Brilio.net - Bagi sebagian orang, matematika bukanlah pelajaran yang mudah. Namun, bagi Jose Nerotou, matematika adalah hal yang menyenangkan dan cukup dikuasainya.

Di usianya yang masih sangat muda, ia tampak menguasai materi matematika paling sulit yakni kalkulus. Jose Nerotou ini adalah anak didik Profesor Yohanes Surya. 

Dilansir dari Instagram @yohanessurya_official, terlihat Jose sedang mempresentasikan cara belajar kalkulus dengan mudah. "Penampilan Jose Nerotou siswa Gasing kelas 6 SD Jayapura di Uncen Jayapura kemarin, membuat para dosen dan mahasiswa terpana dan terkesima,” tulis Yohanes dalam caption unggahannya.

Yohanes Surya merupakan seorang profesor ahli fisika yang sering mengadakan pelatihan mengenai kalkulus, matematika, dan fisika. Dirinya juga memiliki kelas belajar yang bernama Gasing Academy dengan tujuan untuk mencerdaskan anak-anak sejak usia dini. Salah satu muridnya adalah Jose Nerotou yang menjadi buktinya.

bocah 6 SD mengajar kalkulus © Instagram

foto: Instagram/@yohanessurya_official

Jose adalah siswa kelas 6 SD Jayapura yang belakangan ini menjadi viral karena memberikan materi kuliah kalkulus di depan dosen dan mahasiswa di Universitas Cendrawasih. Aksi Jose sebagai dosen cilik ini membuat dosen dan mahasiswa terpukau, karena ia membawakan materi yang sulit dengan cara yang mudah dipahami dan sangat percaya diri. Memakai seragam putih merah, Jose menerangkan dengan santai tanpa segan karena dia benar-benar menguasai materi yang disampaikan.

Terlihat dalam video, meskipun membawakan materi yang sulit, Jose tampak sangat percaya diri saat menjelaskan kalkulus di depan para akademisi. Ia juga mampu menjelaskan materi yang rumit ini dengan cara yang mudah dipahami oleh para audiens. Ia bahkan sangat aktif di depan kelas, menunjuk gambar di layar untuk memudahkan audiens memahami penjelasannya.

bocah 6 SD mengajar kalkulus © Instagram

foto: TikTok/@yosep.yosep14

Adapun sebelum aksinya viral saat membawakan materi kalkulus di depan para akademisi, ternyata Jose juga sempat bertemu dan berjumpa dengan Elon Musk saat berkunjung ke Indonesia pada 19 Mei lalu. Tak hanya sendiri, tentunya Jose hadir bersama Yohanes Surya. Keberhasilan dan kepintaran Jose tentunya tidak lepas dari peran Yohanes yang menjadi salah satu tokoh pendidikan di Indonesia saat ini.

bocah 6 SD mengajar kalkulus © Instagram

foto: Instagram/@yohanessurya_official

Masih duduk di kelas 6 SD, aksi Jose menjadi sorotan dan mendapat banyak pujian dari warganet. Banyak yang berharap Jose mendapat masa depan yang bagus, tidak sedikit juga yang meminta Jose harus bisa mendapat pendidikan sampai pergurun tinggi.

"ini mah asli dosen yang menjelma menjadi anak SD..INSYAALLAH kelak mnjadi guru besar," kata akun @teguhzunea

"harus diberikan beasiswa sampai kepeguruan tinggi," ujar akun @ganda7539

"ya,Allah senangnya punya anak bangsa yg pintar,ini harus diberi penghargaan ama bpk presiden," tulis akun @anisuryani1402

"orang papua bukan hanya berjalan di atas emas tanpa alas,tetapi mreka ank emas juga," komentar akun @hariz.senp4i

"kamu hebat dek ilmu ku belum sampai kesitu.... semoga sukses dek.." tanggapan akun @nurkhayatin63

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohanes Surya (@yohanessurya_official)