Brilio.net - Banyak orang memandang bahwa internet sangat berbahaya untuk anak-anak. Hal ini memang wajar, karena fakta dan beberapa penelitian yang diedarkan sudah banyak diulas media massa. Banyak kasus penculikan anak akibat berhubungan dengan sosial media. Bahkan aksi cyber bullying juga sering menghampiri generasi muda ini.

Tidak heran, jika banyak orang menjauhkan internet terhadap anak-anak. Akan tetapi, di luar semua keburukan tersebut, ada jagoan-jagoan kecil yang menjukkan hal positif lewat internet.

Berikut adalah prestasi empat anak yang dilakukan melalui internet dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/4):

1. Martha Payne

4 Bocah ini berprestasi dan terkenal gara-gara internet, jenius!

Lewat blog pribadinya, Martha sering mengunggah foto makanan di sekolahnya. Tidak hanya sebatas itu, dia juga memberikan komentar tentang kualitas makanan tersebut. Tanpa diduga aksinya mengejutkan publik. Bahkan pihak sekolah, Lochgilphead Primary School memaksa Martha untuk menghentikan aksinya.

Komentar buruk tentang kualitas makanan itulah yang menjadi sumber kontroversi. Bahkan hal ini juga menarik perhatian dari anggota parlemen setempat. Pihak pemerintah berkomentar bahwa itu hanyalah masalah pilihan menu makanan yang di pilih oleh siswa, bukan soal kualitas.

Kepeduliannya terhadap buruknya kualitas makanan di sekolah juga menarik seorang seleb-chef bernama Jamie Oliver lewat akun Twitter-nya. Aksinya ini ternyata mendapatkan simpatik dari publik untuk mendonasikan uang mereka melalui yayasan Mary's Meals. Organisasi ini bertujuan agar setiap siswa mendapatkan makanan yang layak di sekolah.

2. Tavi Gevinson

4 Bocah ini berprestasi dan terkenal gara-gara internet, jenius!

Cewek yang dilahirkan di Chicago ini memang luar biasa. Di saat usianya 15 tahun, Tavi membuat sebuah situs majalah online bernama Rookie. Situs ini sangat berbeda dengan situs kebanyakan. Dia membuat Rookie untuk mengajarkan pada setiap wanita di dunia untuk membuat komunitas yang bisa memberdayakan kaum perempuan.

Awalnya, dia hanya menggunggah beberapa foto pakaian dengan analisis tren pakaian terbaru. Tak disangka, postingan tersebut bisa menarik 30.000 orang setiap harinya. Lewat majalahnya juga, Tavi diundang ke acara fashion bergengsi seperti New York Fashion Week dan Paris Fashion Week. Hebat!

3. Nick D'Aloisio

4 Bocah ini berprestasi dan terkenal gara-gara internet, jenius!

Di umurnya yang ke-15, bocah ini sudah menciptakan aplikasi untuk iPhone bernama Summly. Apalikasi ini bertujuan untuk membuat web yang isinya panjang menjadi poin-poin yang sederhana untuk dibaca. Ketika dia berusia 17 tahun, aplikasi tersebut di beli oleh Yahoo seharga Rp 390 M. Tidak heran jika bocah ini menjadi manajer produk di Yahoo secara part time sambil kuliah di Oxford.

4. Lauren Rojas

4 Bocah ini berprestasi dan terkenal gara-gara internet, jenius!

Ketika duduk di kelas 7, gadis ini sudah mengagetkan dunia. Lewat tugas sekolahnya, dia berhasil menerbangkan roketnya ke langit. Akan tetapi, ada yang unik dengan roketnya Lauren. Dia menambahkan Hello Kitty dalam roket tersebut sebelum di terbangkan. Karena ini momen spesial, Lauren mendokumentasikan mulai dari proses pembuatan hingga penerbangan roket tersebut. Kemudian diunggah ke YouTube. Jenius!

Simak videonya ya!