Brilio.net - Dewasa ini, berbagai bentuk kejahatan mengancam keselamatan orang-orang. Mulai dari kejahatan seperti tindak pencurian dan perampokan, hingga tindak pembunuhan yang tentunya merugikan banyak orang. Kejahatan ini dapat terjadi di mana dan kapan saja tanpa mengenal waktu, tempat maupun korbannya. Belakangan, kasus-kasus kejahatan yang terjadi menyeret wanita sebagai korbannya.

Banyaknya kejahatan yang menimpa kaum wanita, membuat mereka senantiasa harus waspada. Terutama bagi para wanita yang kerap berkegiatan di luar rumah. Perlu bagi mereka untuk membekali diri dengan pengetahuan atau wawasan mengantisipasi tindak kejahatan.

Selain itu, akan lebih baik bagi wanita untuk mempelajari ilmu bela diri. Hal ini sebagai upaya membekali diri mengantisipasi kemungkinan kejahatan yang bisa saja terjadi. Belajar ilmu bela diri tak hanya dapat membuat kamu merasa aman secara fisik, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri pada dirimu. Dengan rasa percaya diri tinggi serta pikiran tenang, kamu bisa melindungi diri dalam situasi berbahaya.

Ada banyak ilmu bela diri yang cocok dan bisa dipelajari oleh para wanita. Dilansir brilio.net dari herbeauty.co, Minggu (24/2), berikut 10 ilmu bela diri terbaik yang bisa dipelajari oleh kaum wanita.

1. Karate.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: herbeauty.co

Olahraga karate adalah salah satu olahraga bela diri yang cocok untuk kaum perempuan. Karate ini nggak cuma mengajarkan kamu soal jurus-jurus bela diri, tetapi juga mengajarkan untuk fokus pada akurasi dan kecepatan serta mendorong kekuatan fisik dan kekuatan spiritual.

 

2. Wing Chun.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: herbeauty.co

Olahraga bela diri Wing Chun ini memang didesain sangat cocok untuk para wanita. Dengan memelajari olahraga ini, kamu akan mendapat ilmu tentang mengantisipasi serangan jarak dekat. Serangan jarak dekat ini merupakan salah satu yang paling sering terjadi kepada perempuan.

 

3. Taekwondo.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: herbeauty.co

Asal usul taekwondo dapat dicari di pertandingan yang dilakukan saat upacara persembahan hasil panen zaman dulu. Dalam upacara keagamaan primitif ini seperti Yeonggo, Dongmaeng, Mucheon, leluhur Korea melatih memperkuat tubuh. Dalam perkembangannya aktivitas ini menjadi seni bela diri tradisional Korea. Seni bela diri yang dikembangkan dengan latar belakang ini adalah Subak, Subakhee dan Taekkyeon, kemudian Taekwondo merupakan seni bela diri diciptakan pada era modern yang mewarisi dan mengembangkan seni bela diri tersebut.

Taekwondo juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, kecepatan dan ketangkasan. Olahraga ini identik dengan kekuatan tendangan yang tentunya akan sangat membantu bagi perempuan mengatasi kejahatan.

 

4. Brazilian-Jiu-Jitsu.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: herbeauty.co

Gaya seni bela diri ini sangat cocok untuk wanita dengan perawakan kecil. Dengan mempelajari seni bela diri ini, kamu dapat mengantisipasi serangan orang-orang yang lebih besar menggunakan teknik yang spesifik serta gerakan-gerakan tertentu.

 

5. Muay Thai.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: herbeauty.co

Olahraga Muay Thai kini memang menjadi favorit sebagian kalangan. Bela diri ini dikenal sebagai seni delapan anggota badan karena kamu bisa memanfaatkan kaki, lutut, siku, dan kepalan tangan kamu. Muay Thai ini juga menjadi salah satu seni bela diri paling efektif bagi kaum perempuan. Terutama karena kekuatan yang dihasilkan oleh tubuh dapat melumpuhkan penyerang.

 

6. Krav Maga.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: herbeauty.co

Krav Maga mengajarkan seni memanfaatkan hampir semua benda sebagai sebuah senjata untuk membela diri. Mulai dari handphone, alat-alat kerja dan lain sebagainya. Pengkondisian dan kesadaran spasial adalah fokus dari gaya bertarung ini.

 

7. Judo.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: globalnews.ca

Seni bela diri asal Jepang ini memungkinkan kamu untuk menjatuhkan lawan ke tanah dengan sangat keras. Judo juga mengajarkanmu untuk melayangkan kuncian lengan, dan berbagai bagian tubuh lainnya sehingga kamu dapat melumpukan si penyerang.

 

8. Aikido.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: fscclub.com

Aikido merupakan seni bela diri dengan memanfaatkan kekuatan lawan. Seni bela diri ini merupakan ilmu bela diri kuno Jepang yang saat ini kembali banyak ditekuni. Aikido berfokus pada kuncian, lemparan dan tekanan terhadap lawan.

 

9. Musti-Yuddha.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: thetimes.co.uk

Seni bela diri yang satu ini berasal dari Varanasi. Dengan memelajari seni bela diri ini kamu akan belajar tentang memukul dengan tangan, siku, kaki dan lutut. Musti-Yuddha ini gerakannya sangat mirip dengan gaya kickboxing asal Asia Selatan.

 

10. Kushti.

bela diri untuk wanita © 2019 berbagai sumber

foto: udaipurtimes.com

Kushti merupakan olahraga bela diri gulat asal India. Gulat akan mengajarkan cara mengontrol lawanmu dengan berbagai lemparan, take-down dan memiting.