Brilio.net - Tak ada yang tak mungkin untuk mewujudkan mimpi, bila kita terus berusaha dan pantang menyerah dalam meraihnya. Seperti yang dilakukan salah satu anak bangsa berikut ini. Namanya Amelia Rachim. Sepak terjangnya di dunia perhiasan tak lagi diragukan kemampuannya.

Karena kejelian dan kemampuannya dalam mendesain perhiasan, Amelia pun kini menjadi langganan para selebriti Hollywood. Desainer perhiasan yang berbasis di Italia ini pun bahkan diulas di media Italia sebagai salah satu seniman perhiasan yang sangat bertalenta.

Amelia Rachim Istimewa

foto: youtube.com

Amelia Rachim Istimewa

foto: Instagram/@ameliarachimjewellery

Namun, tak banyak yang tahu kalau wanita manis kelahiran 1985 ini tak begitu saja meraih sukses seperti saat ini. Banyak jalan terjal yang harus ia lewati dan proses bertumbuh yang membuatnya menjadi sosok yang mampu bersaing di kancah internasional. Yang menarik lagi, ia merupakan salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus 2006/2007, lho. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut pun, ia yang dulu masih duduk di bangku perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung jurusan desain industri angkatan 2003, harus melalui proses seleksi yang ketat. Banyak manfaat yang didapat di antaranya dilatih jiwa kepemimpinan dan kerjasama dalam grup/kelompok.

Sejak itu Amelia memiliki semangat dalam mengejar mimpi menjadi desainer perhiasan yang go international. Tak hanya punya cita-cita yang besar, ia juga punya gambaran jelas akan langkah-langkah untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Rasa percaya diri yang tinggi tak ketinggalan membuatnya berani ambil resiko dan akhirnya mampu bersaing secara global.

Wanita yang mendapat beasiswa lanjutan dan meraih gelar master degree di bidang jewellery engineering di Politecnico di Torino, Italia ini melihat self-respect sebagai hal penting. Ia percaya bahwa jati diri layak dihargai, dan hal tersebut membuatnya mampu membawa Indonesia diakui di mata dunia.

Salah satu momen penting dalam hidupnya adalah ketika memenangkan lomba desain jam tangan yang diselenggarakan oleh brand ternama di Eropa: Breil. Rasa bangga lahir saat bisa menjadi pemenang di antara 3.037 designer dari 96 negara. Selain satu-satunya desainer dari Indonesia, saat itu ia juga merupakan peserta termuda. Ini adalah momen di mana Amelia melihat besarnya potensi jati diri yang sebenarnya kepada banyak orang.

Selain menanamkan jati diri dan budaya bangsa di dalam dirinya, sentuhan Indonesia menjadi akar dalam perjalanan penggalian ide yang ia lakukan untuk perhiasan-perhiasan yang diciptakan. Hal tersebut membuat desainnya sangat kuat berkarakter ke-Indonesia-an.

Amelia Rachim Istimewa

foto: Instagram/@ameliarachimjewellery

Amelia Rachim Istimewa

foto: Instagram/@ameliarachimjewellery

Amelia Rachim Istimewa

foto: Instagram/@ameliarachimjewellery

Salah satu perhiasannya yang mendunia adalah cincin Zamrud Khatulistiwa yang dikenakan aktris Hollywood ternama, Kristin Chenoweth, saat tampil di acara Oprah TV Show, beberapa tahun silam. Ia terinspirasi akan julukan Indonesia yakni Zamrud Khatulistiwa, dan kemudian menginterpretasikannya dalam perhiasan cincin bermata hijau yang sangat cantik.

Selain Kristin Chenoweth, model cantik asal Milan, Anastasiia Masiutkina, juga pernah mengenakan cincin Zamrud Khatulistiwa. Selain itu, penyanyi Indonesia yang kini sukses di kancah internasional, Anggun Cipta Sasmi pun tak ketinggalan mengenakan cincin tersebut saat konser di Italia.

Amelia Rachim Istimewa

foto: Instagram/@ameliarachimjewellery

Amelia Rachim Istimewa

foto: Instagram/@ameliarachimjewellery

Tak hanya cincin Zamrud Khatulistiwa saja yang memiliki kesan kental akan Indonesia. Karya Amelia lainnya yang juga kental dengan budaya Indonesia adalah anting Garuda, dengan desain sayap Garuda yang tak hanya indah namun juga memesona.

Penasaran dengan sosok keren ini? Intip sedikit profilnya di video berikut ini.


Amelia menjadi bukti bahwa hanya bermimpi saja tidak cukup, melainkan harus diwujudkan. Ia juga mengajak kaum muda untuk menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih cemerlang.

Kamu pun bisa berpeluang meraih mimpi seperti Amelia karena kesempatan mendapatkan Djarum Beasiswa Plus tengah terbuka lebar. Tak percaya? Cek yuk di sini dan kejar mimpimu mulai dari sekarang!

Desainer perhiasan Indonesia ini mendunia, langganan seleb Hollywood