Brilio.net - Jumlah kasus virus Corona di Italia kini semakin melonjak. Data yang dirilis pemerintah setempat pada Rabu (25/3) menunjukkan kasus Corona di Italia sudah mencapai 69.176, dengan 6.820 kematian, dan 7.432 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh.

Al Jazeera menuliskan jika data yang dirilis pemerintah Italia tersebut justru memperdalam rasa suram di negara yang telah menjadi pusat pandemi paling mematikan. Meskipun serangkaian langkah yang sangat drastis secara bertahap diluncurkan untuk menghentikan penyebaran virus, termasuk lockdown nasional dan penutupan semua bisnis yang tidak penting. Namun, Italia tidak dapat meredam perkembangan COVID-19.

Italia kini telah memiliki tingkat kematian tertinggi di dunia dengan lebih dari 9 persen. Sebaliknya, di China, di mana wabah itu berasal, angka kematian berada pada 3,8 persen. Di Jerman, yang telah melaporkan lebih dari 24.000 kasus dan hanya 94 kematian, angka itu adalah 0,3 persen.

Berdasarkan fakta tersebut, ada beberapa alasan yang dikemukakan para pakar kesehatan di Italia tentang tingginya tingkat kematian karena COVID-19 di Italia.

"Jumlah yang kami miliki tidak mewakili seluruh populasi yang terinfeksi," kata Massimo Galli, kepala unit penyakit menular di Rumah Sakit Sacco di Milan, kota utama di wilayah yang paling parah dilanda Lombardy di mana 68 persen dari total kematian nasional telah dilaporkan.

Galli menjelaskan bahwa situasi darurat memburuk dengan cepat selama sebulan terakhir. Italia memfokuskan pengujiannya hanya pada orang-orang yang menunjukkan gejala parah di daerah-daerah dengan intensitas epidemi tinggi. Hasilnya, menurut para ahli bahwa angka yang saat ini tersedia menghasilkan artefak statistik, suatu distorsi.

"Ini menyebabkan peningkatan tingkat kematian karena didasarkan pada kasus yang paling parah dan bukan pada totalitas mereka yang terinfeksi," kata Galli seperti dikutip brilio.net dari liputan6.com, Rabu (25/3).

Virus Corona COVID-19 dapat memakan waktu hingga 14 hari sebelum infeksi bergejala menjadi gejala seperti demam dan batuk kering, dan selama periode inkubasi pasien asimptomatik berpotensi menularkannya.

Pada 15 Maret, Italia telah melakukan sekitar 125.000 tes. Sebaliknya, Korea Selatan - yang telah menerapkan strategi pengujian luas - telah melakukan sekitar 340.000 tes, termasuk yang menunjukkan gejala ringan atau tidak sama sekali. Hal ini telah mencatat hampir 9.000 infeksi sampai saat ini, dengan mortalitas tingkat 0,6 persen.

Kematian pasien corona di Italia tertinggi di dunia berbagai sumber

foto: merdeka.com

Para ahli percaya inilah yang disebut "transmisi sembunyi-sembunyi" yang telah mendorong penyebaran wabah dengan cepat, menginfeksi komunitas yang tetap tidak sadar sampai mereka mengembangkan gejala dan diuji.

Sementara Virus Corona baru dapat menginfeksi orang-orang dari segala usia, orang dewasa yang lebih tua, yang sistem kekebalannya menurun seiring bertambahnya usia, tampaknya lebih rentan untuk menjadi sakit parah setelah tertular virus, yang menyebabkan penyakit pernapasan yang sangat menular yang dikenal sebagai COVID-19.

Di Italia, 85,6 persen dari mereka yang telah meninggal adalah mereka yang berusia lebih dari 70 tahun, menurut laporan terbaru Institut Nasional Kesehatan (ISS).Dengan 23 persen orang Italia berusia di atas 65 tahun, negara Mediterannean memiliki populasi tertua kedua di dunia setelah Jepang.

