Brilio.net - Setiap tanggal 21 April kita selalu memperingati Hari Kartini. Kelahiran pejuang emansipasi wanita Indonesia. Tapi tahukah kamu bahwa Kartini memiliki 10 saudara tiri dan kandung? Yup, ayah Kartini, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat menikah dengan wanita bernama M.A Ngasirah yang merupakan ibu Kartini.

Pada masa itu seorang bangsawan laki-laki tidak mungkin menjadi bupati apabila tidak beristrikan kalangan bangsawan pula. Sementara ibu kandung Kartini adalah putri dari kalangan biasa. Maka ayah Kartini menikah kembali dengan R.A Moerwan.

So, siap kenalan dengan saudara Kartini? Seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/4) ini dia mereka.

1. R.M Slamet Sosroningrat.


Raden Mas Sosroningrat adalah kakak laki-laki kandung tertua Kartini yang lahir pada 15 Juni 1873. Setelah lulus sekolah dia diangkat menjadi salah satu pegawai di pemerintahan Jepara. R.M Sosroningrat adalah salah satu kakak Kartini yang tidak menyetujui keinginan Kartini untuk melanjutkan bersekolah.

2. P.A Sosrobusono.
Kakak kedua Kartini adalah R.M Busono yang lahir pada 11 Mei 1874, yang kemudian diangkat menjadi P.A Sosrobusono saat menjadi bupati Ngawi.

3. R.A Soelastri.

R.A Sulastri adalah kakak tiri Kartini yang lahir dari berbeda ibu. Sulastri lahir pada 9 Januari 1877 dan menikah dengan Raden Tjokrohadisosro yang merupakan Patih Kendal. Dalam foto ini Soelastri berada di nomor dua dari kiri. Soelastri merupakan anak perempuan tertua.

4. Drs. R.M.P Sosrokartono.

Sosrokartono yang lebih dengan dengan panggilan Kartono lahir pada 10 April 1877 adalah kakak kandung Kartini yang pendidikan dan kecerdasannya paling tinggi. Lulusan Universitas Leiden dan menjadi wartawan perang pertama Indonesia yang meliput Perang Dunia I. Kartono juga yang sangat mendukung keputusan Kartini untuk melanjutkan sekolah.

5. R.A Roekmini.


R.A Roekmini adalah yang lahir pada 4 Juli 1880 adalah adik tiri Kartini. R.A Roekmini menikah dengan Raden Santoso. Dalam Foto ini Roekmini berfoto bersama Kartini.

Saudara kandung Kartini berikutnya memiliki kemiripan nama, siapa?

2 dari 2 halaman


6. R.A Kardinah.

R.A Kardinah merupakan adik kandung Kartini yang lahir pada 1 Maret 1881. Dirinya menikah dengan R.M.A.A Rekso Negoro, seorang Patih Pemalang yang kemudian menjadi Bupati Tegal. Dalam foto ini Kardinah berada di tengah. Kartini, Kardinah dan Roekmini memang dikenal sebagai tiga serangkai.

7. R.A Kartinah.
R.A Kartinah adalah adik tiri Kartini yang lahir pada 3 Juni 1883. Dirinya dan Kardinah serta Rukmini adalah saudara yang paling dekat dengan Kartini. Kartinah menikah dengan Raden Dirdjoprawiro.

8. R.M Muljono.
Setelah memiliki tiga adik perempuan, ibu kandung Kartini kembali memberinya adik lelaki yang lahir pada 16 Desember 1885 yang diberi nama R.M Muljono.

9. R.A Soematri.

R.A Soematri juga merupakan adik kandung Kartini. Lahir pada 11 Maret 1888. Soematri menikah dengan R.Ng.Sosrohadikusumo. Dalam foto ini Soematri berada di paling kiri.

10. R.M Rawito.

R.M Rawito adalah adik bungsu Kartini yang lahir pada 16 Oktober 1892. Dalam foto ini Rawito berada di pangkuan ayahnya.