Brilio.net - Air merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa air, manusia dan berbagai makhluk di bumi tidak akan bisa hidup. Sayangnya, hanya sebagian orang saja yang menyadari pentingnya air. Selain itu, banyak orang yang tidak peduli perihal ketersediaan air untuk dirinya sendiri ataupun desanya yang mengalami kekeringan.

Lain cerita dengan seorang pria di India. Dia telah membuat kanal selama 30 tahun. Pria lansia di Bihar, India tersebut telah menggali kanal sepanjang tiga kilometer untuk membantu menyalurkan air hujan yang turun dari bukit terdekat ke desanya. Yang mengagumkan, ia melakukannya seorang diri karena tidak ada yang mau membantunya.

Pria lansia buat kanal selama 30 tahun Twitter/@ANI

foto: Twitter/@ANI

Dilansir Brilio.net dari worldofbuzz, pria lansia yang diketahui bernama Laungi Bhuiyan tersebut mengatakan bahwa dirinya membutuhkan waktu 30 tahun untuk menggali kanal ini, yang membawa air ke sebuah kolam di desa.

Loading...

"Selama 30 tahun terakhir, saya akan pergi ke hutan terdekat untuk merawat ternak saya dan menggali kanal. Tidak ada yang bergabung dengan saya dalam upaya ini. Penduduk desa pergi ke kota untuk mencari nafkah, tapi saya memutuskan untuk tinggal kembali," ujarnya dilansir dari worldofbuzz, Senin (14/9).

Pria lansia buat kanal selama 30 tahun Twitter/@ANI

foto: Twitter/@ANI

Setelah Laungi Bhuiyan menyelesaikan bangunan kanal tersebut selama puluhan tahun lamanya, banyak penduduk desa yang menyadari pentingnya pekerjaan yang dilakukannya selama ini. Kerja kerasnya yang membuahkan hasil membuat inspirasi banyak orang.

Usia juga tidak menentukan bahwa perjuangan seorang akan berhenti begitu saja. Banyak juga yang harus menyadari bahwa pekerjaannya akan lebih mudah dan lebih cepat jika ada lebih banyak uluran tangan.

Pria lansia buat kanal selama 30 tahun Twitter/@ANI

foto: Twitter/@ANI

“Ini akan menguntungkan sebagian besar hewan dan juga mengairi sawah. Dia tidak melakukannya untuk keuntungannya sendiri, namun juga untuk seluruh wilayah,” ujar seorang warga setempat.

Kerja keras Laungi Bhuiyan selama 30 tahun diakui oleh banyak orang, terutama orang-orang di sekitar lingkungannya yang baru merasakan manfaatnya. Orang-orang kini juga mengenal Laungi Bhuiyan karena pekerjaan dan perjuangannya selama ini. Tak ayal kisahnya seketika viral di berbagai media sosial. Banyak warganet yang kagum dengan dirinya.

Pria lansia buat kanal selama 30 tahun Twitter/@ANI

foto: Twitter/@ANI