Brilio.net - Untuk masyarakat Indonesia, pastilah mengenal sosok Raden Ajeng (RA) Kartini yang merupakan salah satu pahlawan nasional emansipasi wanita. Tapi apakah kamu juga mengenal sosok RA Soesalit Djojoadhiningrat yang merupakan putra dari RA Kartini?

Mungkin nama Soesalit memang tidak setenar nama ibunya. Tapi sosok RM Soesalit ternyata memiliki karier militer yang patut diacungi jempol. Dilansir dari id.wikipedia.org, lelaki yang lahir pada 13 September 1904 ini awalnya bergabung menjadi bagian dari tentara Pembela Tanah Air (PETA) pada masa pendudukan Jepang.

Pada Oktober 1946 Soesalit menjabat sebagai Komandan Brigade V Divisi II Cirebon. Setelah itu pada rentang tahun 1946 sampai dengan 1948 jabatan dari Soesalit menjadi Panglima Divisi III Diponegoro Yogyakarta-Magelang.

Dan setelahnya, ayah dari RM Boedhy Setia Soesalit ini menjabat sebagai Perwira Komando Pertempuran Daerah Kedu dan sekitarnya pada tahun 1948.

Selain itu Soesalit juga pernah menjabat sebagai perwira yang diperbantukan pada staf Angkatan Darat/Kementerian Pertahanan. Putra Kartini ini juga berhasil mencapai pangkat mayor jenderal sebelum kemudian pada tahun 1948 pangkatnya diturunkan menjadi kolonel dikarenakan hasil dari reorganisasi-rasionalisasi (Re-Ra).

Loading...

R.M. Soesalit kemudian meninggal pada usia 57 tahun dan kemudian dia dimakamkan di kompleks makam RA Kartini dan juga keluarganya di Rembang, tepatnya di Desa Bulu Kecamatan Bulu.