"Iya benar ada tunggakan. Aku mencoba untuk membiasakan diri karena mama juga kan nggak bisa untuk memasang listrik dan air lagi. Jadi ya udah jalanin aja sampai sekarang ini," ungkap Tiko, dikutip brilio.net pada Jumat (6/1).

tutur kata Tiko anak Ibu Eny banjir pujian warganet © berbagai sumber

foto: TikTok/@icawhywhy

Lebih lanjut, ia juga menceritakan bahwa selama ini ia dapat memenuhi kebutuhan air di rumah karena bantuan para tetangganya. Dalam video tersebut, Tiko juga mengungkapkan jika para tetangga begitu peduli dengan kondisinya bersama sang ibu.

"Sebenarnya di sebelah rumah ada beberapa bengkel dan ada sanyo, pompa. Jadi paling aku sama mama ngambil seember seember ke rumah begitu. Lingkungan peduli sebenarnya," sambungnya.

Tak hanya itu, Tiko juga menceritakan kondisi emosional Ibu Eny yang semakin sensitif beberapa tahun belakangan ini. Menurut pengakuan Tiko, perubahan emosional tersebut pun membuat Ibu Eny jadi tidak pernah berinteraksi dengan sosial.

"Kurang lebih lima tahun terakhir ini ya. Mama itu lebih gampang emosi, gampang tersinggung gitu. Jadi kadang mama tuh suka halusinasi dan marah-marah sendiri. Semakin ke sini tuh semakin memusuhi tetangga, jadi nggak pernah berinteraksi sosial," kata Tiko.

Tiko juga mengungkapkan bahwa sang Ibu kerap emosi saat ada tetangga yang ingin membantu membersihkan rumahnya, karena merasa bahwa rumahnya akan diambil orang lain. Menurut Tiko, sikap sang ibu terjadi karena kondisi pikirannya yang masih terjebak di masa lalu.

Selain kisahnya yang membuat banyak orang tersentuh, tak sedikit juga warganet yang memuji kemampuan Tiko dalam berbicara. Banyak yang mengatakan bahwa Tiko memiliki public speaking dan attitude yang baik.

"Attitudenya luar biasa, keliatan kalo bener-bener anak baik," tulis @agieldwisasongko.

"Public speakingnya keren ga gagap sama sekali sehat terus ya mas banyak rejekinya," komentar @fennykaniatiii.

"Tata bahasanya bagus sopan santun, emang keliatan anak yg sholeh," tutur @calistaodeliarahmah_123.

"Public speakingnya keren loh dia," ucap @prkjmmk.

 

@icawhywhy #Tiko #kisahtiko #rumpitranstv #odgj #Fyp #Viral #fennyrose Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto