Brilio.net - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kembali menyedot perhatian publik. Orang nomor satu di Pertamina itu kembali mendulang prestasi internasional. Kali ini ia diganjar penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEPs) 2021 untuk kategori Leadership Commitment. Ia menjadi juaranya. 

Sebelumnya, pada pertengahan Oktober lalu, Nicke juga mendapat pengakuan internasional dengan meraih penghargaan Most Powerful Women International versi Majalah Fortune. Ia Menempati peringkat ke-17 dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia tersebut. Ini kedua kalinya Nicke mendapat penghargaan Most Powerful Women International. Pada tahun sebelumnya, ia juga meraih penghargaan serupa dan berada di posisi ke-16.   

Nicke Widyawati © 2021 brilio.net

Majalah Fortune Internasional mengakui prestasi dan kemampuan Nicke sebagai pimpinan tertinggi perusahaan energi di Indonesia terbukti mampu melewati tantangan triple shock yakni jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020.

Nah di ajang Women’s Empowerment Principles (WEPs) 2021 yang diselenggarakan UN Women bersama Uni Eropa, Nicke dinilai punya peran besar bagi Pertamina yang terus mendukung pembangunan berkelanjutan, mengimplementasikan Environmental, Social & Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs) 5 terkait kesetaraan gender yang tercermin melalui implementasi Lingkungan, Sosial, Tata Kelola (LST).

“Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, namun menjadi sebuah apresiasi bagi seluruh Perwira Pertamina,” katanya.

Nicke Widyawati © 2021 brilio.net

Dalam acara seremoni penghargaan yang disiarkan kanal Youtube UN Women Asia Pacific belum lama ini, Nicke menjelaskan bahwa seorang pemimpin punya peran penting dalam menentukan arah gerak perusahaan, salah satunya dengan mewujudkan kesetaraan gender.

Menurutnya, sudah terbukti bahwa lingkungan pekerjaan yang inklusif akan meningkatkan produktivitas dan kinerja. Karena itu sebagai pimpinan di Pertamina Group, ia berkomitmen untuk terus mengawal dan memastikan peningkatan kesetaraan gender di perusahaan migas milik negara tersebut terus berjalan.

Salah satunya dengan inisiatif pembentukan PERTIWI (PERempuan Pertamina Tangguh Inspiratif Wibawa Integritas), komunitas yang mendorong peningkatan kapasitas perempuan dan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender bagi perusahaan.  

Selain itu, Pertamina juga terus berkontribusi pada berbagai program pemberdayaan perempuan melalui program CSR untuk peningkatan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan perempuan.

Nicke Widyawati © 2021 brilio.net

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UN Women atas penghargaan yang telah diberikan. Tentunya Pencapaian ini tidak terlepas dari usaha dan semangat untuk tumbuh bersama. Saya ucapkan selamat kepada seluruh Perwira Pertamina yang telah mendukung berbagai program inisiatif untuk mewujudkan kesetaraan gender di Pertamina,” papar Nicke.  

Ia berharap melalui penghargaan ini segala inisiatif perusahaan untuk terus meningkatkan kapabilitas yang mendukung kesetaraan gender tidak hanya terjadi di Pertamina. Namun bisa ditularkan untuk skala yang lebih besar yakni masyarakat Indonesia dan dunia.