Jusuf pun tak kecewa karena tak diperbolehkan memesan makanan di sana. Ia pun izin untuk pergi ke toilet. Setibanya setelah dari toilet, sang istri sudah menunggu di depan restoran karena diusir oleh pelayan restoran.

"Terus saya ke WC. Saya bilang ya udah kalau nggak dikasih nggak apa-apa. Saya numpang ke WC. Saya keluar, istri saya di depan udah nunggu saya. Dia bilang ternyata di sebelah sini kita boleh. Istri saya bilang kalau dia marahin orang tadi. Dia bilang suruh usir kita. Saya nggak lihat karena saya lagi ke WC. Terus istri saya bilang sama manajernya jangan kasar begitu. Kita pelanggan, kita nggak boleh digituin," ucap Jusuf.

Yusuf pun bertanya kenapa sang istri tak mengatakan hal tersebut kepadanya. Rupanya sang istri takut jika Yusuf akan marah kepada pelayan restoran tersebut. Namun, Yusuf justru memberikan jawaban yang tak terduga.

cerita jusuf hamka dihina karena kenakan pakaian sederhana © berbagai sumber

foto: TikTok/rafchannel1

"Kita nggak boleh marah. Kita diusir orang nggak boleh marah. Kenapa harus marah. Ya udah terima aja memang kita punya pakaian kayak begini. Biasanya kan kalau orang diusir terus bilang 'lo nggak tau gue siapa, gue beli restoran lo ya'. Jangan begitu, Allah juga nggak seneng lihat yang begitu. Jalan aja kan masih ada restoran depan," tuturnya.

Di akhir ceritanya, Jusuf mengatakan bahwa setelah diusir ia justru memberikan tip sebesar 100 euro kepada para pelayan yang berada di depan restoran.

"Saya senang, karena pelayannya saya panggil yang di depan. Saya kasih uang 100 euro. Kasih tip ya. Terus dia lapor dapat 100 euro. Terus semua pelayan yang pakai dasi kupu-kupu pada keluar semua. Saya ketawa aja saya bilang udah makan. Saya dadah-dadah tetep. Kenapa sakit hati," pungkasnya.

Video yang kembali diunggah ke laman TikTok tersebut pun dibanjiri komentar warganet. Banyak yang memuji sikap rendah hati Jusuf Hamka.

"The real sultan yg down to earth. Masyaallah," tulis @yanti98122.

"Real org kaya yg rendah hati," tutur @aleulukman.

"Orang yg bener2 kaya, sederhana, rendah hati, sehat2 bapak," kata @embulleon_01.

"Panutan ini mah kaya raya tp santai," tulis @bengbengrasacokelatkeju.

"Kaya tapi rendah hati. Keren pak balasan yang elegan ke pelayan," komentar @hoqistore.

@rafchannel1 Cerita Sedih Yusuf Hamka #yusufhamka #truestory #lucu #sedih #direndahkan #paris #retaurant #sederhana #orangkaya #konglomerat #insfirasi #inspiratif suara asli - Gerry Putra