Brilio.net - Akhir pekan kemarin, netizen dibikin haru lewat foto seorang bocah SD yang berjualan sampai ketiduran di kawasan kampus Unindra, Jakarta Selatan. Dalam foto itu, bocah yang diketahui bernama Abil Alifudin itu masih mengenakan seragam sekolah pramuka lengkap sambil membawa tas dan sepatu.

Abil yang kelelahan tertidur sambil bersandar di dinding pagar. Di hadapannya ada sebuah kardus kecil berisi tisu dan aneka jajanan. Foto Abil itu pun langsung menyebar dengan cepat di media sosial.

ini kondisi kehidupan abil © 2017 twitter

Lalu bagaimanakah kondisi kehidupan sehari-hari Abil? Seorang netizen bernama Bayu Gawtama menceritakannya lewat akun media sosialnya. Berikut cerita lengkapnya dikutip brilio.net, Senin (20/3).

"Malam ini tim SDR Sekolah Relawan sudah menemukan Abil, bocah kelas 4 SD yang berjualan makanan ringan depan kampus Unindra sepulang sekolah. Lo boleh nangis ya... Saat tim SDR ke rumahnya, relawan kami dapatkan info sementara seperti ini:

Bapaknya Abil pedagang cilor (aci pakai telor), kadang jualan seblak, pendapatan paling gede Rp 50.000 per hari. Karena kesulitan ekonomi ini, 2 kakak Abil putus sekolah. Kakak pertama putus sekolah, kakak kedua cuma sampai kelas 3 SMP, terpaksa keluar karena 3 tahun nggak bayaran sekolah.

Kakak ketiga masih kelas 1 SMP itupun nunggak 3 bulan. Sedangkan adik Abil masih usia 3 tahun. Waktu tim SR ke rumahnya, ternyata mereka belum makan. So, salah satu relawan pergi beli makanan. Sambil makan, tim terus menggali info terkait keluarga ini.

ini kondisi kehidupan abil © 2017 twitter

Mereka tinggal di rumah kontrakan, baru 3 bulan di kontrakan yang sekarang, tapi sudah nunggak dari awal ngontrak. Katanya sih kalau minggu depan nggak bayar, bakal diusir. Perihal ini, tim sedang berkoordinasi dengan ketua RT setempat.

Apa yang bisa kita bantu? Anak-anak ini masih semangat sekolah, semoga kita bisa bantu biaya pendidikannya. Kebutuhan untuk beberapa hari juga perlu dicukupi sementara. Dan yang jelas, mungkin kita coba jajaki bantuan usaha yang lebih baik buat orang tuanya, agar ke depannya lebih baik.

Semoga niat baik ini dimudahkan...

Pasti mau nanya kalau mau bantu? Bisa info via 08111191916
Atau mau langsung transfer juga boleh.

Mandiri 173 00 203040 60
Mandiri 173 0000 193731
Semuanya atas nama Sekolah Relawan."

Kisah Abil rupanya juga menohok sisi kemanusiaan banyak netizen. Selain banyak yang haru dan salut, namun ada juga yang merasa malu karena jarang berbagai dengan sesama.

Nah, berikut video lengkap saat Abil diwawancarai oleh tim Sekolah Relawan, seperti dikutip dari akun @SekolahRelawan.