Brilio.net - Orangtua pasti akan bangga jika mempunyai anak yang berprestasi, apalagi jika berhasil lolos menjadi mahasiswa kampus ternama di usia muda. Orangtua yang beruntung itu adalah pasangan dari kota Heze di Provinsi Shandong, Tiongkok. Anak mereka, Zhou Tian, yang baru berusia 14 tahun telah diterima di salah satu kampus elite, Universitas Sains dan Teknologi China.

Tian baru saja menyelesaikan tahun pertamanya di SMA. Laki-laki ini meraih skor yang luar biasa yakni 699 dalam sebuah tes. Skor ini jauh melampaui skor yang pernah dicapai peserta tahun lalu yang diterima di Universitas Fudan. Sejak saat itulah kejeniusan Tian menjadi bahasan publik di Tiongkok karena prestasinya ini.

Dikutip brilio.net dari Shanghaiist, Senin (22/8), kejeniusan Zhou telah tampak sejak ia masih berusia 3 tahun. Kala itu, ia sudah bisa mengenali lebih dari 3.000 karakter China. Pada usia 5 tahun, ia kian memperlihatkan bakatnya di bidang matematika. Zhou kecil sudah jago dalam berhitung, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

bocah 14 tahun jenius © 2016 brilio.net

Tahun lalu, saat usianya 13 tahun, ia menjadi juara kedua dalam sebuah kompetisi matematika SMA tingkat nasional. Ia memperoleh nilai yang nyaris sempurna, 149 dari 150 poin.

Loading...

Menanggapi prestasi anaknya, orangtua Tian dengan rendah hati mengatakan bahwa Tian menjadi seperti sekarang ini berkat ketekunannya dalam belajar.

"Dia suka membaca dan menjadi kebiasaannya untuk belajar. Dia bisa menyelesaikan pelajaran lebih cepat dari jadwal. Selain sekolah, ia juga kursus pelajaran SMP saat masih berada di sekolah dasar. Kursus itu ia lanjutkan dan menyelesaikan pelajaran SMA ketika masih duduk di bangku SMP," ujar sang ibu.

Kini dengan skor tertinggi yang berhasil ia raih, ia juga mengaku bingung untuk menjadi mahasiswa di kampus elite. Namun setelah dipikirkan, Tian memutuskan untuk kuliah di kampus elite tersebut tahun ini. Ia mengatakan sangat bersemangat dan akan mempelajari beberapa materi kuliah yang akan datang. Ia juga bertekad belajar semaksimal mungkin untuk menjadi ahli matematika.