Brilio.net - Jembatan menjadi sebuah penemuan yang penting. Pasalnya manfaatnya sangat banyak khususnya di bidang transportasi. Jembatan menghubungkan dua lokasi yang terpisah. Umumnya jembatan terbuat dari struktur beton atau baja yang lurus melintang.

Di beberapa negara ada jembatan yang unik. Tidak hanya memperhatikan nilai fungsi, jembatan tersebut juga menimbang nilai estetika. Selain itu ada juga jembatan yang kreatif seperti bisa diangkat atau ditarik. nah yuk kita simak jembatan unik di seluruh dunia dikutip adari photovide.com (13/10).

1. Jembatan Musa.

jembatan unik Headline © photovide.com

Jembatan ini terletak di Belanda. Tidak seperti jembatan yang melayang diatas permukaan sungai, jembatan yang satu ini justru membelah air di bendungan. Jika diamati konsep pembuatan jembatan ini mengacu pada sejarah Musa yang membelah lautan.

Loading...

2. Jembatan Royal Gorge.

jembatan unik © photovide.com

Ketingginan jembatan di Amerika ini ialah 366m di permukaan sungai. Jika diamati ngeri juga lewat jembatan setinggi ini. Awalnya jembatan ini dianggap mengerikan karena sering ada orang bunuh diri di jembatan ini. Namun kini orang-orang tak lagi takut melewati jembatan ini, terlebih pengelola setempat menyediakan olahraga lompat jembatan. Jembatan seram berubah jadi ramai deh.

3. Jembatan Leonardo da Vinci.

jembatan unik © photovide.com

Jembatan ini sudah dikerjakan sejak tahun 1502. Bentuknya unik, cembung dengan empat tiang melengkung sebagai penyangganya. Sebenarnya jembatan di Norwegia ini merupakan proyek Sultan Bayezid II namun telah dilupakan. Nah Leonardo da Vinci lalu membuat sketsa tentang jembatan ini sehingga sejarah lampaunya terungkap.

4. Jembatan Storsesundetsky.

jembatan unik © photovide.com

Jembatan ini terletak di Norwegia. Desain jembatan memang dibuat agak berbeda, yakni sedikit berkelok dan melengkung. Tujuannya untuk menyesuaikan dengan struktur tanah di tempat dibangunnya jembatan. Yang membuat jembatan ini menarik ialah ilusi optiknya. Jika jembatan ini di foto pada sudut tertentu, maka akan nampak ujung jembatan terpotong dan berakhir dilautan. Ilusi optik inilah yang membuat wisatawan berduyun-duyun ke jembatan ini.

5. Jembtan Slauerhoffbrug.

jembatan unik © photovide.com

Jembatan ini juga dijuluk jembatan terbang. Jembatan yang terletak di Belanda ini memiliki tuas pengangkat. Jika dibutuhkan, jembatan akan diposisikan untuk dilewati kendaran. Jika sedang tidak digunakan, maka jembatan akan diangkat sehingga mirip patung.

6. Lintasan air "Magdeburg".

jembatan unik © photovide.com

Di Jerman ada sebuah jembatan unik. Jembatan ini berwujud lintasan air. Jika biasanya kapal melintas di bawah jembatan, kali ini justru kapal melintas di jembatan. Unik kan.

7. Jembatan Gulung.

jembatan unik © photovide.com

Di Inggris ada jembatan yang bisa digulung. Jembatan ini dibuat oleh Thomas Hizervik. Konon inspirasi jembatan ini ialah ulat di taman. Jembatan gulung hanya difungsikan pada jumat siang. Selain hari tersebut jembatan ini akan digulung kembali.

8. Jembatan Gustave Flaubert.

jembatan unik © photovide.com

Pernah terpikir bagaimana jika ada kapal besar melintas di bawah jembatan? Nah mungkin jembatan di Prancis ini bisa menjadi jawaban yang memuaskan. Jembatan ini memiliki tali penarik di kedua ujung jembatan. Apabila ada kapal besar yang melintas, maka jembatan ini akan ditarik ke atas.

9. Jembatan ombak.

jembatan unik © photovide.com

Jembatan untuk pejalan kaki di Singapura ini dibuat dengan desain yang tak biasa. Bentuk jembatan berkelok tersusun dari baja dengan lantai kayu. Didalam jembatan ini juga disediakan tempat istirahat berupa bangku kayu lho.

10. Jembatan Geytshedsky.

jembatan unik © photovide.com

Jembatan di Inggris ini mempunyai beberapa keunikan. Pertama bentuknya melengkung setengah lingkaran. Kedua jembatan ini otomatis akan terangkat jika aliran air di sungai tinggi atau ada kapal yang lewat. Total dalam setahun, jembatan ini akan terangkat 2000 kali dengan sudut 40 derajat.