Brilio.net - Doraemon merupakan salah satu kartun yang sangat terkenal sejak dahulu, meski kartun-kartun baru telah bermunculan. Kartun yang menceritakan tentang robot canggih yang dikirimkan dari abad ke-20 ini bertugas untuk menjaga temannya yang berada di Jepang, yaitu Nobita, anak cowok cengeng yang masih kelas 5 SD.

Doraemon dikirimkan pada Nobita dengan tujuan untuk memperbaiki kehidupan Nobita dan keturunannya akibat sifat Nobita yang begitu pemalas.

Kartun karangan Fujiko F Fujio ini masih sangat dinikmati masyarakat meski telah berusia berpuluh-puluh tahun lamanya. Doraemon diketahui mulai masuk di Indonesia sejak 1988 dan hingga kini masih tayang setiap hari minggu pagi di televisi.

Dalam kartun aslinya, kartun Doraemon merupakan kartun produksi Jepang. Meski tayang di Indonesia, kartun ini dilengkapi dengan pengisi suara orang Indonesia agar lebih mudah dinikmati masyarakat Indonesia.

suara Doraemon © 2018 brilio.net

Namun nyatanya tak banyak yang mengetahui orang-orang yang menjadi pengisi suara Doraemon dan teman-temannya. Padahal kartun ini memiliki suara yang sangat identik dari pada kartun-kartun Jepang lainnya. Nah lho.. Penasaran, kan?

Berikut 5 orang di balik pengisi suara Doraemon dan teman-temannya, yang brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Kamis (18/1).


1. Nurhasanah - Doraemon.

suara Doraemon © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Nurhasanah mulai mengisi suara Doraemon sejak tahun 1993. Suaranya menjadi sangat identik dan khas yang berbeda dari kartun lainnya.

Dalam membuat suara Doraemon, Nurhasanah memang memiliki teknik-teknik yang menghasilkan suara yang bagus.


2. Dewi Sartika - Nobita.

suara Doraemon © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Selain Doraemon, Nobita juga diisi oleh pengisi suara wanita. Dewi mulai mengisi suara Nobita sejak tahun 2009 lalu.

Ia sendiri diketahui memang telah lama terjun dalam dunia teater dan seni peran suara.


3. Jessy - Shizuka.

suara Doraemon © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Karakter anak perempuan yang cantik dan pintar ini diisi oleh suara Jessy. Sosoknya memang kerap menjadi seorang pengisi suara sejak 1990-an lalu, salah satunya dalam animasi Samurai X. Dalam serial Doraemon, suara Shizuka sangat identik dengan suara yang lembut.


4. Santosa Amin - Suneo.

suara Doraemon © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Suara anak laki-laki yang gemar memamerkan mainan barunya ini diperankan oleh sosok Santosa. Selain mengisi suara Suneo, ternyata Santosa juga mengisi salah satu kartun terkenal di Tanah Air yaitu suara Spongebob Squarepants.

Sebelumnya Santosa pernah bekerja di Radio Republik Indonesia (RRI), kemudian ia mencoba keberuntungannya dalam seni peran suara.


5. Bima Sakti - Giant.

suara Doraemon © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Sosok anak laki-laki yang angkuh dan selalu ingin dominan ini diisi oleh Bima. Dalam kesehariannya, ternyata Bima membuat dirinya identik dengan sosok Giant dengan pakaian dan model rambutnya.