Brilio.net - Tubuhnya mungil tapi wajahnya dihiasi senyuman dan aura semangat. Namanya Els Hermans. Saat dihampiri brilio.net, Sabtu (19/11), dia baru beberapa menit mencapai titik finish Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2016 di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Masih terlihat sedikit keringat hasil jalan santai atau jalan sehat di wajah ayunya.

Wanita 76 tahun ini menyambut brilio.net dengan ramah saat duduk bersantai melepas lelah. Sesekali dia menyambut dengan senyuman dan sapaan rekan senegaranya yang juga ikut dalam even tahunan tersebut.

Els © 2016 brilio.net

foto: brilio.net/Agustin Wahyuningsih


Els bukan pertama kalinya mengunjungi Candi Prambanan. Sudah empat tahun ini Els rutin mengikuti kegiatan jalan-jalan keliling candi dan seputaran makam raja-raja di Imogiri. Dalam JIHW 2016 ini, wanita yang datang bersama suami dan teman-teman sekelompok sejumlah 12 orang termasuk dia dan suami ini, mengambil jarak tempuh 10 kilometer.

Tak hanya keliling cagar budaya yang ada di Yogyakarta, nenek lincah ini juga pernah menjajal mengikuti acara jalan-jalan santai di kawasan Merapi pada tahun 2001 dan 2002 lalu.

"Saya sudah enam kali mengikuti acara seperti ini. Dan, ini menyenangkan," ujar Els dalam bahasa Inggris. Mimik wajahnya tetap sumringah. Els juga mengakui sejak usia 15 tahun dia sudah suka mengikuti acara olahraga serupa di negaranya.

Bukan cuma bercerita soal senangnya mengikuti acara jalan sehat, Els juga berbagi cerita bahwa dia sudah jalan-jalan dari satu negara ke negara lain. Minggu lalu dia berkunjung ke Taiwan setelah traveling ke Jepang pekan sebelumnya. Sebelum ke Jepang dia juga ke Washington, Amerika Serikat dan Korea Selatan, lho.

"Dan di sini saya menjadi tour guide buat kawan-kawan saya, lho," imbuhnya tersenyum lebar kepada brilio.net. Padahal diakuinya dia tak punya sanak saudara atau teman akrab di Indonesia.

Wah, traveler sejati banget ya, nenek satu ini? Mana semangat banget ikutan jalan sehat. Sehat selalu dan semangat, Els. Kamu yang muda-muda, jangan sampai kalah sama Els lho, Sobat Brilio. Semangat, ya...