu rahasia mereka bisa harmonis adalah adanya tradisi Fika, atau berarti istirahat sejenak dari rutinitas dengan berkumpul bersama menikmati kopi dan kue pastry manis. Tradisi ini setiap hari dilakukan dan menghabiskan waktu 15 menit hingga 2 jam.

Loading...

9. Australia (indeks bahagia 7.313)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Australia terkenal dengan negara bebas polusi serta memiliki keterlibatan masyarakat yang tinggi terhadap komunitas dan negara. Masyarakat Australia sangat suka bersosialisasi. Biasanya mereka menghabiskan waktu dengan mengadakan pertemuan sambil makan barbeque bersama-sama. Nah buat kalian yang berkunjung ke Australia tapi nggak ada teman bisa mengunjungi BBQ and XXXX Brewery tour yang menyediakan Barbeque dan bertemu orang Australia yang akan melayani kalian.

8. Selandia Baru (indeks kebahagiaan 7.334)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Bagaimana masyarakatnya nggak bahagia kalau mereka dikelilingi oleh pegunungan biru, alam yang indah dan tingkat polusi yang rendah?

7. Belanda (indeks bahagia 7.339)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Masyarakat Belanda terkenal suka dengan aktivitas fisik dan kecintaan terhadap sepeda. Mereka cukup bangga dengan sistem berkendara di Belanda dan pemerintah membuat jalur bersepeda hingga sepanjang 30.000 km. Kalau misalnya kalian beruntung bisa mengunjungi Belanda, jangan lupa ke tempat persewaan sepeda dan menyewa guide ya. Dijamin deh kamu bakal betah di sana.

6. Kanada (indeks bahagia 7.404)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Di sana terbentang pemandangan yang indah dengan pegunungan, taman-taman dan masyarakat yang terbuka serta sistem pemerintahan yang baik. Jadi nggak ada alasan kalau orang Kanada nggak bahagia, kan?

5. Finlandia (indeks bahagia 7.413)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Di Finlandia terdapat tradisi mandi di sauna tradisional yang menjadi tempat untuk melepas penat dan permasalahan sehari-hari. Dengan jumlah penduduk sebanyak 5,2 juta, Finlandia memiliki sauna paling tidak sebanyak 3,3 juta. Jadi kamu bisa menemukan sauna hampir disetiap titik di sana. Keren kan?

4. Norwegia (indeks bagagia 7.498)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Orang Norwegia terkenal dengan kebanggaan mereka terhadap alamnya, sehingga betul-betul merawat dan melestarikan lingkungan. Ada sebuah mitos di sana apabila seseorang bisa mendaki gunung tertinggi di negara itu, Skala, bisa melepaskannya dari permasalahan hidup. Wah entah mitos atau bukan ya, tapi buktinya dengan adanya indeks pengukuran tingkat kebahagiaan, Norwegia bisa menempati nomer 4.

3. Islandia (indeks bahagia 7.501)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Banyak yang terkejut kalau Islandia bisa menjadi negara bahagia apalagi setelah krisis ekonomi yang melanda pada 2008. Salah satu peneliti World Happiness Report, Helliwell mengatakan ini bisa jadi karena krisis yang membuat mesyarakat Islandia makin dekat. Ditambah pemandangan alam indah di Islandia yang tidak ada di negara lain, membuat orang-orangnya menempati urutan ketiga dalam indeks kebahagiaan seluruh dunia.

2. Swiss (indeks bahagia 7.509)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Negara dengan banyaknya variasi jenis cokelat tentu bikin Swiss memiliki penduduk yang bahagia. Selain itu, orang-orang Swiss juga sangat perhatian dengan gaya hidup sehat. Jadi banyak di antara mereka yang hobi berselancar es, kayaking dan paragliding. Hal ini juga menjadikan Swiss sebagai negara dengan tingkat obesitas paling rendah didunia.

1. Denmark (indeks bahagia 7.526)

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Denmark layak masuk daftar negara paling bahagia nomor wahid di dunia. Bukan hanya karena masyarakat yang bisa menikmati layanan kesehatan dan pendidikan secara gratis, tapi juga karena keramahannya. Mereka adalah masyarakat yang siap membawamu ke ruang tamu untuk sekadar ngobrol dan ngeteh bareng walaupun baru kenal. Wah, berniat ke sana nih, Sobat Brilio?

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

daftar negara bahagia © 2016 brilio.net

Indonesia saat ini menduduki peringkat 79 dari 157 negara di dunia. Nah kalau dari World Report, penduduk Indonesia cenderung lebih bahagia dibanding penduduk di Filipina yang menempati peringkat 82, China ada di ranking 83, dan juga India di posisi 118. Adapun negara-negara tetangga seperti Malaysia berada di peringkat 47 dan Singapura ada di posisi 22. Wah, kalau menurut kalian tahun depan Indonesia bisa naik peringkat nggak ya?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more