Brilio.net - Bulan Ramadhan telah tiba. Seluruh umat muslim di dunia menyambutnya dengan hangat. Meski tahun ini nampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hal ini terjadi pada hampir seluruh dunia.

Berbagai momen meriah saat bulan Ramadhan di tahun ini terasa sangat berbeda, lebih sepi dari tahun-tahun sebelumnya. Misalnya antusias masyarakat terasa berbeda saat pandemi corona. Kegiatan seperti mencari takjil, ngabuburit, buka puasa bersama, sholat tarawih hingga sahur on the road terasa berbeda karena dilakukan di rumah saja.

Adzan pertama di Parma borakdaily

foto: borakdaily

Tentu bukan hal mudah, namun berkegiatan di rumah harus dilakukan mengingat pandemi corona sedang terjadi. Masyarakat diimbau untuk melakukan social distancing, yakni menjaga jarak aman antarorang minimal 2 meter sekaligus tidak berkumpul lebih dari dua orang. Bahkan kegiatan keagamaan pun diimbau untuk dilakukan di rumah. Hal tersebut terjadi di wilayah Parma, Italia.

Loading...

Adzan pertama di Parma borakdaily

foto: borakdaily

Pandemi Covid-19 membuat berbagai kegiatan ditiadakan, sekalipun itu kegiatan keagamaan dari seluruh dunia. Namun, ada hal menarik di Parma ketika awal bulan Ramadhan lalu. Untuk pertama kalinya, lantunan azan secara terbuka terdengar di Parma untuk menyambut Ramadhan.

Dilansir dari Parmadaily, kegiatan tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang serius. Pihak mereka juga mengatakan bahwa momen tersebut dilakukan sebagai cara masyarakat di wilayah dapat bermuhasabah diri dalam keadaan sulit seperti ini.