Brilio.net - Akhir pekan Idul Fitri ini Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan melakukan kunjungan ke Indonesia. Ini merupakan yang pertama sejak menyelesaikan masa jabatan presiden.

Semasa kecil, presiden Amerika Serikat dua periode ini menetap di Indonesia pada 1967 hingga 1971 saat berusia 6-10 tahun bersama ayah tirinya Lolo Soetoro yang merupakan warga Jakarta. Obama menghabiskan empat tahun di Menteng, Jakarta Pusat.

Pada 2009 saat masih menjabat Presiden AS dia juga pernah berkunjung ke Indonesia. Terakhir kali Obama 'pulang kampung' ke Indonesia adalah tahun 2010. Dia pernah mendatangi ke Masjid Istiqlal, Taman Makam Pahlawan Kalibata, serta berpidato di Universitas Indonesia. Kali ini, Obama dan keluarganya akan kembali mendatangi Indonesia.

Obama Liburan  © 2017 merdeka.com

Ada tiga tempat yang akan dikunjunginya. Mula-mulai dia akan mendatangi Bali. Obama dilaporkan akan berada di Pulau Dewata selama lima hari.

Loading...

"Sudah ada informasi, Beliau (Obama) akan datang tanggal 23 Juni 2017 sore, khusus untuk liburan," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Bali, kepada wartawan Rabu (21/6). Dia menambahkan bahwa kedatangan Obama di Bali hampir bersamaan dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang hadir untuk tujuan serupa.

Di sisi lain, Kapolda Bali Ins. Petrus R. Golose telah mengkonfirmasi bahwa mantan presiden AS tersebut akan berada di pulau tersebut tanpa mendapat keamanan khusus dari pihak kepolisian. Namun belum bisa dipastikan kota mana yang akan dipilih menjadi tempat menginapnya.

"Tidak ada permintaan khusus (dari Obama), keamanan akan tetap sama," kata Petrus.

Obama Liburan  © 2017 merdeka.com

Setelahnya Obama direncanakan akan lanjut bertolak ke ibukota pada tanggal 30 Juni untuk menghadiri Konggres Diaspora ke-4 Indonesia pada tanggal 1 Juli di Jakarta Selatan. Acara tersebut merupakan undangan dari Presiden Jokowi dan merupakan acara tertutup yang akan dihadiri 3.500 hadirin. Selain itu, Obama akan menuju Istana Bogor.

"Katanya diundang makan siang di Istana Bogor," kata Juri Bicara Presiden Jokowi Johan Budi melalui pesan WhatsApp, Selasa (13/6).

Namun sebelum itu Obama akan mengunjungi Yogyakarta. Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Amiarsi Harwani. mengatakan bahwa Obama akan datang ke Yogyakarta untuk menemui Sri Sultan Hamengku Buwono X. Namun, belum ada informasi lebih lanjut yang membenarkan berita tersebut.

“Jadwal sementara kedatangan beliau ke sini itu masih belum pasti. Cuma kedatangannya ke Indonesia itu dijadwalkan 28-30 Juni,” kata Amiarsi Harwani, Senin (19/6).