Brilio.net - Menjadi seorang arsitek tentu bukan perkara mudah. Profesi yang satu ini membutuhkan kreatifitas dan keahlian khusus dalam mendesain sebuah bangunan. Hal inilah yang membuat biaya desain bangunan seorang arsitek menjadi mahal. Meski begitu, ada pula arsitek yang tak memungut biaya untuk desainnya.

Salah satunya adalah seorang arsitek kelahiran Surabaya bernama Alwi M Syahab. Namanya ramai diperbincangan di media sosial karena memberikan jasa desain secara gratis.

Namanya viral saat ia mendesain masjid milik mantan Kapolres Probolinggo AKBP Alfian Nur Rizal yang kini menjabat sebagai Kapolres Jember. Ia memang berkomitmen untuk tidak meminta imbalan berupa materi jika mendapat orderan desain rumah ibadah.

Alwi merupakan seorang arsitek yang menggratiskan jasanya untuk mendesain rumah ibadah seperti masjid, pondok pesantren, dan juga asrama yatim. Hingga kini, sudah ada sekitar 6 rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya yang ia gratiskan desain baik di dalam maupun luar negeri.

Arsitek dibayar selawat  Instagram

Loading...

foto: Instagram/@alwisyahabb

Berangkat dari hal itu, Alwi ingin membantu mendesainkan rumah ibadah atau pondok pesantren agar bisa menekan biaya untuk membayar arsitek mengingat desain untuk bangunan dengan 2 atau 3 lantai membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain menggratiskan desain untuk rumah ibadah dan pesantren, Alwi juga memberikan desain gratis setiap satu bulan sekali kepada followersnya di Instagram yang beruntung.

Arsitek dibayar selawat  Instagram

foto: Instagram/@alwisyahabb

Dikutip brilio.net dari liputan6.com pada Selasa (4/2), untuk desain gratis tersebut Alwi ternyata hanya meminta imbalan yang sederhana. Ia meminta untuk kejujuran mereka berselawat Nabi SAW sebanyak 100 kali setiap hari. Menurutnya, Selawat inilah yang kelak dapat membantunya mendapat pertolongan dari Nabi SAW di akhirat.

"Silakan bayar saya dengan doa, dan bayar saya dengan 100x berselawat kepada Nabi," ujar Alwi M Syahab, dikutip dari akun Instagram @unikinfo_id.

Melalui akun Instagram pribadinya, Alwi juga kerap membagikan cerita inspiratif yang berkaitan dengan agama. Belum lama ini ia mengatakan jika dirinya akan berangkat ke Bangkalan Madura untuk melakukan survei pesantren yang akan ia buatkan desainnya secara gratis.

Arsitek dibayar selawat  Instagram

foto: Instagram/@alwisyahabb

Selain mendapat sambutan positif, ternyata ia juga mendapat beberapa protes dari orang-orang yang diduga rekan sesama arsitek yang merasa kecewa karena Alwi memberikan desain secara gratis mengingat biasanya jasa desain untuk arsitek seharusnya dibayar tinggi.