Mikhael sempat bertanya-tanya apa maksud dari perkataan suara tersebut. Ia pun penasaran dengan jawaban dari pernyataan tersebut. Dalam gumamnya ia merasa tahu, namun belum berani untuk menerimanya.

"Saya mencari dunia, mengejar dunia. Hari demi hari, hatiku semakin kosong, jiwaku semakin gelap. Mencari jiwa yang hilang, mengapa saya datang ke sini?" lanjutnya.

Sampai akhirnya ia mendapat jawaban dan langsung memberitahukan itu ke ibunya. "Bu, saya ingin masuk Islam. Ibu terdiam, terkejut setelah itu dia tersenyum dan mengatakan yang sebenarnya. Terima kasih ibu, terima kasih telah menerima saya," jelasnya.

Pria bermuka gangster itu juga mengatakan bahwa ibunya menerima kritik dari orang lain setelah dia masuk Islam.

"Berbagai kritikan yang diterima ibu saya, sampai ada (orang) yang mengatakan tidak punya anak lagi, anak-anaknya sudah meninggal. Ada juga yang bilang hidupku begini karena mama terlalu memanjakanku... bukan bu, mama orang baik," ungkapnya.

Namun, kritikan dari orang lain tidak memutuskan kasih sayang antara ibu dan anak itu. Mikhael menjelaskan bahwa sang ibu justru semakin tenang dan selalu bersamanya. Bahkan, sang ibu memberikannya sajadah dan menemani ke masjid.

kisah pria gangster insaf © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@mukagangster

"Terimakasih Bu, meskipun kita berbeda agama, Bu tunggu di luar masjid. Saya tidak peduli dengan percakapan kerabat dan siapa pun, saya menerima saya," jelasnya dengan kesedihan.

Muhammad Mikhael juga menegaskan bahwa ia sangat mencintai ibunya. Sang ibu adalah segalanya baginya.

Cintanya yang kuat kepada sang ibu membuatnya membeli rumah di sebelah ibunya. Meski berbeda agama, namun perasaan tidak pernah berkurang dan berbeda.

"Saya bisa membeli rumah di sebelah rumah ibu saya, karena saya tidak ingin meninggalkannya. Rezeki karena bisa bertetangga dengan ibu, rezeki Allah," ujarnya.

Mikhael kemudian mengatakan bahwa dia dalam keadaan sangat tenang dan jiwanya tidak kosong seperti sebelumnya. Ia merasa memiliki banyak dosa sehingga dia berpuasa sepanjang tahun padahal Islam melarang hal tersebut, berpuasa setiap hari.

Katanya, dia melakukan itu karena ingin menghapus dosanya kepada Sang Pencipta. "Hidayah milik Allah," katanya sebelum mengakhiri video.

Muhammad Mikhael juga menambahkan, ibunya merasa sedih karena ia belum menemukan jodoh. Ia pun meminta masyarakat mendoakannya agar keluarga calon istrinya bisa menerima kesalahannya.

@mukagangster Replying to @MUHAMMAD AMIRUL HUSNI ini kisah saya. @SaudagarMerah thank u abgku.#mukagangster #anakmak #titew #botak #rxybca #longbeard #trendingnewsmalaysia #amma #islam Allah Allah Aghistna Ya Rasulullah - Puja Syarma Official

Videonya pun langsung menyentuh banyak perasaan orang hingga sudah ditonton 7,5 juta kali lebih. Banyak pula warganet yang mengaku kagum dengan kisah Mikhael tersebut.

"subhanallah tersentuh hati ini," tulis @azroyahmad516

"Mashallah," sahut @AK.Emon

"Subhanallah Ya Allah semoga masuk surga bagimu bang," kata @Toyani_yani

"Masyallah semoga Allah memberkati hidupmu dan mak selalu, semoga mak diberikan hidayah Allah," ucap @Rini

"Semoga terus istiqomah," tulis @nabilahaziz