1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Sosok
Andry Trysandy Mahany 20 Maret 2017 17:32

Ini kondisi haru keluarga Abil, bocah SD yang jualan hingga tertidur

Kisah Abil ini menohok sisi kemanusiaan banyak orang.

Brilio.net - Akhir pekan kemarin, netizen dibikin haru lewat foto seorang bocah SD yang berjualan sampai ketiduran di kawasan kampus Unindra, Jakarta Selatan. Dalam foto itu, bocah yang diketahui bernama Abil Alifudin itu masih mengenakan seragam sekolah pramuka lengkap sambil membawa tas dan sepatu.

Abil yang kelelahan tertidur sambil bersandar di dinding pagar. Di hadapannya ada sebuah kardus kecil berisi tisu dan aneka jajanan. Foto Abil itu pun langsung menyebar dengan cepat di media sosial.

Lalu bagaimanakah kondisi kehidupan sehari-hari Abil? Seorang netizen bernama Bayu Gawtama menceritakannya lewat akun media sosialnya. Berikut cerita lengkapnya dikutip brilio.net, Senin (20/3).

"Malam ini tim SDR Sekolah Relawan sudah menemukan Abil, bocah kelas 4 SD yang berjualan makanan ringan depan kampus Unindra sepulang sekolah. Lo boleh nangis ya... Saat tim SDR ke rumahnya, relawan kami dapatkan info sementara seperti ini:

Bapaknya Abil pedagang cilor (aci pakai telor), kadang jualan seblak, pendapatan paling gede Rp 50.000 per hari. Karena kesulitan ekonomi ini, 2 kakak Abil putus sekolah. Kakak pertama putus sekolah, kakak kedua cuma sampai kelas 3 SMP, terpaksa keluar karena 3 tahun nggak bayaran sekolah.

Kakak ketiga masih kelas 1 SMP itupun nunggak 3 bulan. Sedangkan adik Abil masih usia 3 tahun. Waktu tim SR ke rumahnya, ternyata mereka belum makan. So, salah satu relawan pergi beli makanan. Sambil makan, tim terus menggali info terkait keluarga ini.

Mereka tinggal di rumah kontrakan, baru 3 bulan di kontrakan yang sekarang, tapi sudah nunggak dari awal ngontrak. Katanya sih kalau minggu depan nggak bayar, bakal diusir. Perihal ini, tim sedang berkoordinasi dengan ketua RT setempat.

Apa yang bisa kita bantu? Anak-anak ini masih semangat sekolah, semoga kita bisa bantu biaya pendidikannya. Kebutuhan untuk beberapa hari juga perlu dicukupi sementara. Dan yang jelas, mungkin kita coba jajaki bantuan usaha yang lebih baik buat orang tuanya, agar ke depannya lebih baik.

BRILIO VIDEO

MAKMUR Ep1 - Nasi Goreng
MAKMUR "Perut Kenyang, Dompet Senang" Alias MAKan MURah! Ini adalah sebuah series untuk menguak tempat makan seru dan enak dengan harga di bawah 20.000 IDR! Dijamin pas buat kalian kalian yang suka kuliner ataupun lagi bokek di akhir bulan! Yuk ikutin review dari kita! Episode kali ini, MAKMUR akan coba nyari nasi goreng enak di bawah 20.000 IDR di Jakarta! Mau tau nasi goreng apa aja yang kita cobain? Tonton videonya! #MAKMURBrilio ---- Tonton juga video lainnya dari Brilio channel: Brilio Video Indonesia https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w Brilio English Video https://www.youtube.com/channel/UCXcS_QO4A8YJ44frv9Np1_Q Part of Brilio Brilicious Production ---- SUBSCRIBE https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w WEBSITE: http://brilio.net FACEBOOK: https://www.facebook.com/BrilioVideoIndonesia/ TWITTER: https://twitter.com/brilionet?lang=id INSTAGRAM: https://www.instagram.com/brilionet/ ---- LOKASI Nasi Goreng MAFIA Jl. Tebet Raya No.27 D, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, RT.1/RW.2, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820 https://www.nasgormafia.com/ Panda XO @ FoodLab Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710 Nasi Goreng Bhakti Jl. Bhakti Blok S, Kebayoran Baru, RT.11/RW.1, Rw. Bar., Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

Semoga niat baik ini dimudahkan...

Pasti mau nanya kalau mau bantu? Bisa info via 08111191916
Atau mau langsung transfer juga boleh.

Mandiri 173 00 203040 60
Mandiri 173 0000 193731
Semuanya atas nama Sekolah Relawan."

Kisah Abil rupanya juga menohok sisi kemanusiaan banyak netizen. Selain banyak yang haru dan salut, namun ada juga yang merasa malu karena jarang berbagai dengan sesama.

Nah, berikut video lengkap saat Abil diwawancarai oleh tim Sekolah Relawan, seperti dikutip dari akun @SekolahRelawan.

 

(brl/fen)

YOU MAY ALSO LIKE

Pantai Kasap, Raja Ampat From Java
Pantai Kasap, atau sering dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa ini terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini juga salah satu pantai yang bisa banget untuk dijadikan destinasi wisata kalian, lho! Yuk, saksikan keindahannya hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Ini kondisi haru keluarga Abil, bocah SD yang jualan hingga tertidur.
Kisah Abil ini menohok sisi kemanusiaan banyak orang.
https://www.brilio.net/sosok/ini-kondisi-haru-keluarga-abil-bocah-sd-yang-jualan-hingga-tertidur-170320u.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?