Faktor lain yang mungkin adalah sistem kesehatan Italia sendiri, yang menyediakan cakupan universal dan sebagian besar gratis.

"Kami memiliki banyak orang lanjut usia dengan banyak penyakit yang mampu hidup lebih lama berkat perawatan yang luas, tetapi orang-orang ini lebih rapuh daripada yang lain," kata Galli, menambahkan bahwa banyak pasien di Rumah Sakit Sacco, salah satu pusat medis terbesar Italia yang meninggal karena Virus Corona sudah menderita penyakit serius lainnya.

Menurut laporan terbaru ISS yang melacak profil korban COVID-19, 48 persen dari orang yang meninggal memiliki rata-rata tiga penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Sementara secara tidak langsung, para ahli juga menunjuk "matriks kontak sosial" Italia sebagai kemungkinan alasan lain di balik penyebaran Virus Corona COVID-19 yang lebih luas di kalangan orang tua.

"Orang-orang tua Italia, sementara kebanyakan dari mereka hidup sendiri, tidak terisolasi dan kehidupan mereka ditandai oleh interaksi yang jauh lebih intens dengan anak-anak mereka dan populasi yang lebih muda dibandingkan dengan negara-negara lain," kata Linda Laura Sabbadini, direktur pusat Nasional Italia Institut Statistik.

"Ketika kejutan eksternal semacam itu (seperti wabah koronavirus) terjadi, penting bahwa interaksi ini menurun, karenanya mengisolasi orang lanjut usia seharusnya segera menjadi prioritas."

 

Namun, penjelasan seperti itu muncul dari kekhasan pengalaman Italia - mulai dari ikatan kekeluargaan yang kuat dalam masyarakat geriatri hingga masalah seputar praktik pengujian - seharusnya tidak membuat negara lain terlena, para ahli memperingatkan.

"Negara-negara lain harus memperhatikan dengan seksama," kata Pierluigi Lopalco, ahli epidemiologi dan profesor kebersihan di Universitas Pisa.

"Apa yang kami alami di Italia adalah hal yang sama yang telah kami tonton di Tiongkok, di mana Italia adalah Hubei dan Lombardy adalah Wuhan," katanya, merujuk masing-masing ke provinsi China yang ditutup oleh pihak berwenang, dan ibukotanya adalah tempat Virus Corona baru pertama kali terdeteksi akhir tahun lalu.

"Saya khawatir kita akan menonton kembali film yang sama lagi di negara-negara lain dalam beberapa minggu mendatang," Lopalco memperingatkan, yang merupakan bagian dari satuan tugas yang memimpin respons epidemiologi di Puglia, di Italia selatan.

Mengutip kurva epidemi negara-negara lain, Lopalco menyarankan bahwa perbedaan mereka dengan Italia hanyalah waktu: mereka hanya pada tahap awal.

"Setelah China, Italia adalah negara pertama di mana epidemi meledak; oleh karena itu, kita berurusan dengan efek dari epidemi stadium lanjut, " kata dia.

Sementara banyak negara secara bertahap mengadopsi langkah-langkah yang lebih ketat untuk menerapkan jarak sosial, mereka sejauh ini menolak mengambil langkah drastis yang sama seperti Italia karena kekhawatiran signifikan tentang efek ekonomi dari langkah tersebut.

Para dokter Italia di pusat pertempuran negara itu dengan pandemi telah memperingatkan bahwa keengganan untuk bertindak cepat dan tegas dapat memiliki konsekuensi penting.

"Jika saya adalah kepala kementerian kesehatan negara mana pun saya akan takut, dan saya akan bergerak sangat cepat untuk mengambil langkah-langkah tegas untuk menahanny. Dalam situasi ini, kita semua selamanya tidak siap: tidak mungkin mustahil: tidak mungkin sepenuhnya siap untuk menangani acara semacam itu, " kata Galli.