Brilio.net - Indonesia tengah berduka dengan berpulangnya Preisden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie pada Rabu (11/9) di RSPAD Gatot Subroto. Sehari berselang, BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kepergiannya pun meninggalkan duka mendalam bagi berbagai kalangan masyarakat, mulai dari tokoh publik, artis, hingga warganet. Ucapan duka cita pun terus mengalir untuk pria berusia 83 tahun itu.

Dalam rangka mengenang BJ Habibie, beragam unggahan yang mengharukan pun diposting di media sosial. Namun yang terbaru adalah viralnya sebuah video yang memperlihatkan momen mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao tengah menjenguk Habibie sebelum meninggal.

Dalam video tersebut, BJ Habibie tampak terbaring di tempat tidur kamar rumah sakit dan dijenguk oleh Xanana Gusmao. Tak hanya berbincang, terlihat Xanana Gusmao memeluk tubuh BJ Habibie dan mengecup keningnya.

BJ Habibie pun membalas pelukan itu. Arsitek pesawat N-250 itu tampak merengkuh Xanana Gusmao dan membenamkan wajah Xanana di tubuhnya. Jika diamati, Xanana terlihat menangis dan BJ Habibie tampak seperti sedang menghibur Xanana Gusmao.

Seperti diketahui, BJ Habibie dan Xanana Gusmao memiliki kedekatan sebagai dua tokoh negara. Saat BJ Habibie menjabat sebagai presiden, ia membebaskan Xanana Gusmao yang pada saat itu bersatus sebagai tahanan politik Orde Baru. Tak hanya itu, pada masa itu, BJ Habibie memberikan referendum kepada masyarakat Timor Timur untuk menentukan kemerdekaannya.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @KatolikG pada Kamis (12/9) itu pun tersebar secara viral. Hingga saat ini, postingan tersebut telah di-retweet sebanyak 17 ribu kali dan disukai lebih dari 34 ribu kali. Beragam respons haru pun dilontarkan warganet lewat komentar.

"Video terbaik yg saya lihat sepekan ini. Penuh arti. Penuh makna. semoga bisa menjadi arti yang beragam tapi positif bagi kita semua," ujar akun @Iyo635.

"Luka politik musnah karena kebesaran hati, selamat jalan tokoh besar," imbuh akun @jamsmory.

"Habibie adah hadiah kemanusiaan terbesar bagi rakyat Timor Leste, itu mengapa Xanana begitu berhutang budi kepada Habibie, selamat jln pak Habibie," tambah akun @SMargana1.