Brilio.net - Kuliah Kerja Nyata (KKN) ternyata menjadi inspirasi Rif Hadziq, 22, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Berkat KKN ia kini menjadi pengusaha di bidang jasa kebersihan.

Usahanya itu ia akui berawal dari kegiatan mencari dana untuk KKN. Dari sana, usahanya itu dilanjutkan menjadi bisnis. Kini bisnisnya, JogClean, terbilang sukses dan bahkan mengklaim sebagai jasa bersih rumah dan kost nomor 1 di Yogyakarta.

“Ilmu di perkuliahan ternyata dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang,” jelas Rif, panggilan akrabnya, kepada brilio.net, Rabu (19/7).

Bisnis yang dikembangkannya terus maju dan berkembang. Mahasiswa kelahiran Rembang ini bahkan sudah mempekerjakan 10 karyawan. Unit jasanya melayani bersih-bersih kost, rumah, kantor, apartement, toko, villa, guest house, dan hotel. Tarif jasanya dimulai dari Rp 80 ribu hingga ratusan ribu.

Rif mengaku menyukai dunia bisnis sejak duduk di kelas 2 SMA. Dia terus mengasah semangat wirausahanya sampai kuliah hingga akhirnya mewujudkan impiannya menjadi pengusaha.

Loading...

Setelah menekuni bisnis jasa, Rif pun terus mengembangkan dirinya dengan banyak belajar. "Saya banyak mengikuti kegiatan soal bisnis, bahkan saya sering mendengar rekaman seminar di kamar, mobil, dimana saja," akunya.

Ia mengaku hal tersebut dapat membantu ia berpikir positif dan semangat dalam menjalankan bisnis. Selain itu ia kerap melatih mental untuk tidak malu. Baginya pebisnis pantang malu dalam menghadapi konsumen.

Rif mengaku menjalani bisnis tidak mengganggu kuliahnya. Ia mengatakan dalam berbisnis justru mahasiswa dapat mengaplikasikan illmu yang ia dapat untuk mengatasi berbagai kasus. Walaupun fokus berbisnis, buktinya Rif tetap dapat memenangkan medali perak dan emas dalam ajang bergengsi antar mahasiswa di Indonesia yakni Pimnas.

Kini Rif akan segera membuka cabang usahanya di Surabaya, Semarang, Malang, Solo, dan kota-kota besar lainnya. Bagaimana dengan kalian guys? Siap memulai usaha ?

Reporter: Kurnia Putri Utomo