Brilio.net - Perjalanan hidup seorang tokoh dunia seringkali membuat banyak orang terinspirasi. Mereka rela mengorbankan banyak hal demi mencapai kesuksesan hingga tenar seperti sekarang.

Namun siapa sangka, beberapa di antara mereka ternyata memiliki masa lalu yang cukup pahit. Mereka tak bisa merasakan kasih sayang dari orangtua kandung karena harus diadopsi oleh orang lain hingga menjadi sosok yang disegani.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (12/7).

1. Steve Jobs.

tokoh dunia ini ternyata anak hasil adopsi © 2017 berbagai sumber

foto: fortune.com

Steve Jobs lahir di San Francisco, California pada 24 Februari 1955. Semua pasti setuju jika mendiang Steve Jobs merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia teknologi. Namun siapa sangka, Steve Jobs tumbuh besar diasuh oleh orangtua angkat bernama Paul dan Clara Jobs. Mereka berasal dari Mountain View, California, AS. Paul dan Clara kemudian memberikan nama Steven Paul.

Kedua orangtua angkat Steve Jobs berprofesi sebagai masinis dan akuntan. Sementara orangtua kandung Steve Jobs bernama Abdulfattah Jandali, seorang sarjana berdarah Suriah, sedangkan ibu kandungnya bernama Joanne Simpson warga negara Amerika Serikat.

2. John Lennon.

tokoh dunia ini ternyata anak hasil adopsi © 2017 berbagai sumber

foto: billboard.com

John Lennon lahir di Liverpool, Inggris pada 9 Oktober 1940. Ia langsung diadopsi oleh bibi dan pamannya setelah kedua orangtuanya berpisah dan tak bisa merawat sang musisi. Setelah menjalani kehidupan masa kecil yang sulit, John bergabung dengan the Beatles dan berhasil menjadi salah satu musisi paling legendaris

3. Bill Clinton.

tokoh dunia ini ternyata anak hasil adopsi © 2017 berbagai sumber

foto: snopes.com

Bill Clinton terlahir dengan nama William Jefferson Blythe III pada 19 Agustus 1946 di Arkansas, Amerika Serikat. Tiga bulan sebelum kelahirannya, ayahnya meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Ibunya yang berprofesi sebagai seorang perawat akhirnya pindah ke Orleans. Usai dilahirkan, Clinton dititipkan kepada kakek dan neneknya. Selang beberapa lama, Presiden AS ke-42 ini akhirnya diadopsi oleh Roger Clinton. Dari sinilah nama Clinton berasal. Tak lama kemudian, ibunya yang kembali ke Arkansas dan menikah dengan ayah angkatnya.

4. Nelson Mandela.

tokoh dunia ini ternyata anak hasil adopsi © 2017 berbagai sumber

foto: hollywoodreporter.com

Siapa yang tak kenal Nelson Mandela? Sosoknya menginspirasi banyak orang karena berani berjuang menentang politik apartheid di negaranya, Afrika Selatan. Mandela kecil lahir di Mvezo, Afrika Selatan pada 18 Juli 1918 di tengah kondisi negaranya yang kacau.

Saat berusia 9 tahun, ayahnya yang merupakan kepala suku setempat meninggal dunia karena sakit. Setelah kepergian ayahnya, hidup Mandela kecil terabaikan.

Akhirnya, sang ibu mengirim Mandela ke Mqhekezweni, Thembu. Ia kemudian diadopsi oleh bupati Thembu bernama Jongintaba Dalindyebo hingga tumbuh besar.

5. Marilyn Monroe.

tokoh dunia ini ternyata anak hasil adopsi © 2017 berbagai sumber

foto: dok. istimewa

Sosok Marilyn Monroe terkenal sebagai salah satu bomber seks paling populer era 1950-an. Kecantikan dan popularitasnya saat itu membuat ia dianggap sebagai salah satu selebriti paling berpengaruh di dunia.

Marilyn Monroe memiliki nama kecil Norma Jean Baker. Ia lahir dari seorang ibu yang memiliki kelainan jiwa. Saat menginjak usia tujuh tahun, wanita kelahiran 1926 ini pun diadopsi oleh sahabat ibunya. Namun tak lama berselang, ia harus tinggal di sebuah panti asuhan. Ketika berusia 16 tahun Marilyn dihadapkan pada dua pilihan, menikah atau tetap tinggal di panti.

Marilyn pun memilih untuk menikah dengan James Dougherty. Setelah empat tahun menjalani pernikahan, pasangan ini akhirnya bercerai. Di saat itulah karier dan popularitasnya menanjak.