Brilio.net - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pelantikan enam kepala daerah kota/kabupaten se-Jawa Barat terpilih di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/9) pagi. Kepala daerah tersebut meliputi Bupati/Wakil Bupati Bandung Barat, Sumedang, Purwakarta serta Walikota/Wakil Walikota Bandung, Sukabumi dan Bekasi.

Rupanya, salah satu kepala daerah yang dilantik merupakan pendamping Ridwan Kamil ketika masih menjabat sebagai Walikota Bandung, yaitu Oded Muhammad Danial. Mantan Wakil Walikota Bandung yang menemani Ridwan Kamil periode 2013-2018 itu kini menjabat sebagai Walikota Bandung untuk periode 2018-2023.

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu pun membagikan momen pelantikan tersebut di akun Instagram miliknya. Dalam unggahannya itu, Kang Emil memposting sebuah foto yang memperlihatkan ketika ia dilantik pada tahun 2013 bersama Oded dan ketika ia melantik mantan rekan kerjanya itu sebagai Walikota Bandung.

Tidak hanya itu, gubernur yang aktif bermain media sosial ini juga menyebut dirinya sebagai oppa dan ahjussi. Kedua sebutan itu biasanya diperuntukkan bagi laki-laki dalam bahasa Korea. Di mana oppa merujuk pada laki-laki yang masih muda, sedangkan ahjussi merujuk pada laki-laki yang sudah tua.

dirinya oppa dan ahjussi © 2018 Instagram

"Dulu 2013 saat masih oppa dilantik bareng Mang Oded Danial, sekarang 5 tahun kemudian sebagai ahjussi melantik beliau sebagai Walikota. Ada rasa haru biru lewat mencekat. Titip Kota dan warga Bandung ya @mangoded_md . Warga Bandung tolong follow akun beliau untuk semua permasalahan Kota Bandung. Hatur Nuhun," tulis Kang Emil pada caption dikutip brilio.net.

Curhatan suami Atalia Praratya itu rupanya mengundang beragam komentar warganet. Tidak sedikit yang ikut berkomentar dan mengucapkan rasa kagumnya kepada Kang Emil dalam bahasa Korea.

"Ahjussi rasa oppa," komentar akun @trisna.yuniariga.

"Ahjussi masih tetep rasa oppa. #korbandrakorsayah," ungkap akun @echadicha.

"Jika oppa sudah jadi ajussi..bolehkah saya jadi sawi (mantu)," tulis akun @itsranney.

"Asikk yg udh ahjussi, semoga jabar semakin baik ya pak," ujar akun @innerismayanti04.

"Gomawo oppa," komentar akun @juwi_97.

"Bapak @ridwankamil mah oeharabeoji bukan oppa," tulis akun @nandarizkia.

"Saranghae oppa @ridwankamil," ungkap akun @wpuzzpa92.

"Daebaaakkk kereen bgt ni ahjussi @ridwankamil," tambah akun @priskatyas.