Brilio.net - Tren memelihara tanaman hias di rumah semakin meningkat. Hingga 2021 ini banyak tanaman hias yang digemari pecinta tanaman atau pun masyarakat awam yang baru saja mengoleksi tanaman hias.

Salah satu tanaman hias yang menjadi incaran banyak kalangan yakni Alocasia. Tanaman hias ini memiliki daun yang berkarakter dan terlihat eksotis ketika dipajang. Selain itu pada daunnya ada pula yang memiliki alur berwarna-warni dan berbagai tekstur dari tebal, hingga mengkilap. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor orang-orang menyukai tanaman tersebut.

Sekilas, Alocasia memiliki bentuk mirip dengan Caladium atau keladi. Tak heran jika masih banyak orang yang sulit membedakan Alocasia dengan Caladium. Kedua tanaman hias tersebut memiliki perbedaan yang signifikan meski sekilas memiliki bentuk daun yang sama.

Pada Caladium, umbi utamanya akan mengeluarkan tunas yang nantinya akan menjadi anakan keladi. Sedangkan untuk Alocasia, anakan, atau tunas baru akan tumbuh terpisah dari umbi utama.

Tak kalah cantik dengan Caladium, Alocasia juga memiliki corak dan warna yang menarik. Sehingga cocok digunakan sebagai hiasan indoor atau pun outdoor.

Loading...

Hal ini juga tak lepas dari habitat aslinya di daerah tropis dan subtropis di Asia dan Amerika Selatan, yang secara umum membuatnya tumbuh dengan sinar matahari yang parsial. Namun dari segi ketahanan terhadap sinar matahari, Alocasia ada yang tahan dengan paparan sinar matahari ada pula yang menyukai tempat teduh.

Alocasia masuk dalam keluarga Araceae yang memiliki banyak jenis, seperti Alocasia green shield, Alocasia polly, Alocasia cuprea, Alocasia black velvet dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang masih bingung seperti apa bentuk Alocasia dan jenis mana yang cocok dengan seleramu untuk menghias rumah, yuk intip 10 jenis tanaman Alocasia yang memiliki corak indah, seperti dihimpun brilio.net dari smartgardenguide.com pada Kamis (28/1).

1. Alocasia amazonica 'Polly'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mikmikngapala

Jenis Alocasia yang paling populer adalah Alocasia amazonica atau Alocasia polly. Janis ini dikenal dengan daun besar berwarna hijau tua yang berbentuk seperti panah atau perisai. Alocasia polly memiliki tepi bergelombang dan dihiasi dengan urat putih tebal di sepanjang daun.

Tanaman ini tumbuh setinggi 18 inci dan lebar, dengan panjang daun mencapai 16 inci. Kadang-kadang, tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan ini akan berbunga, menghasilkan bunga kecil seperti calla. Bunganya sering tertutupi oleh dedaunan besar dan tidak mencolok.

2. Alocasia micholitziana 'Frydek'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jamys.jungle

Tanaman Alocasia micholitziana 'Frydek', biasa disebut Alocasia beludru hijau. Jenis ini menyerupai Alocasia polly dalam ukuran dan bentuk atau warna daun.

Namun sedikit berbeda, Alocasia frydek memiliki bludru dengan warna hijau tua dan urat putih cerah yang menonjol pada daunnya. Tanaman ini tumbuh setinggi 2-3 kaki saat dewasa denga daun rata-rata panjangnya mencapai 18 inci saat sudah dewasa.

3. Alocasia zebrina.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mesigoldengreens

Alocasia zebrina memiliki ciri khas daun berbentuk panah atau perisai, api tidak memiliki urat putih khas yang mengalir pada daunnya. Yang menarik dari Alocasia ini adalah corak pada batangnya yang berwarna hitam putih seperti tubuh zebra.

Daun Alocasia zebrina lebih tipid daripada kebanyakan varietas Alocasia lainnya. Alocasia zebrina tumbuh setinggi sekitar 3 kaki dan memiliki lebar yang sama.

4. Alocasia reginula 'Black Velvet'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plant.jungle

Alocasia reginula atau sering dijuluki black velvet memiliki karakteristik bentuk daun yang kecil. Daunnya tebal berbentuk hati dan berwarna hitam pekat.

Tak heran jika disebut dengan nama black velvet. Testur daunnya juga hampir seperti beludru dengan aksen urat putih keperakan yang menonjol.

5. Alocasia Dragon Scale.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebunnya_bro

Jenis ini memiliki dedaunan hijau muda atau hijau keperakan dengan urat primer dan sekunder berwarna hijau tua yang menyerupai sisik besar. Sementara di isi bawah daun berwarna hijau muda dengan urat cokelat kemerahan.

Alocasia dragon scale adalah salah satu varietas Alocasia yang berukuran lebih besar dan akan tumbuh setinggi 6 kaki dalam kondisi pertumbuhan optimal.

6. Alocasia macrorrhiza 'Stingray'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@the_potted_plant_club

Alocasia stingray unik karena menampilkan tanda kuning dan hijau mirip zebra seperti jenis Alocasia zebrina. Yang unik dari jenis ini yakni daunnya yang memiliki ekor mengarah ke atas. Ekor tersebut tipis dan panjang. Sehingga daunnya tampak seperti ikan pari dengan sayap dan ekor mirip ikan.

Jenis ini dapat tumbuh dengan cepat mencapai tinggi 6 kaki dan membentang selebar 3 hingga 4 kaki, sehingga memberikan kesan tinggi dan ramping.

7. Alocasia baginda 'Silver Dragon'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@saungamazon

Alocasia silver dragon adalah varietas lain yang sangat dicari karena warnanya yang cantik dan tidak biasa. Jenis ini memiliki daun yang lebih terang dengan lapisan gelap yang menonjol.

Dalam hal ini, daunnya sangat bertekstur dan hampir lonjong benar-benar berwarna terang, pucat keperakan-kebiruan dengan urat primer dan sekunder berwarna hijau tua hingga biru tua. Melihat bentuk dan warna daunnya yang cantik, tak heran jika Alocasia silver dragon ini menjadi incaran banyak orang.

8. Alocasia macrorrhizos 'Giant Taro'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thegreenclimate

Seperti namanya, Alocasia yang sering disebut giant taro ini adalah salah satu varietas Alocasia terbesar. Jenis ini memiliki warna daun hijau limau yang berbentuk panah mengkilap tanpa urat putih.

Tanaman Alocasia macrorrhiza tumbuh setinggi 5 kaki, dan biasanya memiliki lebar 3 hingga 5 kaki, tergantung pada kondisi pertumbuhan di dalam ruangan.

9. Alocasia cuprea 'Red Secret'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plnts_com

Seperti namanya, Alocasia red secret membedakan dirinya dari varietas lain dengan warna merah. Warna khasnya memberikan kesan tropis dan penuh gairah.

Daun yang membengkak dan berwarna-warni memunculkan warna hijau tembaga yang lembut dengan kilau merah muda. Seiring waktu, warna hijau tembaga semakin dalam menjadi hijau tua.

10. Alocasia cucullata 'Hooded Dwarf'.

Jenis tanaman hias daun alocasia © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dutchgreenhouse

Alocasia jenis ini sering dianggap membawa keberuntungan dan ditemukan di kuil-kuil Buddha di Thailand dan Laos. Alocasia cucullata memiliki daun hijau mengkilap yang indah dihiasi dengan urat-urat yang tebal dan menonjol di sisi bawah daun. Sementara pada tepi daunnya bergelombang dan terbalik, unik sekaligus indah.