Brilio.net - Ajang balap motor internasional MotoGP Mandalika 2022 tengah jadi sorotan publik. Acara yang digelar sejak Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3) ini berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Beberapa publik figur berangkat ke Mandalika untuk menyaksikan laga MotoGP secara langsung. Satu di antaranya adalah Ridwan Kamil. Menariknya, Gubernur Jawa Barat itu juga mengajak Tjetjep Euwyong Heriyana, sosok pembalap legendaris asal Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengungkapkan, Tjetjep merupakan legenda balap motor yang sudah mengharumkan nama Indonesia pada 70-an. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu memperkenalkan Tjetjep lewat unggahan di akun Instagram miliknya belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

"JUARA SEKELAS “MOTOGP” di tahun 1970 adalah pembalap Indonesia asal Jawa Barat.

Tjetjep Euwyong Heriyana nama si Pembalap itu. Beliau wara wiri ngabret ngebut berprestasi di berbagai international race di Monza Italia, Jerman, Jepang, Singapura dan puncaknya meraih Juara di Macau Grand Prix di tahun 1970. Iyah, JUARA.

Itu dulu. Sekarang usianya sudah sepuh, sudah 83 tahun, dan hidup sehari-hari dengan kursi roda karena sebuah musibah kecelakaan," tutur Kang Emil yang dikutip brilio.net, Minggu (20/3).

Dari unggahan itu diketahui, Kang Emil mengajak Tjetjep ke Mandalika untuk mengabulkan keinginan mantan pembalap tersebut. Perjalanan ini jadi bentuk apresiasi dari Kang Emil sekaligus obat rindu bagi Tjetjep.

"Ke setiap orang, harapannya hari ini hanya satu, “saya ingin sekali hadir di MotoGP Mandalika,” ingin mendengar lagi suara motor-motor digeber mesinnya oleh pembalap-pembalap dunia.

Mendengar itu, Kami penuhi keinginannya sebagai penghormatan atas prestasinya. Tiket motogp, tiket pesawat dan akomodasi ditanggung kami," imbuh Kang Emil.

Ridwan Kamil pembalap legendaris nonton MotoGP © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@ridwankamil

Masih dalam unggahannya, Kang Emil juga tak lupa berpesan untuk menghormati sejarah agar bisa membentuk masa depan yang lebih baik.

"Semoga bahagia selalu Pak Tjetjep. Mohon maaf, banyak netizen yang minder atas kegantengan hakiki bapak di usia muda. Katanya kenapa bapak lahirnya kecepetan.

Mari selalu hormati sejarah agar kita bisa mendesain masa depan yang lebih baik. Hatur Nuhun," pungkas pria 50 tahun itu.

Bukan hanya mengajak nonton MotoGP di Mandalika, rupanya Kang Emil juga sempat motoran bareng sang legenda. Hal ini seperti terlihat dari unggahan Instagram terbaru Kang Emil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

"WUZZZ….KE MANDALIKA,

Mengantar pahlawan pembalap legendaris Indonesia asal Jawa Barat, Pak Tjetjep Euwyong Heriyana pake motor perang tua tahun 40-an bermerek URAL bersespan atau sidecar.

Tapi itu tidak mungkin. Ini hanya jalan-jalan di seputaran Kota Mataram.

“Kurang cepet pak Gub,” katanya.

“Saya dulu bisa 225 km/jam,” lanjut beliau sambil tertawa lepas.

Siap pak. Yang penting Sehat-sehat Pak Tjetjep," tulis Kang Emil.

Aksi Ridwan Kamil bareng pembalap legendaris Indonesia ini menuai beragam respon warganet. Banyak yang memuji aksi mulia Kang Emil tersebut. Ada juga yang heran melihat gaya Kang Emil saat motoran keliling kota Mataram.

"Keren Pak Gub! Perhatian ke para pahlawan olahraga bukan hanya semata kunjungi ke rumah dan kasih bantuan. Tp menemaninya membuka memori prestasi beliau saat itu. Salut," ujar akun @marikosianipar.

"Respect Pak @ridwankamil. Selamat menonton Pak Tjetjep," komentar akun @graceanastasia.sw.

"Masya Allah... Membahagiakan dan menghormati sesepuh .... sungguh sangat mulia Pak Gubernur. Keren dan mantap pisan," tulis akun @rahmawati_acil.

"pak kenapa harus nonggeng nonggeng bawa motornya?," tanya akun @sawitriranggawuni.

(brl/pep)

(brl/pep)